Siapa apa tak shang dengan telur asin? Sepertinya sebagian orang menyukai makanan asal Brebes ini ya, Moms! Sekarang, ada cara making telur asin dengan menyudahi di rumah, lho.

Anda sedang menonton: Cara buat telur asin bakar

Cita rasanya apa gurih dan asin membuat telur asin paling nikmat disantap sebagai pelengkap makanan.

Telur asin bisa mempan dengan mudah. Penyimpangan satu manner atau cara apa dilakukan buat cara produksi telur asin adalah dengan menggunakan abu gosok. Penasaran? Yuk simak bersama, Moms!

Cara produksi Telur Asin

Cara membuat telur asin yang sederhana dan populer adalah memanfaatkan air garam, rock bata, dan dengan abu gosok.

Banyak orang mengira bahwa telur dikepang adalah telur ayam, namun sebenarnya telur dikepang berasal dari telur bebek apa diasinkan dengan metode khusus.

Ternyata, beda daerah, beda pula rasanya dan cara untuk membuat telur asin, lho.

Hal apa membedakan adalah types itik penghasil telur dan bahan makanan apa dikonsumsi hewan ternak tersebut.

Alih-alih always membeli, cara membuat telur dikepang yang mudah dengan abu gosok ini patut dijadikan solusi agar lebih hemat pengeluaran.

1. Telur dikepang dengan Abu Gosok


*

Rendam telur dalam air selama 2 menit. Jika ada telur yang mengapung, sampah saja (telur noël bagus).Bersihkan telur secara perlahan jangan sampai retak.Amplas telur secara perlahan.Campurkan abu gosok menjangkau air. Aduk rata. Bentuk hingga kemudian pasta, jangan terlalu cair.Masukkan garam. Aduk lagi.Lumuri telur dengan tanah sampai menggumpal ketebalan 3 cm.Masukkan telur satu persatu nanti dalam ember.Taburi telur yang sudah dilumuri negara dengan abu gosok secukupnya. Diamkan selama 14 hari.Setelah proses selesai, rebus atau kukus telur dengan fire kecil selama 1 jam.

2. Telur dikepang dengan batu Bata


*

Rendam telur batin air selama 2 menit. Kalau ada telur yang mengambang, buang saja (tidak segar).Bersihkan telur secara perlahan, jangan sampai pecah atau pun retak.Aplas tiap telur secara perlahan. Keringkan telur. Sisihkan.Campur remukkan rock bata dengan air. Aduk rata, jangan sampai encer. Untuk bentukan seperti pasta. Masukkan garam, aduk lagi.Lumuri telur dengan tanah kira-kira ketebalan mencapai 3 cm.Masukkan telur satu persatu setelah dalam ember.Taburi telur apa sudah dilumuri tanah tadi dengan remukkan batu bata secukupnya. Diamkan selama 14 hari.Setelah segenap proses selesai. Rebus telur dengan api kecil selama 1 jam.

3. Telur asin dengan waiting Garam


*

Rendam telur dalam air selama 2 menit.Kemudian bersihkan telur hingga bersih.Moms bisa memilih karena mengamplasnya ataukah tidak. Cara ini dilakukan agar garam dapat lebih menyudahi meresap untuk pori-pori telur terbuka.Masukkan telur perlahan-lahan. Pastikan telur terendam semua. Berry jarak 2 centimeter dari permukaan.Rendam selama 10-12 hari.Jika ingin rasa lebih dikepang rendam hingga maksimal 42 hari atau 6 minggu.Selama tangani itu perendaman, jauhkan dari cahaya matahari.Setelah tangani itu perendaman selesai. Rebus telur dengan fire kecil. Jangan sampai wait mendidih agar noël merusak telur. Rebus selama 1 jam.Telur asin siap disajikan.

Baca Juga: Resep Gulai Ikan Mas, Lauk Teman Nasi yang Mantap dan Bergizi


4. Telur dikepang Pedas


*

Pilih telur bebek apa bagus dan sehat.Cuci telur dan mengamplas telur agak tipis.Buat adonan dengan dicampur dari batu bata apa sudah dihancurkan, abu, dan garam krosok dengan kecepatan 1:1:1, setelah itu diberi air secukupnya.Campur perasa pedas nanti adonan sesuai apa diinginkan.Bungkus telur bebek yang telah diamplas mencapai adonan tajam hingga tertutup seluruhnya.Simpan telur yang sudah dibungkus seluruhnya di dalam ember.Setelah 3 minggu, adonan yang membungkus telur dibuka dan telur dicuci.Rebus telur apa sudah ditangani bersih di di dalam panci selama 15 sampai 30 menit.Telur asin pedas cantik disajikan.

Lihat lainnya: Perbedaan Ciri Ciri Tumbuhan Berbiji Terbuka Dan Berbiji Tertutup


5. Telur asin Rendang


*

Bersihkan telur satu persatu dengan air mengalir, tunggu kering.Amplas telur secara gambaran dengan hati-hati, tujuannya agar kulit telur dapat menyerap garam dan bumbu menjangkau mudah.Siapkan baskom, masukan rock bata halus dan abu gosok dengan perbandingan 1:1.Tambahkan semua bumbu, garam, dan cabai yang sudah disiapkan sebelumnya.Aduk rata menjangkau tangan, beri air sedikit demi sedikit menjangkau sarung memanggang plastik, agar tangan noël perih saat mengaduk.Apabila siap rata, lanjutkan mencapai melapisi telur satu persatu dengan campuran apa sudah disiapkan.Siapkan kolam kering dan disempurnakan satu bungkus abu gosok ke dalam baskom.Masukkan telur yang sudah dilapisi campuran dan lapisi bagian belakang dengan abu gosok.Apabila cantik selesai melapisi, lanjutkan mencapai plastik sampai rapat tanpa rongga kesamaan sekali.Telur asin rasa rendang cantik disantap.

Baca Juga: 3 rumus Gulai Ikan Kakap Sederhana tanpa Ribet, Yuk hamon-design.comba!


Nah itu dialah Moms varian cara membuat telur dikepang dengan abu gosok ataupun tidak. Semoga rumus ini berhasil dikreasikan di rumah, ya!