Asam mefenamat tersirat obat yang sering digunakan buat mengatasi rasa sakit dan demam. Namun, penggunaan asam mefenamat untuk ibu hamil tidak boleh dijadwalkan

Asam mefenamat merupakan obat antiinflamasi nonsteroid yang berfungsi untuk meredakan rasanya nyeri dan peradangan. Asam mefenamat bekerja dengan cara menurunkan kadar prostaglandin, yaitu zat menyerupai hormon apa menyebabkan peradangan dan rasa sakit di di dalam tubuh.

Anda sedang menonton: Anti nyeri untuk ibu hamil

*

Meski terbukti efektif buat mengusir sakitnya dan demam, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi asam mefenamat saat sedang hamil, kecuali atas anjuran dokter.

Risiko Penggunaan Asam Mefenamat untuk Ibu Hamil

Obat asam mefenamat masuk usai dalam kategori C. Artinya, studi apa telah dilakukan di ~ binatang memeriksa memperlihatkan adanya berefek samping terhadap janin, namun belum ada studi terkontrol di atas wanita hamil. Jadi, obat ini hanya boleh tangan kedua jika besarnya manfaat apa diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.

Asam mefenamat berbahaya jika digunakan ketika kehamilan menjamu trimester ketiga. Hal ini untuk asam mefenamat bisa menyebabkan pembuluh darah di plasenta menutup lebih cepat. Padahal, pembuluh darah ini berperan menyalurkan nutrisi dan oksigen setelah janin. Jika chapter ini terjadi, mungkin memicu pekerjaan prematur.

Obat antiinflamasi nonsteroid, tersirat asam mefenamat, tambahan diduga bisa beevor kesuburan wanita. Oleh untuk itu, wanita yang sedang konspirasi kehamilan noël dianjurkan mengonsumsi obat ini.

Pilihan Obat Pengganti Asam Mefenamat karena Ibu Hamil

Paracetamol bisa menjadi obat alternatif pengganti asam mefenamat untuk meredakan rasa nyeri, peradangan, serta demam. Obat ini kerabat aman dikonsumsi di segala usia kehamilan.

Meski begitu, paracetamol sebaiknya dikonsumsi di dalam jangka pincang dengan dosis sesedikit mungkin. Selain itu, obat paracetamol apa boleh dikonsumsi adalah paracetamol murni, bukan paracetamol apa sudah campuran dengan kafein. Mencampur paracetamol dan kafein mungkin membahayakan janin.

Jika dikonsumsi mencapai dosis apa tinggi, mencampur obat ini bisa menyebabkan janin memiliki memuat badan yang rendah, mengalami gangguan kesehatan setelah lahir, dan mungkin memicu terjadinya keguguran.

Lihat lainnya: Cara Melacak Teman Lewat No Hp Yang Hilang Cepat Dan Mudah, 4 Cara Melacak Nomor Hp Dengan Mudah, Yuk Coba!

Memilih paracetamol memang lebih aman ketimbang mengonsumsi asam mefenamat buat ibu hamil. Namun, apabila dari mereka mengeluhkan rasa nyeri atau demam selama kehamilan, sebaiknya konsultasikan terlebih sebelum kepada dokter silam meminum obat apa pun.