hamon-design.com - Doa sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia sejak lama. Demands dan memohon pertolongan kepada yang lebih berkuasa dan lebih terlalu tinggi dari ourselves seakan menjadi kebutuhan, terutama ketika seseorang sedang berada di dalam keadaan apa lemah dan noel mampu.

Anda sedang menonton: Amalan pembuka pintu rezeki dan kekayaan

Dalam agama Islam, itupenggunaan diajarkan karena selalu memanjatkan doa kepada Allah SWT. Mencapai berdoa, kita tidak hanya menyampaikan keluh kesah serta permohonan, tapi sekaligus menjadi penghubung antara kita manusia dengan Sang Pencipta.

Pengaruh doa pun also sangat besar di dalam kehidupan seorang muslim. Ibnu Qoyyim rahimahullah berkata,

"Doa adalah sebab terkuat bagi seseorang agar sanggup selamat dari hal yang noel ia sukai dan sebab utama meraih hal apa diinginkan."

Dalam berdoa, untuk kita bebas untuk meminta apa saja. Noël hanya karena urusan di akhirat, kelancaran urusan di dunia pun tambahan perlu diselipkan di dalam setiap doa kita. Salah satunya adalah doa pembuka rezeki, agar kita diberi kemudahan batin mencari dan mendapatkan rezeki.

Oleh karena itu, bacaan doa pembuka rezeki cantik sepatutnya untuk diketahui untuk memudahkan dalam berdoa memohon kepada Allah SWT. Pemfitnahan doa pembuka rezeki tersebut also akan kita sampaikan dalam jadwal acara berikut ini.


2 dari 4 halaman

Doa Pembuka Rezeki

Pengaruh doa batin kehidupan sangat besar. Bahkan dikatakan bahwa kekuatan doa dapat mengubah takdir seseorang. Sebagaimana hadis apa disampaikan dari Salman Al-Farisi radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

"Yang dapat membantah takdir hanyalah doa. Apa dapat menambah umur hanyalah amalan kebaikan." (HR. Tirmidzi).

Dilansir dari laman rumaysho.com, untuk memohon kemudahan rezeki, dari mereka bisa baca secara terpisah doa pembuka rezeki apa diucapkan setiap Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan sholat Subuh setelah salam berikut ini,

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa.

Artinya:

Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan setiap orang lain), rizki apa halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).” (HR. Ibnu Majah, dan Ahmad).

Hadis dari ‘Ali also menyebutkan, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengajarkan doa pembuka rezeki berikut ini,

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak.

Artinya:

Ya Allah cukupkanlah aku dengan apa halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku mencapai karunia-Mu dari bergantung diatas selain-Mu.” (HR. Tirmidzi).

Lalu, dari Thoriq bin Asy-yam radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

كَانَ الرَّجُلُ إِذَا أسْلَمَ عَلَّمَهُ النَّبيُّ – صلى الله عليه وسلم – الصَّلاَةَ ثُمَّ أمَرَهُ أنْ يَدْعُوَ بِهؤلاَءِ الكَلِمَاتِ : (( اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ، وَارْحَمْنِي ، وَاهْدِني ، وَعَافِني ، وَارْزُقْنِي )) .

“Jika seseorang baru dimasukkan Islam, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan di atas beliau salat, lalu beliau memerintahkannya untuk membaca do’a berikut: “Allahummaghfirlii, warhamnii, wahdinii, wa ‘aafinii, warzuqnii (Artinya: memiliki Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, berilah petunjuk padaku, selamatkanlah aku (dari berbagai penyakit), dan berikanlah rezeki kepadaku).” (HR. Muslim).

Dalam riwayat lain, dari Thariq, ia berkata bahwa ia mendengarkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan kapan itu beliau didatangi seorang laki-laki, yang then laki-laki tersebut berkata,

يَا رسول اللهِ ، كَيْفَ أقُولُ حِيْنَ أسْأَلُ رَبِّي ؟ قَالَ : (( قُلْ : اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ، وَارْحَمْنِي ، وَعَافِني ، وارْزُقْنِي ، فإنَّ هؤلاَءِ تَجْمَعُ لَكَ دُنْيَاكَ وَآخِرَتَكَ )) .

Wahai Rasulullah, what yang harus aku katakan kapan aku dicari memohon di ~ Rabbku?” Beliau bersabda, “Katakanlah: Allahummaghfir lii, warhamnii, wa ‘aafinii, warzuqnii”, untuk do’a ini telah mencakup dunia dan akhiratmu." (HR. Muslim).


3 dari 4 halaman

12 Pintu Rezeki

Selain mengetahui doa pembuka rezeki, terdapat 12 pintu rezeki bagaimana Allah akan menurunkan rezeki-Nya. Cited dari sahijab.com, berikut adalah 12 pintu rezeki yang perlu diketahui:

Rezeki yang Telah Dijamin

Dalam surat Hud disebutkan bahwa setiap makhluk apa ada di bumi telah dijamin rezekinya oleh Allah SWT, malalui karenanya noel perlu untuk kita takut untuk kita siap mendapat lega dari Allah SWT,

Dan tidak satu pun alam bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin Allah rezekinya. Dia mengetahui angkasa kediamannya dan angkasa penyimpanannya. Semuanya (tertulis) di dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuz)." (QS. Hud: 6).

Rezeki untuk Istighfar

Kita diperintahkan untuk senantiasa beristighfar diatas Allah SWT. Batin surat Nuh, Allah SWT memerintahkan kita buat beristighfar dan memohon pengampunan pada Allah SWT, sehingga Allah SWT become menurunkan hujan apa sangat lebat dari langit,

"Maka aku berkata (kepada mereka), ‘Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, sungguh, dialah Maha Pengampun, niscaya Dia become menurunkan hujan apa lebat dari tee kepadamu." (QS. Nuh: 10-11).

Rezeki buat Bersyukur

Saat untuk kita bersyukur, Allah menjamin menjadi menambah kenikmatan rezeki. Allah berfirman,

"Dan (ingatlah) selama Tuhanmu memaklumkan, ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku become menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu menolak (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku terutang berat." (QS. Ibrahim: 7).

Rezeki untuk Sedekah

Sedekah tidak akan mengurangi harta kita. Juga Allah SWT justru menjanjikan ganjaran apa lebih baik di atas setiap orang yang bersedekah.

"Barang siapa meminjami Allah dengan lend yang baik, maka Allah melipatgandakan ganti kepadanya dengan banyak. Allah menahan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan." (QS. Al Baqarah: 245).

Rezeki buat Istiqomah membaca Al Quran

Bahkan meski melafalkan dengan terbata-bata, seseorang yang rutin kata sandi Al Quran ini adalah mendapat rezeki berupa pahala apa berlipat ganda,

"Barangsiapa apa membaca satu huruf dari Al Quran maka ia menjadi mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku noel mengatakan alif lam mim kemudian satu huruf. Ini adalah tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf." (HR. Bukhari).

Rezeki untuk Menikah

Menikah merupakan deviasi satu anjuran dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Mereka apa menikah juga akan dijamin rezekinya melalui Allah SWT,

"Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang middle kamu, dan tambahan orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, Allah ini adalah memberi pilihan kepada mereka mencapai karunia-Nya. Dan Allah Mahaluas (pemberian-Nya), Maha Mengetahui." (QS. One Nur: 32).

Rezeki untuk Anak

Seorang anak pun juga tak lepas dari kasih bayi Allah SWT. Rezeki setiap anak tambahan sudah diatur malalui Allah, sebagaimana disebutkan dalam firmannya,

"Dan janganlah kamu killing anak-anakmu untuk takut miskin. Kamilah yang memberi rezeki kepada mereka dan kepadamu. Pembunuhan mereka itu sungguh suatu dosa yang besar." (QS. Al Isra': 31).

 


4 dari 4 halaman

Rezeki untuk Usaha

Usaha yang kita lakukan also akan mendapat ganjaran dari Allah SWT,

Dan bahwa manusia hanya memperoleh maafkan saya yang telah diusahakannya." (QS. One Najm: 39).

Rezeki untuk Menjalin Silaturahmi

Dengan menjalin tali silaturahmi, juga bisa membuka pintu rezeki. Bab ini sebagaimana apa disampaikan hadis dari Abu Hurairah,

"Siapa yang suka dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung tali silaturahmi." (HR. Bukhari dan Muslim).

Rezeki buat Pengorbanan Diri, Harta dan Waktu untuk Urusan Keagamaan

Dari Abu Mu’awiyah, Rasulullah bersabda,

"Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang apa gugur di cara Allah menemani itu mati, bahkan mereka itu hidup di sisi Tuhannya mencapai mendapat rezeki." (HR. Ibnu Majah).

Lihat lainnya: Niat Jamak Zuhur Dan Asar Dan Jamak, Cara Solat Qasar Dan Jamak

Rezeki apa Tak Terduga

Orang yang bertakwa dan bertawakal kepada Allah SWT, akan dimudahkan dan dibukakan jalan dilepas untuknya. Batin surat in ~ Thalaq ayat 2 disebutkan di di atas ayat,

"… Barang siapa kebenaran kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya."

Rezeki untuk Iman dan Takwa

Muslim yang beriman dan bertakwa pada Allah SWT become mendapat ganjaran rezeki sebagai yang cantik dijanjikan melalui Allah SWT di dalam surat at Thalaq ayat 11,

"Dan barangsiapa beriman kepada Allah dan bekerja amal yang saleh niscaya Allah ini adalah memasukkannya setelah dalam surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka selama-lamanya di dalamnya selama-lamanya. Sebetulnya Allah memberikan rezeki apa baik kepadanya"