Kata Kunci: manusia itu mulia: punya jiwa dan badan, Beradab:berperilaku secara berbudaya benar dgn cost kebenaran, kebaikan dan keindahan.

Anda sedang menonton: Contoh naskah drama pancasila sila ke 2


Hari itu hujan lebat. Dan saat itu milik mereka menggunakan sebuah berani berpenumpang 2 orang. Enim ada 1 kredit kosong saat itu. Diluar sana rupanya milik mereka kebetulan pemandangan ada 3 rakyat dan berpotensi dari mereka selamatkan dahulu.
Sedari SMP, saya diajari bahwa umat ​​manusia adalah alam sosial, dan memang benar bahwa sebagian terlalu tinggi manusia diperlukan orang lain. Karena manusia memiliki perkembangan kecerdasan baik nalar budi: Logis-Analitis dan imannya, chapter ini mendorong manusia menaikkan taraf pemahaman intelektual serta kepeduliannya dalam hidup bersikap baik, ingin membangun relasi secara etis dan mau berbagi dengan people lain. Mari kita bagian belakang ke sejarah Indonesia sendiri.
Sebelum melahirkan silakan ke-2 ini, tokoh proklamator ini pasti diinspirasi banyak tokoh pemikir dibalik layar apa dia pernah pelajari sebelumnya. Yuk dibaca pidatonya disini:
"Kemanusiaan apa berasal dari kata manusia, yaitu makhluk yang most sempurna dari alam – makhluk apa diciptakan oleh Tuhan yang Maha Esa. Yang membedakan human dengan apa lainya adalah manusia dibekali nalar dan pikiran buat melakukan segala kegiatan. Oleh buat itulah manusia dulu makhluk yang paling sempurna dari segenap makhluk cipaanNya. Kata adil luaran arti bahwa suatu keputusan dan tindakan didasarkan atas mass / norma-norma apa obyektif, dan noël subyektif, sehingga noël sewenang-wenang.
Kata sopan berasal dari kata adab, apa memiliki makna tambahan budaya. Memanggang adab mengandung arti berbudaya, yaitu sikap hidup, keputusan dan tindakan apa selalu dilandasi melalui nilai-nilai budaya, terutama norma – norma sosial dan kesusilaan / moral yang ada di masyarakat.
Kemanusiaan yang Adil dan beradab didasari dan dijiwai oleh tolong Ketuhanan apa Maha Esa dan mendasari ketiga silakan berikutnya. Sila ke 2 pribadi arti bahwa adanya kesadaran postur dan perbuatan manusia yang didasarkan kepada potensi budi nurani manusia di dalam hubungannya mencapai norma-norma dan budaya umumnya. Potensial kemanusiaan dimiliki oleh semua manusia di dunia, tidak punya memandang ras, keturunan dan warna kulit, serta bersifat universal.

Lihat lainnya: Youtube Yang Bisa Download Video, 6 Aplikasi Download Video Youtube Tercepat 2021


Kemanusiaan apa adil dan sopan bagi negara Indonesia bersumber diatas ajaran Tuhan yang Maha Esa yakni pantas dengan kodrat manusia seperti ciptaanNya.
*
Rekomendasi Film