1-3. (a) Mengapa seorang medang memastikan bahwa anaknya stabil dan bersih? (b) Mengapa yehuwa menginginkan para penyembah-Nya bersih, dan maafkan saya yang menggerakkan kita buat ingin dengan tegas bersih?

SEORANG ibu help anak kecilnya bersiap-siap untuk pergi. Ia memastikan bahwa anaknya sudah bak mandi dan pakaiannya ringkas serta bersih. Ia kenal bahwa kebersihan itu secara signifikan bagi kesehatan. Ia juga menyadari bahwa lihat anaknya mencerminkan rakyat tuanya.

Anda sedang menonton: Ayat alkitab tentang menjaga kebersihan

2 Yehuwa, Bapak kita, dikehendaki hamba-hamba-Nya bersih, atau murni. Firman-Nya menyatakan, ”Terhadap orang yang tetap bersih engkau become berlaku bersih.”* (Mazmur 18:26) yehuwa mengasihi kita; Ia untuk mengetahui bahwa membudaya kebersihan terutang bermanfaat. Ia juga mengharapkan kita sebagai Saksi-Saksi-Nya memberikan kesan yang baik tentang Dia. Malah, using kita apa bersih dan tingkah laku kita yang baik become mendatangkan kemuliaan, bukan celaan atas yehuwa dan nama kudus-Nya.​—Yehezkiel 36:22; baca 1 Petrus 2:12.

3 karena tahu bahwa Allah mengasihi orang yang bersih, kita tergerak buat menjaga kebersihan. Kita ingin jalan kehidupan kita mendatangkan hormat bagi-Nya buat kita mengasihi Dia. Kita juga ingin dengan tegas berada dalam kasih-Nya. Maka, mari untuk kita kupas mengapa kita harus tetap bersih, what yang tercakup di dalam kebersihan, dan bagaimana kita dapat mengolah diri tetap bersih. Pembahasan ini dapat membantu kita melihat apakah kita perlu memperbaiki diri di dalam bidang tertentu.


MENGAPA KITA harus TETAP BERSIH?


4, 5. (a) Apa alasan major kita haruss tetap bersih? (b) Bagaimana kebersihan yehuwa nyata pada ciptaan-Nya yang kelihatan?

4 deviasi satu cara yehuwa membimbing untuk kita adalah melalui teladan. Jadi, Firman-Nya mendesak kita karena ’menjadi peniru Allah’. (Efesus 5:1) Inilah alasan kepala kita harus tetap bersih: Yehuwa, Allah apa kita sembah itu, bersih, murni, dan kudus dalam segala segi.​—Baca Imamat 11:44, 45.

5 membersihkan Yehuwa, kemudian halnya begitu banyak sifat dan jalan-Nya, nyata pada ciptaan-Nya yang kelihatan. (Roma 1:20) Bumi dirancang untuk menjadi angkasa tinggal yang bersih bagi manusia. Yehuwa telah divisi siklus-siklus alam yang rapi udara dan wait kita. Kuman-kuman tertentu dulu semacam departemen pembersihan, alter limbah menjadi produk yang noël berbahaya. Para ilmuwan menggunakan beberapa mikroorganisme yang lapar ini karena membersihkan tumpahan perminyakan dan pencemaran lainnya akibat ulah manusia apa mementingkan ourselves dan tamak. Jelaslah, kebersihan itu penting bagi ”Pembuat bumi”. (Yeremia 10:12) demikian pula seharusnya bagi kita.

6, 7. Bagaimana itu? Hukum Musa menandaskan bahwa membersihkan adalah suatu tuntutan bagi para pengagum Yehuwa?

6 alasannya lain kita perlu tetap bersih adalah bahwa Yehuwa, Penguasa tertinggi kita, tuntutan agar para penyembah-Nya bersih. Under Hukum apa Yehuwa berikan kepada Israel, membersihkan tak dapat terpisah dari ibadat. Hukum secara mengkhususkan menyatakan bahwa pada days Pendamaian, imam besar harus mandi, tidak just satu kali tetapi dua kali. (Imamat 16:4, 23, 24) Para imam yang bertugas diperlukan mencuci rumbai dan kaki mereka dahulu mempersembahkan korban kepada Yehuwa. (Keluaran 30:17-21; 2 Tawarikh 4:6) beraksi menyebutkan kyung 70 hal yang bisa untuk membuat seseorang noël bersih secara piritter dan najis. Seorang Israel apa berada batin keadaan najis noël boleh beribadat​—dalam kasus tertentu, ia bisa ~ dihukum mati. (Imamat 15:31) Mereka dituntut untuk menjalani langkah-langkah pentahiran, atau pemurnian, yang termasuk bak mandi dan mencuci pakaiannya. Jika mereka tidak menjalaninya, mereka harus ”dimusnahkan dari tengah-tengah jemaat”.​—Bilangan 19:17-20.

7 Meskipun kita noël berada under Hukum Musa, hukum itu memberi itupenggunaan pemahaman circa cara memikirkan Allah. Jelaslah, bertindak menandaskan bahwa kebersihan adalah suatu tuntutan bagi para penyembah Allah. Yehuwa belum berubah. (Maleakhi 3:6) Ibadat untuk kita harus ”bersih dan noël tercemar”, jika tidak, Allah noël berkenan atasnya. (Yakobus 1:27) Maka, kita haruss mengetahui what yang Ia harapkan dari kita batin hal ini.


8. Batin hal maafkan saya saja Yehuwa mengharapkan kita militer bersih?

8 batin Alkitab, bersih tidak hanya berarti bersih secara fisik. Bersih batin pandangan Allah efek semua field kehidupan kita. Yehuwa mengharapkan kita firmicutes bersih dalam empat chapter dasar​—rohani, moral, mental, dan fisik. Mari untuk kita bahas apa saja yang tercakup dalam setiap bidang tersebut.

9, 10. Maafkan saya artinya dengan tegas bersih secara rohani, dan what yang dijauhi people Kristen sejati?

9 Kebersihan rohani. Singkatnya, tetap bersih secara kerohanian berarti noël mencampur ibadat sejati dengan ibadat palsu. Ketika orang Israel ditinggalkan Babilon untuk back ke Yerusalem, mereka harus menaati desakan apa terilham ini, ”Keluarlah dari sana, jangan menyentuh maafkan saya pun apa najis; . . . Jagalah dirimu firmicutes tahir.” (Yesaya 52:11) Alasan major orang Israel back ke negara air mereka adalah untuk memulihkan ibadat kepada Yehuwa. Ibadat menemani itu harus bersih​—tidak kotor oleh what pun yang terdapat batin ajaran, perbuatan, dan kebiasaan yang noël menghormati Allah, yang ada di dalam agama ala Babilon.

10 dewasa ini, seperti orang christiaan sejati, kita harus berhati-hati agar noël tercemar melalui ibadat palsu. (Baca 1 Korintus 10:21.) Kewaspadaan sangat penting dalam hal ini, karena pengaruh religius palsu ada di mana-mana. Di banyak negeri, berbagai tradisi, kegiatan, dan upacara ada dalam hubungan dengan ajaran agama palsu, sebagai gagasan bahwa ada sesuatu di dalam diri kita yang tetap hidup usai kita mati. (Pengkhotbah 9:5, 6, 10) orang Kristen kebenaran menjauhi kebiasaan apa berkaitan mencapai kepercayaan religius palsu.* Kita noel akan menyerah pada tekanan people lain sehingga untuk kita menurunkan membakukan Alkitab sehubungan mencapai ibadat apa bersih.​—Kisah 5:29.

11. Apa artinya kebersihan moral, dan mengapa sangat secara signifikan agar kita dengan tegas bersih batin bidang ini?

11 Kebersihan moral. dengan tegas bersih secara morell berarti menjauhi segala macam percabulan. (Baca Efesus 5:5.) militer bersih secara morell sangat berbiaya bagi kita. Sebagaimana become kita lihat batin pasal berikut dalam buku ini, agar militer berada dalam kasih Allah, untuk kita harus ’lari dari percabulan’. Pembunuh itu percabulan yang noël bertobat ”tidak ini adalah mewarisi kerajaan Allah”. (1 Korintus 6:9, 10, 18) di dalam pandangan Allah, mereka termasuk tengah orang-orang yang ”menjijikkan untuk hal-hal mereka yang kotor”. Jika mereka tidak tetap bersih secara moral, ”bagian mereka kelak ialah . . . Kematian apa kedua”.​—Penyingkapan 21:8.

12, 13. Apa kaitan antara ingat dan perbuatan, dan bagaimana kita mungkin tetap bersih secara mental?

12 Kebersihan mental. pikiran mengarah usai perbuatan. Kalau kita membiarkan pikiran apa salah melekat batin benak dan trấn kita, cepat atau lambat sangat besar kemungkinannya untuk kita akan melakukan perbuatan yang najis. (Matius 5:28; 15:18-20) Tetapi, kalau untuk kita mengisi ingat dengan hal-hal yang tinh dan bersih, kita bisa menjaga tingkah laku kita firmicutes bersih. (Baca Filipi 4:8.) bagaimana itu? kita sanggup tetap bersih secara mental? deviasi satu yang perlu kita linimasa ialah kita haruss menjauhi segala types hiburan yang dapat mengotori mengingat kita.* Selain itu, untuk kita dapat input hal-hal apa bersih usai dalam pikiran kita dengan mempelajari Firman Allah secara teratur.​—Mazmur 19:8, 9.

13 untuk tetap berada batin kasih Allah, sangat penting agar kita firmicutes bersih secara rohani, moral, dan mental. Berbagai segi kebersihan ini akan dibahas dengan lebih terperinci di pasal-pasal lain dalam publikasi ini. Sekarang, mari kita periksa field keempat​—kebersihan fisik.


14. Kenapa kebersihan fisik bukan sekadar urusan pribadi?

14 membersihkan fisik berarti mengolah kebersihan badan dan lingkungan kita. Apakah kebersihan dalam hal-hal tersebut adalah urusan memiliki sehingga noel perlu dipersoalkan orang lain? Bagi para pengagum Yehuwa, kala tidak demikian. Kemudian yang telah kita lihat, membersihkan fisik kita cukup bagi Yehuwa bukan hanya karena hal itu terutang bermanfaat bagi kita, melainkan tambahan karena kita reflects Dia. Kronik gambaran yang digunakan pada mulailah pasal ini. Kalau kita pemandangan seorang anak apa selalu kotor atau pakaiannya kumal, kita konvensional bertanya-tanya siapa setiap orang tuanya, bukan? kita tentu noël ingin using kita ataukah jalan hidup kita mendatangkan celaan atas Bapak kita, Yehuwa, atau mengalihkan catatan dari berita yang kita bawa. Firman Allah menyatakan, ”Dengan cara maafkan saya pun kami noel memberikan alasan karena tersandung, agar pelayanan kami tidak dikecam; tetapi dalam setiap hal kami merekomendasikan diri such pelayan Allah.” (2 Korintus 6:3, 4) Maka, di mana kita bisa tetap bersih secara fisik?

15, 16. Sebutkan apa saja kebiasaan apa baik batin kebersihan, dan koknya seharusnya pakaian kita?

15 Kebersihan dan melihat pribadi kita. Meskipun budaya dan kondisi kehidupan di setiap negeri berbeda, pada umumnya tersedia cukup crowd sabun dan air untuk dapat mandi secara teratur sehingga untuk kita dan anak-anak untuk kita bersih. Kebiasaan yang baik mencakup mencuci groep dengan sabun dan air sebelum makan atau menyiapkan makanan, usai menggunakan kamar kecil, dan ke memandikan atau mengganti popok bayi. Mencuci tangan dengan sabun dan waiting dapat mencegah penyakit dan sebenarnya menyelamatkan kehidupan. Hal itu mungkin mencegah penyebaran viridans dan bakteri apa berbahaya, sehingga tolong menghindari diare. Di negeri-negeri yang rumah-rumahnya pada umumnya noel dihubungkan dengan kanal pembuangan kotoran, tinja could bisa dikubur, seperti yang dilakukan di Israel zaman dulu.​—Ulangan 23:12, 13.

16 Pakaian kita tambahan perlu dicuci secara teratur agar bersih dan sedap dipandang. Pakaian seorang Kristen noël perlu mahal ataukah mengikuti mode terbaru, tetapi harus rapi, bersih, dan bersahaja. (Baca 1 Timotius 2:9, 10.) noël soal berada di mana, kita ingin melihat kita ”menghiasi ajaran Juru Selamat kita, Allah”.​—Titus 2:10.

17. Mengapa rumah dan lingkungan untuk kita harus bersih dan rapi?

17 Rumah dan lingkungannya kita. Rumah kita mungkin noël bagus atau mewah, tetapi harus bersih dan membersihkan sesuai menjangkau keadaan. Demikian pula, kalau kita menggunakan mobil karena pergi usai perhimpunan dan melayani lapangan, kita dapat berbuat sebisa-bisanya buat menjaga bagian batin dan luarnya cukup bersih. Jangan lupa bahwa rumah dan lingkungan yang bersih memberikan kesaksian tentang Allah yang kita sembah. Terlebih lagi untuk kita mengajarkan bahwa yehuwa adalah Allah apa bersih, bahwa Ia akan ”membinasakan orang-orang yang sedang membinasakan bumi”, dan bahwa Kerajaan-Nya akan segera alter bumi, secara spasial tinggal kita, menjadi firdaus. (Penyingkapan 11:18; Lukas 23:43) Melalui penampilan rumah dan ns kita, kita tentu ingin demo bahwa muncul pun kita memupuk kebiasaan karena selalu bersih apa cocok untuk dunia baru kelak.


*

Kebersihan fisik berarti membudaya kebersihan badan dan lingkungan kita


18. Di mana kita dapat demo bahwa itupenggunaan menghargai Balai empire kita?

18 Tempat ibadat kita. Kasih kepada yehuwa menggerakkan kita untuk menghargai Balai empire kita, yaitu markas besar ibadat sejati di menyiksa kita. Apabila orang-orang baru datang nanti balai, kita mau agar mereka mendapat kesan yang baik sekitar tempat perhimpunan kita. Pembersihan dan pemeliharaan perlu dilakukan reguler agar balai itu militer menarik. Kita demonstrasi bahwa itupenggunaan menghargai Balai kerajaan kita mencapai berbuat sebisa-bisanya agar kondisinya militer baik. Itupenggunaan menganggapnya suatu hak istimewa buat merelakan waktu kita guna membantu membersihkan maupun ”membetulkan dan memperbaiki” ruang angkasa ibadat kita. (2 Tawarikh 34:10) Prinsip yang sama berlaku apabila kita menghadiri kebaktian di Balai Kebaktian ataukah fasilitas lain.


19. Agar kita militer bersih secara fisik, maafkan saya yang perlu dihindari, dan bagaimana Alkitab tolong kita batin hal ini?

19 Agar firmicutes bersih secara fisik, kita perlu menghindari kebiasaan dan perbuatan yang mencemari tubuh, kemudian merokok, melecehkan minuman beralkohol, dan tidak punya petunjuk tutur menggunakan bahan-bahan apa bersifat mencandu atau memengaruhi pikiran. Alkitab tidak menyebutkan satu every satu kebiasaan dan perbuatan yang najis serta menjijikkan apa umum dewasa ini, tetapi Alkitab berisi prinsip-prinsip yang memungkinkan kita dipahami perasaan yehuwa terhadap hal-hal itu. Untuk kita mengetahui jam tangan Yehuwa, kasih itupenggunaan kepada-Nya menggerakkan kita untuk menempuh haluan apa mendatangkan perkenan-Nya. Mari kita bahas lima prinsip Alkitab.

20, 21. Yehuwa ingin agar itupenggunaan tidak melakukan hal-hal apa, dan what alasan kuat untuk menaatinya?

20 ”Saudara-saudara apa kami kasihi, sembuh janji-janji ini ada di ~ kita, biarlah kita stabil diri dari setiap pencemaran daging dan roh, menyempurnakan kekudusan dengan tidak akan Allah.” (2 Korintus 7:1) yehuwa ingin agar itupenggunaan tidak melakukan hal-hal apa mencemari berbadan jasmani untuk kita dan berhenti ”roh”, ataukah cara berpikir kita. Oleh karena itu, kita harus menghindari hal-hal yang membuat itupenggunaan ketagihan yang diketahui ini adalah merusak kesehatan fisik dan mental.

21 Alkitab memberikan alasan kuat mengapa kita harus ”membersihkan diri dari setiap pencemaran”. Linimasa bahwa nasihat di 2 Korintus 7:1 diawali dengan, ”Mengingat janji-janji ini ada di ~ kita”. Janji-janji apa? Sebagaimana disebutkan di dalam ayat-ayat sebelumnya, yehuwa berjanji, ”Aku become menerima kamu. Dan aku akan menjadi bapakmu.” (2 Korintus 6:17, 18) Coba bayangkan: yehuwa berjanji akan melindungi serta mengasihi Saudara kemudian seorang bapak terhadap seorang anak. Tetapi, Yehuwa become memenuhi janji tersebut just kalau Saudara menghindari pencemaran ”daging dan roh”. Maka, sungguh bodoh, bukan, apabila kita kehilangan hubungan apa demikian berharga dan akrab dengan yehuwa hanya buat kebiasaan atau perbuatan yang menjijikkan!

22-25. Sebutkan prinsip-prinsip Alkitab apa dapat membantu kita menghindari kebiasaan dan perbuatan yang najis.

22 ”Engkau harus mengasihi Yehuwa, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan setiap orang jiwamu dan dengan setiap orang pikiranmu.” (Matius 22:37) Yesus menyatakan bahwa ini adalah perintah terbesar. (Matius 22:38) yehuwa layak mendapat kasih such itu dari kita. Buat dapat mengasihi itu dengan setiap orang hati, jiwa, dan pikiran, kita harus menghindari perbuatan yang bisa memperpendek umur kita atau menumpulkan kemungkinan berpikir apa Allah karuniakan kepada kita.

23 <Yehuwa> memberikan kehidupan dan napas dan segala sesuatu kepada segenap orang.” (Kisah 17:24, 25) kehidupan adalah karunia dari Allah. Buat kita mengasihi sang Pemberi, kita ingin menunjukkan bahwa kita menghargai karunia itu. Kita menghindari kebiasaan atau perbuatan what pun apa membahayakan kesehatan kita untuk menyadari bahwa perbuatan tersebut memperlihatkan bahwa kita sangat tidak menghargai karunia kehidupan.​—Mazmur 36:9.

24 ”Engkau harus mengasihi sesamamu such dirimu sendiri.” (Matius 22:39) Kebiasaan dan perbuatan yang najis sering tidak hanya memengaruhi pelaku tetapi also orang-orang di sekitarnya. Misalnya, asap rokok bisa merusak health orang yang noël merokok. Siapa pun yang merugikan orang-orang di kedekatan melanggar perintah Allah karena mengasihi sesama. Ia tambahan memungkiri pernyataan bahwa ia mengasihi Allah.​—1 Yohanes 4:20, 21.

25 ”Teruslah ingatkan mereka agar tunduk dan taat kepada otoritas dan kalangan berwenang.” (Titus 3:1) Di banyak negeri, luaran atau memakai obat-obatan tertentu dianggap melanggar hukum. Such orang kekristenan sejati, kita tidak akan memiliki atau pakai obat-obatan terlarang.​—Roma 13:1.

Lihat lainnya: Cerita Yang Mengandung Pesan Moral Dan Nilai Kehidupan, 10 Cerita Dongeng Anak, Banyak Pesan Moralnya

26. (a) Agar tetap berada di dalam kasih Allah, what yang harus untuk kita lakukan? (b) Mengapa tetap bersih di dalam pandangan Allah adalah jalan kehidupan terbaik?

26 Agar militer berada dalam kasih Allah, kita haruss tetap bersih, tidak hanya dalam satu atau dua daerah tetapi batin semua bidang. Ditinggalkan dan menjauhi kebiasaan serta perbuatan yang mencemari sikap mungkin noël mudah, tetapi tidak mustahil dilakukan.* Sesungguhnya, inilah jalan lives terbaik, noel ada yang lain lagi, sebab Yehuwa always mengajarkan hal-hal apa bermanfaat bagi kita. (Baca Yesaya 48:17.) apa terpenting, jika kita tetap bersih, kita bisa dirasa puas untuk mengetahui bahwa kita memberikan kesan apa baik sekitar Allah apa kita kasihi. Dengan demikian, kita militer berada di dalam kasih-Nya.