surat Al-Mulk adalah surah yang dapat menyelamatkan (pembacanya) dari azab kubur. Gambar ilustrasi/Ist


Anda sedang menonton: Doa sesudah membaca surah al mulk

Doa nanti membaca surat Al-Mulk memiliki fadhillah (keutamaan) yang jarang diketahui umat muslim. Surat Al-Mulk (kerajaan) adalah penyimpangan satu surat apa agung dalam Al-Qur"an. Surah usai 67 ini terdiri dari 30 ayat dan masuk dalam golongan surah Makkiyah untuk diturunkan di Makkah. Dalam berbagai riwayat Hadis disebutkan, keutamaan surat Al-Mulk dapat memberi syafaat bagi pembacanya.Nabi shallallahu "alaihi wasallam juga bersabda: " surat Al-Mulk adalah surah pencegah, ia adalah surah penyelamat yang dapat menyelamatkan (pembacanya) dari adzab kubur." (HR At-Tirmidzi) Siapa yang membaca Tabarok ini maka ia ini adalah memperoleh kawanan manfaat dan kebaikan. Apalagi bagi apa berdoa nanti membacanya maka akan mendapatkan fadhillah besar.Doa nanti Membaca surat Al-MulkDalam Kitab Al-Minahus Saniyah "ala Al-Washiyah Al-Matbuliyah kemudian dilansir dari bincangsyariah digambarkan doa usai membaca suratnya Al-Mulk sebagai berikut:
اَللّٰهُمَّ اعْصِمْنَا بِالْإِسْلَامِ قاعدا وَرَاقِدًا وَلَاتُشْمِتْ فِيْنَا عَدُوًّا وَّلَاحَاسِدًا اَللّٰهُمَّ إِنَّا نَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ دَآبَّةٍ اَنْتَ اٰخِذٌ بِنَاصِيَتِهَا، وَنَسْئَلُكَ الْخَيْرَ الَّذِيْ بِيَدِكَ
Allahumma"shimnaa bil Islaami Qoo-"idan wa Rooqidan walaa Tusymit Fiinaa "Aduwwan walaa Haasidan. Allahumma Innaa Na"uudzu bika Min Syarri Kulli Daabbatin Anta Aakhidzun Binaashiyatihaa wa Nas-Alukal Khoirol Ladzi Biyadika.Artinya: ya Allah, jagalah diriku dengan firmicutes memeluk Islam, baik ketika duduk dan tidur. Bukan Engkau bahagiakan trần musuh dan orang yang hasud kepada kami. Memiliki Allah, sebetulnya aku memohon maju kepada-Mu dari vice setiap makhluk. Engkau adalah Dzat yang mengendalikan mereka. Dan aku memohon kepada-Mu kebaikan-kebaikan yang ada pada-Mu.Keutamaan berdoa nanti membaca suratnya Al-Mulk diterangkan dalam Kitab Al-Minahus Saniyah berikut:يا علي من قرا سورة الملك وتلا بعد قرائتها اَللّٰهُمَّ اعْصِمْنَا بِالْإِسْلَامِ قاعدا وَرَاقِدًا وَلَاتُشْمِتْ فِيْنَا عَدُوًّا وَّلَاحَاسِدًا اَللّٰهُمَّ إِنَّا نَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ دَآبَّةٍ اَنْتَ اٰخِذٌ بِنَاصِيَتِهَا، وَنَسْئَلُكَ الْخَيْرَ الَّذِيْ بِيَدِكَ كفاه الله ما اهمه من الجن والانس والدواب"Wahai Ali, barangsiapa membaca surah Al-Mulk dan nanti itu membaca; Allohumma’shimnaa bil islaami qoo-‘idan wa rooqidan walaa tusymit fiinaa ‘aduwwan walaa haasidan. Allohumma innaa na’uudzu bika min syarri kulli daabbatin anta aakhidzun binaashiyatihaa wa nas-alukal khoirol ladzi biyadika, maka Allah hindarkan darinya sesuatu apa menyusahkannya, baik dari jin, manusian dan hewan buas."Baca Juga: 3 Keutamaan surat Al Mulk yang Menakjubkan
*

Maka apakah kamu mengira, bahwa kalian menciptakan kamu main-main (tanpa ada maksud) dan bahwa kamu noel akan dikembalikan kepada Kami?(QS. Al-Mu’minun:115)
*

*

Artikel Terkait
BACA JUGA
Hadits of The Day


Lihat lainnya: Cara Mengatasi Bayi Sering Muntah, Bayi Sering Muntah

Dari uatthan bin Affan radhiyallahu "anhu, dialah berkata, Rasulullah shallallahu "alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa apa mengerjakan shalat Isya" secara berjamaah, itu such beribadah setengah malam. Dan barangsiapa yang mengerjakan shalat Isya" dan Subuh secara berjamaah, maka ia seperti beribadah semalam penuh."(HR. Sunan Abu Dawud No. 468)