Yuk, ajarkan si kecil circa keanekaragaman dunia hewan. Deviasi satunya mencapai mengenalkannya mencapai jenis-jenis hewan bertulang belakang.

Anda sedang menonton: Ciri ciri hewan bertulang belakang


Hewan bertulang belakang disebut tambahan hewan vertebrata. Cir yang paling utama adalah hewan-hewan ini memiliki tulang punggung di batin tubuhnya. Lalu, maafkan saya saja contoh hewan vertebrata apa harus diketahui anak? Simak dalam jadwal acara ini yuk!

Tulang punggung adalah kolom tulang apa menopang berbadan sekaligus melindungi sumsum tulang belakang. Punggung hewan-hewan types ini dipesan atas kerumunan tulang terpisah yang disebut vetebrae.

Nah, tulang punggung inilah yang berperan penting untuk menyokong sebagian besar kerangka potongan dalam. Setiap orang hewan vertebrata pribadi ciri-ciri tersebut mencapai fitur tambahan dan bentuk yang berbeda-beda sesuai kelasnya. Misalnya, di atas mamalia tungkai dapat berbentuk memanggang dan kaki sedangkan di ~ ikan berbentuk sirip.

Klasifikasi Hewan Bertulang Belakang

Klasifikasi hewan-hewan vertebrata dibagi lagi dulu kelas-kelas apa lebih kecil. Terdapat 5 kelas batin subfilum vertebrata, yaitu mamalia (hewan menyusui), burung, reptil, amfibi, dan ikan. Simak also contoh hewan vertebrata dari setiap kelasnya.


*

Gambar: Canva


Mamalia atau disebut also hewan menyusui adalah kelas batin hewan vertebrata mencapai karakteristik apa sesuai namanya yaitu dapat menyusui. Kelas hewan mamalia, terutama di ~ betina, ditandai mencapai adanya kelenjar susu diatas tubuhnya apa berfungsi untuk memberikan makan di ~ anaknya.

Sebagian terlalu tinggi hewan mamalia also memiliki massa otak yang lebih terlalu tinggi dibandingkan mencapai hewan dari kelas lain, serta sebagian geram tubuhnya ditutupi rambut atau bulu. Mamalia memiliki darah panas (homoiterm), yaitu golongan hewan apa memiliki reseptor panas di dalam tubuhnya sehingga dapat membuat panas sendiri.

Hewan mamalia diklasifikasikan lagi ke dalam doan Ordo apa lebih kecil. Misalnya, ordo hewan pengerat sebagai tikus, tupai dan kelinci; ordo hewan primata such monyet, gorila, dan simpanse; ordo hewan berkuku (ungulata), such kuda, jerapah, zebra; ordo hewan pemakan daging (karnivora) sebagai kucing dan anjing. 


*

Gambar: Canva


Hewan-hewan di kelas Aves ditandai dengan adanya bulu (berbeda dengan haar pada mamalia), luaran paruh dan noel bergigi, berkembang biak dengan cara bertelur, serta berdarah panas

Fitur tungkai diatas burung berupa sepasang kaki dan pasangan sayap. Burung tambahan memiliki tulang apa kokoh namun ringan, memudahkan mereka untuk terbang. Kendati demikian, noël semua burung bisa terbang.


Contoh contoh hewan vertebrata burung apa bisa terbang adalah elang, gagak, burung gereja. Sedangkan burung yang noël bisa terbang misalnya penguin, burung unta, dan kiwi.

3. Reptil tersirat Hewan Bertulang Belakang


*

Gambar: Canva


Hewan reptil dikenal juga dengan sebutan binatang melata. Banyak ciri-ciri dari hewan reptil adalah memiliki kulit yang kering, serta ditutupi melalui sisik atau pelat tanduk (suatu zat keras apa menutupi kulit).


Kebanyakan reptil memiliki dua pasang tungkai kemudian alat geraknya, dapat berupa kaki seperti di atas kadal maupun sirip seperti pada kura-kura.

Thamon-design.comak sebagai burung dan mamalia, hewan-hewan reptil memiliki darah dingin (poikilotherm), yaitu golongan hewan yang noël memiliki reseptor panas dalam tubuhnya sehingga melunakkan tubuhnya menyesuaikan dengan suhu lingkungan. Contoh hewan reptil adalah kadal, buaya, kura-kura dan ular.

Artikel terkait: Bila Anak shanks Binatang Lucu, Ajarkan 5 hal Ini Kepadanya

4. Amfibi, Hewan Bertulang Belakang apa Hhamon-design.comup di Dua Alam


*

Gambar: Canva


Hewan amfibi lebih dikenal sebagai hewan yang dapat kehhamon-design.comupan di dua alam, darat dan air. Amfibi memiliki ciri-ciri yaitu merupakan hewan pendarahan dingin; luaran kulit tipis, halus dan berpori apa biasanya berlendir, kelewat beberapa spesies pribadi kulit beracun, sebagai pada types katak panah apa ada di woods Amazon.


Dibandingkan dengan hewan vertebrata lainnya, amfibi adalah satu-satunya apa mengalami metamorfosis, yaitu memiliki siklus hhamon-design.comup apa dimulai dari larva yang bernapas mencapai insang sampai dulu dewasa dan bernapas mencapai paru-paru. Contoh hewan-hewan amfibi adalah katak dan Salamander.

5. Ikan (Pisces), Termasuk tipe Hewan Bertulang Belakanga atau Hewan Vertebrata


*

Gambar: Canva


Ikan adalah hewan vertebrata yang full hhamon-design.comup di wait dan bernapas mencapai insang. Various dengan kelas lain di dalam vertebrata apa kebanyakan luaran tungkai berupa sepasang kaki dan tangan, ikan luaran tungkai berupa sirip, yang berfungsi menyerupai dayung pada perahu, yang memudahkan mereka karena berenang dan bergerak di air.

Lihat lainnya: Cara Membuat Kue Bolu Gula Merah Ideas, Resep Kue Bolu Kukus Gula Merah Mekar 1

Kebanyakan ikan luaran tulang kerangka keras kemudian pada hewan vertebrata lain, namun banyak jenis such pada hiu dan pari luaran tulang kerangka lunak yang disebut kartilago ataukah tulang rawan. Ikan also memiliki sisik apa menutupi kulit mereka. Sebagian terlalu tinggi ikan memiliki darah dingin. 

Ikan luaran lebih dari 34.000 jenis apa hhamon-design.comup di waiting tawar maupun waiting asin. Contoh hewan dari kelas ikan adalah ikan lele, Ikan pari, dan ikan hiu.