hamon-design.com -  Dalam membudidayakan tanaman, pemupukan merupakan proses apa penting buat menunjang pertumbuhan tanaman. Pemupukan bertujuan karena memberikan tambahan nutrisi diatas tanah apa nantinya become diserap malalui tanaman.

Nutrisi ini terdiri dari makronutrien kemudian nitrogen, fosfor, dan kalium. Sedangkan mikronutrien such unsur sulfur, kalsium, magnesium, besi, tembaga, seng, dan lainnya.




Anda sedang menonton: Cara pemberian pupuk pada tanaman

Ada bermacam-macam jenis pupuk, such pupuk kompos, pupuk hijau, dan lainnya. Formatnya pun beragam, mulai dari granular, tepung, hingga cair.

Jenis dan bentuk yang berbeda ini juga membedakan cara pengaplikasiannya. Alasannya supaya unsur hara dapat diserap secara maksimal oleh botani dari dalam tanah.

Baca Juga: kelebihan dan dirampas Penggunaan pupuk Kimia pada tanaman

Selain itu, pemilihan manner pemupukan harus mempertimbangkan cuaca, types tanaman, dan tipe tanah. Nah, berikut ini adalah macam-macam manner pemberian pupuk apa baik di ~ tanaman. Simak yuk!

Broadcasting

Broadcasting merupakan pemberian pupuk yang dilakukan dengan cara menyebarkan pupuk secara merata ke tanah-tanah di kyung tanaman. Waktu terbaik karena memberi pupuk dengan metode ini adalah saat pembajakan terakhir atau sehari dahulu tanam.

Setelah menyebarkan pupuk, jangan lupa karena diinjak-injak agar pupuk masuk setelah dalam tanah. Dilansir dari cybex.pertanian.go.id, metode pemupukan ini thalamus kepada botani dengan jarak yang rapat, mempunyai akar yang dangkal, dan kesuburan yang relatif baik.

Metode ini cocok dilakukan karena tanaman semusim such padi, kacang-kacangan, sayuran, dan lain-lain.

Baca Juga: rawan Menguning, Begini Cara Merawat botani Monstera

Keuntungan perilaku ini adalah lebih hemat waktu, hemat tenaga kerja, dan mudah dilakukan. Sementara kelembahannya terletak di atas potensi penguapan atau volatilisasi ammonium (NH4) dulu bentuk gas ammonia (NH3) dan memicu pertumbuhan gulma.

Ring Placement

Ring placement merupakan cara pemupukan yang dilakukan menjangkau cara menaburkan pupuk di antara larikan botani dan ditutup kembali dengan tanah.

Metode ini umumnya dilakukan untuk jenis botani tahunan menjangkau cara ditaburkan melingkar pada tanaman dengan jarak penghapusan lurus daun terjauh, lalu ditutup mencapai tanah. Tanaman tahunan ini dapat berupa buah-buahan, kopi, teh, kelapa, dan lain-lain.

Hal yang dipertimbangkan karena menggunakan cara ini adalah pelubangan tanam antar botani cukup jarang, digunakan pada botani darat, botani dengan perkembangan akar sedikit, dan kesuburan tanah apa rendah. Selain itu, penggunaan pupuk ini also relatif sedikit.

Keuntungan metode ini adalah pengambilan hara pupuk oleh tanaman lebih mudah dan dirugikan hara pupuk berkurang. Sementara kelemahan metode ini adalah kesuburan tanah lebih inferioritas jika jumlah pupuk sedikit dan persebaran pupuk noel merata.

Baca Juga: Media Tanam Selain tanah dari penting dan senjata

Spot Placement

Spot location adalah perilaku pemupukan apa dilakukan mencapai cara menguburkan pupuk usai dalam rongga di samping bar tanaman. Kedalaman lubang ini just sekitar 5-10 cm saja, lalu ditutup back dengan tanah.

Sementara untuk tanaman tahunan, pupuk dibenamkan ke dalam lubang yang melingkari botani dengan jarak penghapusan lurus dengan daun terjauh (tajuk daun) dan ditutup bagian belakang dengan tanah.

Hal-hal yang dipertimbangkan di dalam metode ini kesamaan dengan manner ring placement. Benefit penggunaan metode ini adalah pupuk noël mudah menguap dan dekat dengan akar akar tanaman, sehingga tanaman lebih cepat menyerap.

Namun, kelemahannya adalah waktu yang diperlukan cukup lama, membutuhkan tenaga apa lebih besar, dan takaran pupuk harus pengaturan agar kemiripannya setiap lubangnya.

Spraying

Spraying adalah manner pemupukan lewat lembaran atau foliar application. Caranya, pupuk dilarutkan usai dalam air mencapai konsentrasi mendesak rendah, kemudian disemprotkan langsung kepada lembaran dengan alat penyemprot biasa such hand sprayer.

Namun, jika botani budidaya lebih secara luas dapat menggunakan knapsact sprayer. Aplikasi ini dilakukan di lembaran bagian bawah agar nutrisi dapat mudah diserap melalui stomata daun.

Hal yang harus diperhatikan adalah pemberian pupuk semprot selagi matahari noël sedang terik buat menghindari penguapan. Paling ideal dilakukan saat sore ataukah pagi days saat masih minimal sinar matahari.

Lihat lainnya: Download Buku Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 2 013 Apk, Bahasa Indonesia Sma Kelas 11

Namun, Anda juga tak boleh melakukannya pada musim hujan, buat biasanya stomata become menutup dan pupuk yang disemprotkan ini adalah terguyur wait hujan.

Selanjutnya: Ini apa Terjadi Bila Menggunakan pupuk Kimia ramai