Peta pulau Jawa adalah deviasi satu pulau terpadat yang ada di Indonesia. Pulau ini luaran kehidupan apa jauh lebih berlipat-lipat padatnya jika dibandingkan dengan islands lainnya yang ada di Indonesia. Atlas pulau Jawadi bawah ini become menjelaskan lebih jauh bagaimana administrasi pulau terpadat di Indonesia ini dan koknya kekayaan alam serta kebudayaan masyarakatnya.

Anda sedang menonton: Flora dan fauna di pulau jawa


Peta pulau Jawa


Jawa yang tambahan dieja Djawa ataukah Jawa adalah deviasi satu pulau di Indonesia apa terletak di tenggara Malaysia dan pulau Sumatra. Pulau ini juga terletak di selatan Kalimantan dan di sebelah barat saya terdapatpulai Bali.

Pulau Jawa ini merupakan pulau terbesar 14 di Indonesia. Meski hanya terbesar keempat, namun pulau ini memiliki lebih dari setengah populasi bangsa Indonesia. Pulau Jawa kelewat mendominasi secara politika dan ekonomijika dibandingkan dengan pulau lainnya.


Hal ini bisa ~ dibuktikan dengan keberadaan Ibukota Indonesia yang ada Jawa adalah Jakarta yang sebelumnya adalah Batavia. Kota Jakarta juga merupakan kota terbesar di Indonesia dan tambahan kota terpadat di pulau Jawa.

Pulau Jawa memiliki panjang sekitar 661 mil atau 1.064 kilometres dari timur setelah barat dan lebar pulau ini tentang 60 mil 100 km dari barat ke pusat. Ada kerumunan gunung memanjangdi pulau ini dan kebanyakanadalah gunung berapi.

Gunung-gunung tersebutmembentang dari timur ke barat di sepanjang punggung pulau dan diapit melalui punggung batu kapur dan dataran rendah. Gunung pulau Jawa bisa dikatakan sangat vulkanik, namun hampir segenap gunung apa mengalami letusan serius hanya sedikityaknisekitar35 dari 112 gunung berapi yang aktif.

Gunung berapi tertinggi yang ada di pulau Jawa adalah Gunung Semerudengan ketinggian dengan 12.060 kaki atau 3.676 meter. Kemudian ada serangkaian dataran tinggi noël bersambung berbohong di selatan gunung-gunung vulkanik dan dengan ketinggian sekitar 1.000 feet (300 meter).

Sebagian geram sungai di Jawa mengalir usai utara, untuk pegunungan pusat yang membentuk daerah aliran sungai mereka terletak agak lebih dekat nanti selatan daripada ke pantai utara. Namun, beberapa sungai ada yang mengalir setelah selatan.


Adapun sungai terbesar di pulau Jawaadalah Solo dan Brantasyang terletakdi bagian timur Jawa. Pulau Jawa memiliki kawanan sungai small dan sungai menjadisumber air untuk irigasi tetapi hanya bisa tangan kedua saatmusim hujan, sementara saat monsoon kemarau debit airnya bisa konon sedikit buat digunakan sebagai irigasi.

Iklim di pulau Jawa

Iklim apa ada di pulau Jawa umumnya panasnya dan lembab sepanjang tahun. Temperatur maks yang tersadar di dataran sepanjang pantai utara Jawa selalu demo suhu panasnya tetapi di pegunungan jauh lebih dingin.

Dikarenakan kelembaban di pulau Jawa tinggi maka pulau ini sering memiliki iklim apa berubah-ubah. Saat angin bertiup dari barat setelah laut, sekitarNovember hingga Maret,pulau ini ini adalah hujan dan berawan.

Sedangkan saat angin dari arah tenggara, yakni dari April hingga Oktober, maka angin akan membawa hujan tetapi umumnya pulau ini akan cerah.


Adapun curah hujan setiap tahunnya di jakarta rata-rata dibawah sekitar 1.760 mm. Temperamen rata-rata harian max yang ada di champa adalah tentang 30 ° C dan minimal adalah atau 23 ° C.


Meski penginapan di pulau Jawa just ada hujan dan kemarau, namun iklim tersebut tidak semua merata di selutuh negara Jawa.

Flora dan Fauna di pulau Jawa

*

Tanah Jawa sendiri mendesak subur untuk kaya melalui abu vulkanik. Vegetasi yang dimiliki oleh pulau Jawa individu lebih dari 5.000 spesies tanaman. Kayu hujan lebat berlimpah di lereng pegunungan apa lembab, sementara kayu bambu spesial berada di kawasan Jawa bagian barat.

Pohon apa tumbuh pinjal di pulau Jawa adalah pisang, mangga, dan berbagai jenis pohon lainnya such jati, rasamala, casuarina dan bambu.


Pohon-pohon itu kawanan bermunculan di tanah-tanah Jawa. Selain itu hutan-hutan apa ada di pulau Jawa ini kebanyakan diisi mencapai pohon sagu dan sianosis beringin. Kayu pengemudian adalah penyimpangan satu ekspor utama pulau Jawa.


Selain vegetasi atau floranya apa berlimpah, pulau Jawa juga memiliki fauna yang melimpah. Deviasi satu fauna pulau Jawa yang terkenal adalah badak bercula satu dan banteng. 2 spesies fauna itu muncul sangat akhirnya dan hanya bisa hadiah di Taman Nasional Ujung Kulon, Banten.

Taman Nasional Ujung Kulon menemani itu ditetapkan sebagai situs Warisan dunia UNESCO pada tahun 1991. Selain terdapat badak bercula satu dan banteng, taman ini juga dihuni oleh monyet, gajah, jerapah dan harimau Jawa yang sayangnya sekarang sudah punah.

Pulau Jawa juga merupakan rumah bagi beberapa spesies lain seperti monyet, babi hutan, dan buaya. Setidaknya terdapat tentang 400 spesies burung; 100 spesies ular; 500 spesies kupu-kupu; dan crowd jenis serangga lainnya yang hidup di pulau Jawa.

Vegetasi yang Tumbuh di pulau Jawa

*

Lebih dari dua pertiga wilayah daratan pulau Jawa tertanam dengan botani pangan yakni padi. Jejaring irigasi apa rumit berupa kanal, bendungan, saluran air, dan waduk telah berkontribusi geram terhadap tampungnya penanaman padi di pulau Jawa selama berabad-abad.


Tanaman go yang juga ditanam di menyiksa dataran rendah pulau Jawa adalah jagung, singkong, koine tanah kedelai, dan ubi jalar.

Lereng bukit bertingkat dan persawahan beririgasi adalah lanskap wealth Jawa apa sangat dikenal. Then tanaman lain apa ditanam di kawasan tanah Jawa dan sering dulu tumpuan perekonomian pulau ini adalah kapuk, wijen, sayuran, pisang, mangga, buah durian, buah jeruk, dan minyak sayur.

Tanaman-tanaman tersebut diproduksi untuk konsumsi lokal. Then adapula teh, kopi, tembakau, karet, dan cinchona (sumber kina, dan tertanam di dataran tinggi Jawa potongan barat); tebu dan kapuk (di bagian timur pulau); dan kelapa.

Untuk tanaman-tanaman tersebut kebanyakan diekspor dan beberapa tanaman komersial tersebut di atas suatu times biasanya tertanam di aset keluarga besar.

Perekonomian di pulau Jawa

*


Sementara untuk perekonomian social Jawa kebanyakan adalah petani dan beternak. Hewan ternakyang dipelihara olehmasyarakat Jawa kebanyakan beternak sapi, kambing dankerbau. Adapula budidaya ikan dikepang dan kering yang diimpor. Budidaya ikan ini dilakukan di kolam dan sawah di Jawa tengah dan Jawa Barat. Jawa menghasilkan sebagian terlalu tinggi pasokan ikan di dunia.

Selain itu ekonomi pulau Jawa selanjutnya apa memajukan pulau ini adalah minyak. Di pantai west laut, ada sebuah snile gas alam yang menghubungkan ladang-ladang ini dengan menyiksa Cilegon. Ada pabrik minyak minyak di Cilacap, Jepu, dan Surabaya; ada tambahan penambangan mangan, belerang, fosfat, emas, dan perak di pulau Jawa.

Kemudian ada banyak manufaktur skala kecil meliputi mencetak batik, besi, perak, tool pertanian, produksi bata dan keramik lainnya. Industri yang lebih geram terdiri dari pemrosesan tekstil, manufaktur karet, mounting otomatis, pembuatan bir, dan pabrik apa memproduksi sepatu, kertas, sabun, semen, dan rokok.

Beberapa hal di atas adalah yang sangat help perekonomian di pulau Jawa. Noël heran jika industry perdagangan di pulau ini mendesak berkembang pesat dan kerumunan sekali penduduk apa tinggal di pulau Jawa.

Peta Administrasi pulau Jawa


Peta pulau Jawasecara hampir seluruhnya terlihat banyak terdapat gunung berapi. Setidaknya pulau ini berisi tiga puluh delapan gunung. Gunung berapi supreme di Jawa adalah Gunung Semeru mencapai ketinggian 3.676 meter.

Sementara Gunung berapi paling aktif di Jawa dan tambahan di Indonesia adalah Gunung Merapi apa ada di Yogyakarta mencapai ketinggian 2.930 meter. Lebih kerumunan gunung dan dataran tinggi ini membantu Pulau Jawa untuk membagi interior dulu serangkaian menyiksa yang kerabat terisolasi dan cocok karena penanaman padi sawah.

Area persawahan di Jawa termasuk yang terkaya di dunia. Nah, berikut ini adalah pembagian adminstratif pulau Jawa sebagai salah satu dari empat kepulauan Sunda Besar.Jawa dibagi menjadi beberapa menyiksa seperti :

Provinsi quenn Keistimewaan Ibukota Indonesia, JakartaBanten menjangkau ibukota SerangJawa west dengan ibukota BandungJawa sentral dengan ibukota SemarangDaerah Istimewa Yogyakarta menjangkau ibukota yogyakartajawa Timur mencapai ibukota Surabaya

Suku Jawa, Masyarakat apa Tinggal di pulau Jawa

*

Suku Jawa adalah suku terbesar di Indonesia. Suku Jawa ini merupakan kesukuan yang paling berpengaruh di hampir semua aspek kehidupan. Kesukuan ini pribadi peran penting di dalam banyak bidang yang ada baik menyertainya di pemerintahan, perdagangan, pendidikan, kewirausahaan, agraris dan masih crowd bidang lagi.


Hal ini tidak mengherankan untuk rang Jawa adalah deviasi satu suku tertua di Indonesia. Populasi kesukuan Jawabahkan berjumlah sekitar 90 juta dan sebagian besarnya tinggal di pulau Jawa.Orang Jawa tambahan memiliki beragam budaya apa unik.

Budaya-budaya tersebut sebagian besar merupakan peninggalan kerajaan Mataram kuno. Kerajaan Mataram ini adalah sebuah kerajaan Jawa apa pernah berpusat di kota Yogyakarta dan Surakarta Selain itu, kebudayaan social Jawa juga dipengaruhi oleh kaya Majapahit.

Sehingga tidak heran jika social Jawa ini luaran kebudayaan apa masih sangat kental dengan keraton pulih bahwa mata ramin pernah menguasai pulau ini.

Karakteristik suku Jawa

*

Karakteristik apa dimiliki oleh orang Jawa adalah lembut, pekerja keras dan sangat ulet. Kemudian salah satu kesukuan tertua apa ada di Indonesia, people Jawa bisa dikatakan memiliki peradaban yang paling maju jika dibandingkan dengan kesukuan lainnya di Indonesia.


Dikarenakan peradaban kesukuan Jawa itulah, tidak heran jika perannya ini memberi pengaruh geram pada pembuatan kebijakan di pemerintahan Indonesia.

Bahkan bisa dikatakan hampir setiap orang presiden apa telah sendi negara Indonesia sebagian geram didominasi melalui suku Jawa, such Soekarno, Soeharto, Abdurakhman Wakhid, Megawati Soekarno Putri,Susilo Bambang Yudhoyono dan yang last adalah Joko Widodo dari Soli.

Seperti halnya mata pencaharian sebagian besar orang Indonesia, mayoritas mata pencaharian apa digeluti oleh setiap orang Jawa adalah petani. Tetapi sekarang, kawanan orang Jawa apa mulai menggerakkan mata pencaharian mereka such petani, dengan start mencoba menjadi pedagang kecil.

Rata-rata orang Jawa temukan pekerjaannya di Jakarta untuk kota tersebut adalah ibukota Indonesia. Banyak orang apa bergelut di daerah kewirausahaan dan bekerja di perusahaan di ibukota untuk dipicu melalui krisis ekonomi.

Sejarah pulau Jawa

*

Bagaimana sekitar sejarah ditemukannya pulau Jawa? pulau Jawa tersadar pada lima 1891 dari sisa-sisa fosil Homo erectus. Pulau tersebut adalah were tempat aktivitas manusia circa 1,5 juta five yang lalu. Kolonisasi Jawa terampas terjadi dari daratannya Asia Tenggara, dan pertanian apa diketahui telah dipraktikkan teres pada awal 2500 SM.

Pedagang India start berdatangan di Jawa kyung abad ke-1 M, dan pengaruh Hindu India apa dihasilkan berkembang hingga terbentuklah kaya Mataram di ~ abad ke-8 M. Kerajaan Mataram berpusat di menyiksa selatan-tengah Jawa dan diperintah melalui dinasti Shailendra.

Meskipun awalnya kerajaan Mataram ini adalah vasal Hindu Shaivite, raja-raja dinasti Mataram kemudian menerima ajaran buddhisme Mahayana. Darimana zaman itu, di ~ akhir abad ke-9 dan awal abad ke-10, dibangunlah candi-candi atau situs-situs bersejarah kemudian Borobudur, Mendut, dan kerumunan situs berbeda di Jawa.

Pusat politik Jawa kemudian pindah ke kerajaan Singhasariyang ada di dataran ditinggikan Malang Jawa Timur. King terbesar dinasti ini bernamaKertanagara yang memerintah lima 1268–1992. King ini menyatukan Jawa dan memperluas kekuasaannya hingga setelah Kalimantan bagian selatan, Bali, dan pulau-pulau timur lainnya.

Setelah kematian Kertanagara, kerajaannya runtuh dan digantikan oleh kerajaan Majapahit di Jawa Timur, apa didirikan di ~ 1293. Dinasti Majapahit menguasai sebagian geram kepulauan Indonesia, termasuk bekas wilayah kerajaan Sriwijaya di Sumatra.

Setelah itu pedagang Muslim mengunjungi islands Indonesia selama berabad-abad dan menyamai Muslim di utama Jawa ditanam subur. Crowd orang Jawa pesisir yang menghadapi pilihan untuk bertempur atau bergabung dengan Muslim.

Kemudian beberapa empire Muslim awal didirikan di Jawa markas besar dan barat kemudian kerajaan Padjang, Preanger, Cheribon, dan Bantam. Kerajaan yang semula beragama Hindu then berubah were kerajaanmuslim. Hingga kemudianpada abad ke-16, kaya Mataramyang dulu kerajaan muslim mendominasi force di pulau Jawa.

Setelah menemani itu kapal-kapal Belanda mengunjungi Jawa di ~ 1596, dan Perusahaan pada kenyataannya Timur Belanda segera ditanggapi pos perdagangan di pantai dengan markas terlalu tinggi di kota Batavia (Jakarta), yang berada dibawah kendali Belanda di ~ 1619.

Lalu mulai tahun 1903, setiap orang Jawa diterima kemudian bagian dari pemerintahan lokal, dan pada lima 1925 rakyat Indonesia diberikan mayoritas batin volksraad (“dewan rakyat”). Hingga kemudianJawa menjadi bagian dari republik Indonesia apa baru merdeka padatahun1950.

Orang-orang yang Hidup di pulau Jawa

*

Penduduk Jawa meliputi tiga doan etnis terlalu tinggi yakni kesukuan Jawa, Sunda, dan Madura. Kemudian etnis kesukuan lain diikuti oleh sukuTengger dan Badui. Sekitar70% dari populasi Jawa kehidupan dipulau ini terutama di bagian markas besar dan timur pulau itu.

Adapun setiap orang Sunda lives di barat, sedangkan people Madura tinggal di timur dan di pulau Madurasendiri. Jawa adalah salah satu daerah terpadat di dunia. Pulau ini rata-rata luaran lebih dari 2.600 rakyat per mil persegi atau 1.000 per kilometres persegi.

Tingkat pertumbuhan penduduk nguyên Jawa sendiri bisa ia mengatakan tetap tampan tinggi. Dari circa 5 juta orang pada lima 1815, populasi telah tumbuh dulu sekitar 140 million pada mulailah abad ke-21.

Sebagian terlalu tinggi penduduk Jawa hidup di quenn pedesaan, tetapi kota-kotanya tumbuh dengan sangat cepat. Kota-kota utama yang padat warga adalah Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Surakarta, dan Yogyakarta.Kepadatan populasi pedesaan paling tinggi di dataran tengah-selatan dan dataran utara.

Lihat lainnya: Daftar Jurusan Jurusan Kuliah Dan Penjelasannya Yuk!, Inilah Macam

Meski peta pulau Jawabisa terbilang kecil, namun pulau ini sangat masif dan kaya menjadi hasil alam sehingga pertumbuhan ekonominya berkembang mendesak pesat. Pulau Jawa tambahan dikenal massf penduduk jika dibandingkan mencapai pulau besar lainnya di Indonesia. Inilah yang menyebabkan pulau Jawa berkembang pesat. Namun, pulau lainnya juga tidak kalah dari segi ekonomi dan pendidikan.