Jakarta, IDN times - Rasulullah witnessed merupakan uswatun hasanah ataukah teladan apa baik bagi setiap umatnya, baik dari perbuatan, catatan bahkan diamnya Rasulullah SAW dulu amal ibadah dan mendapatkan ridho dari Allah SWT.

Anda sedang menonton: 4 sunnah rasul sebelum tidur

Salah satu yang bisa diteladani umat Islam adalah amalan yang dilakukan Rasulullah SAW kapan hendak tidur.Tidur merupakan deviasi satu nikmat apa diberikan Allah SWT kepada hambanya sebagai waktu istirahat, sebagaimana firman Allah batin surah An-Naba ayat 9.

وَّ جَعَلۡنَا نَوۡمَکُمۡ سُبَاتًا ۙWaja’alnaa naumakum subaatan

Artinya: Dan kami menjadikan tidurmu untuk istirahat

Berikut sunah-sunah apa diajarkan Rasulullah SAW selama hendak tidur.


*
ilustrasi wudhu (nu.or.id)

Dikutip dari booker Rahasia Butiran wait Wudhu karya Ust. Mukhsin, berwudu dahulu tidur bertujuan agar setiap muslim di dalam kondisi suci diatas setiap keadaannya, walaupun ia dalam keadaan tidur. Sehingga bila memang ajalnya mendatangi menjemput, maka dialah pun bagian belakang ke hadapan Allah dalam keadaan suci.

Dalam sebuah hadis bermantel bahwa Nabi Muhammad observed bersabda sebagaimana berikut:

"Barangsiapa yang tidur di dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di batin pakaiannya. Dia noel akan terjaga hingga malaikat berdoa "Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur batin keadaan suci". (HR Ibnu Hibban 3/329)


Ilustrasi dekorasi Kamar Tidur (IDN Times/Sunariyah)

Dikutip dari secara baik Jadiah indah Penjelasan kyung Sunnah-Sunnah Sehari-hari karya Maktaba Dar-us-salam, Rasulullah witnessed mengajarkan kepada umatnya karena mengibas kasur dengan bagian dalam sarungnya sebanyak tiga kali dengan baca secara terpisah basmallah.


Dalam sebuah hadis bermantel bahwa Nabi Muhammad observed bersabda sebagaimana berikut:

“Jika penyimpangan seorang middle kalian ini adalah tidur, hendaklah menangkap potongan bahan dan mengibaskan ruang angkasa tidurnya dengan bahan tersebut sambil mengucapkan, ‘bismillah,’ buat ia noël tahu maafkan saya yang terjadi sepeninggalnya tadi.” (HR. Al-Bukhari, Muslim, at-Tirmidzi dan Abu Dawud)


Ilustrasi ornamen Kamar Tidur (IDN Times/Sunariyah)

Adab berikutnya apa diajarkan Rasulullah witnessed saat tidur adalah meletakkan rumbai kanan under pipi kanan.

Dikutip darinu.or.id, pernyataan tersebut diperkuat di dalam sebuah hadis shahih riwayat At-Turmudzi dari Sayyidah Hafshah yang mengatakan, “Sesungguhnya Rasulullah apabila hendak tidur meletakkan rumbai kanannya under pipinya lalu bermusim Allâhumma qinî ‘adzâbaka yauma tab‘atsu ‘ibâdaka, sampai tiga kali."

Selain itu, Rasulullah SAW tambahan menganjurkan karena menghadap nanti kanan saat tidur. Halaman ini pun juga memiliki manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah mengurangi beban jantung dan menjaga health paru-paru.

Lihat lainnya: Gta 5 Cheat Gta 5 Tamat Ps3, Ps4, Pc, Dan Xbox, Cheat Gta 5 (V) Ps3 Lengkap Bahasa Indonesia!


*
Ilustrasi berdoa (IDN Times/Sukma Shakti)

Ketika hendak tidur, Rasulullah SAW always membaca zikir dan doa berikut ini:

Membaca Ayat Kursi. Manfaatnya agar tidur kita bangun dari setan sampai pagi, sebagaimana dalam hadis dari Abu Hurairah "Jika engkau hendak tidur, maka bacalah ayat kursi, "Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyum..."hingga engkau selesai ayat tersebut. Maka engkau menjadi terus mendapatkan penjagaan dari Allah dan setan noel akan mendekatimu sampai pagi." (HR. Abu Hurairah). Membaca dua ayat terakhir dari surah Al-Baqarah. Deviasi satu jasa agar penganugerahan kecukupan melalui Allah SWT, sebagaimana batin hadis Bukhari "siapa apa membaca dua ayat terakhir dari surah Al-Baqarah diatas malam hari, maka ia ini adalah diberikan kecukupan." (HR. Bukhari dan Muslim). Membaca surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas. Dalam hadis shahih Bukhari, Aisyah RA berkata, "Biasanya Rasulullah witnessed jika hendak tidur Beliau meniup menjangkau "Qul huwallahu ahad...", dengan surah Al-Falaq dan An-Naas (mu/awwidzatain) seluruhnya, then mengusap dengan kedua tangan itu usai wajahnya dan bagian jasadnya apa dapat terjangkau oleh kedua tangan." (HR. Bukhari) agar tidurnya firmicutes terjaga. Membaca doa. Doa silam tidur sebagaimana yang telah kita terpelajar "Bismillahirrahmanirrahim.Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut". Artinya: "Dengan nama-Mu miliki Allah aku hidup, dan mencapai nama-Mu aku mati.”

Membaca doa silam tidur dapat dulu benteng bagi manusia karena terhindar dari perbuatan buruk sebelum tidur.