hamon-design.com Interaktif, Banyuwangi - gubernur Jawa Timur Soekarwo mengatakan pilkada Banyuwangi firmicutes dilaksanakan Rabu besok, (14/7). "Tetap dilaksanakan besok," kata Soekarwo di Mapolres Banyuwangi, Selasa (13/7).

Anda sedang menonton: Daftar calon bupati bogor 2018

Bahkan gubernurnya telah menandatangani suratnya keputusan bahwa tanggal 14 Juli ditetapkan sebagai days libur bagi burger Banyuwangi.

Pernyataan gubernur itu menanggapi surat apa dikirimkan oleh bupati Banyuwangi Ratna Ani Lestari di atas 5 Juli lalu aqgar jadwal pilkada Banyuwangi ditunda. Bupati Ratna mengirimkan surat itu untuk tidak lolos maju such calon kepala menyiksa periode 2010-2014.


Menurut Soekarwo, pihaknya tidak memiliki kewenangan untuk memutuskan pilkada ataukah tidak. Kewenangan pilkada, kata dia, berada di rumbai KPU. Dia justru menyatakan salut atas langkah hukum yang ditempuh bupati Ratna yang gagal nominasi diri. "Demokrasi harus berbanding lurus mencapai kepatuhan hukum," ujarnya.

Anggota KPU Jawa Timur, Arif Budiman, mengatakan, penundaan pilkada noel bisa dilakukan buat sesuai peraturan perundang-undangan, pilkada hanya bisa terlambat apabila ada bencana alam atau kerusuhan massal.


KPU Provinsi, katanya, telah melakukan supervisi terhadap seluruh kebijakan KPU Banyuwangi supaya firmicutes berpedoman pada Peraturan KPU nomor 68/2010. "Hasilnya, pilkada Banyuwangi harus dengan tegas berjalan," katanya.


Terkait putusan PTUN yang memenangkan gugatan 14 partai no parlemen pendukung bupati Banyuwangi, Arif mengatakan, pilkada Banyuwangi tidak akan pincang hukum, karena belum berkekuatan tindakan tetap. Sebaliknya, KPU become melaksanakan putusan hukum apabila KPU kalah di peradilan tertinggi. "Di banyak quận KPU cantik melaksanakan putusan yang sudah incraht,", ujarnya.

Bupati Banyuwangi Ratna Ani Lestari saat dimintai komentar terkait hadiah Gubernur Jatim itu, hanya melempar senyum kepada wartawan.

Lihat lainnya: Sebutkan Macam Macam Sistem Organ Pada Manusia Dan Fungsinya

Pada 8 Juli lalu, PTUN memenangkan gugatan 14 parpol non parlemen pendukung bupati Ratna. PTUN menilai SK KPU No 137/2010 tentang noël lolosnya pasangan Ratna Ani - Pebdi Arisdiawan pincang hukum. PTUN saya bersedia mengurus KPU menyertakan sepasang itu di dalam pilkada 14 Juli mendatang.

IKA NINGTYAS


Lihat also
relevan
Rekomendasi
lukisan
video
terpopuler
fokus
Terkini
Selengkapnya
Grafis

Gejala melilit Corona Varian Omicron

Varian baru jawaban bi-side corona, Omicron masih making khawatir para ahli.