Pengertian Usus Halus

Usus halus merupakan panjang kyung 4.5 m dan terletak tengah lambung dan usus besar. Usus halus terutama membantu untuk mencerna pakan dan menyerap nutrisi dari memberi makan melalui proyeksi such jari kecil di permukaan bagian epitel apa disebut mencapai vili. Baik menemani itu usus halus maupu usus geram dianggap such bagian dari usus. Mereka telah struktur seperti tabung memanjang dengan lumen bagian dalam.

Anda sedang menonton: Gambar usus halus dan usus besar


Permukaan apikal setiap sel epitel memiliki ekstensi sitoplasma disebut mencapai mikrovili. Untuk struktur mengkhususkan ini, dinding epitel usus halus disebut menjangkau perbatasan kuas. Villi dan mikrovili meningkat luas untuk efisiensi penyerapan. Usus halus dapat dibagi dulu tiga bagia yaitu duodenum, jejenum dan ileum. Pencernaan papan terjadi terutama di duodenum dan jejunum.

Pengertian Usus Besar

Usus terlalu tinggi terutama menghilangkan bahan limbah dari berbadan kita. Usus terlalu tinggi memiliki berbohong ialah kyung 1m dan form bagian last dari kanal pencernaan. Di dalam pencernaan noël berlangsung di batin usus terlalu tinggi dan just sekitar 4% dari menyerap cairan, special air, terjadi di sana. Dinding bagian dalam usus besar noël memiliki villi dan memiliki luas permukaannya serap apa sangat rendah. Fungsi usus besar termasuk menyerap air dan buang metabolik bakteri sebagai K dan membuat bahan limbah apa disebut mencapai feses.

Banyak bakteri lives dan berkembang biak di quận ini untuk menyediakan bahan papan yang noël tercerna such substrat untuk fermenrtasi bakteri.


Baca tambahan Artikel apa Mungkin Berhubungan : “Panjang Usus” keputusan & ( types – fungsional – mengolah )

Struktur Usus Halus

*
*


Fungsi usus terlalu tinggi yang paling penting adalah absorbsi wait elektrolit, apa sudah hampir selesai batin kolon dekstra. Kolon sigmoid berfungsi seperti reservoir apa menampung mass feses apa sudah terdehidrasi hingga berlangsungnya defekasi. Kolon mengabsorbsi tentang 800ml air/hari. Di ~ umumnya usus besar bergerak secara lambat. Pengaktifan usus besar apa khas adalah gerakan pengadukan haustural. Kantong atau haustura meregang dan dari waktu nanti waktu otot sirkular menjadi berkontraksi karena mengosongkannya. Manuvernya ini noël progresif tetapi menyebabkan hamon-design.comntent usus bergerak bolak-balik dan meremas-remas sehingga memberi cukup waktu buat terjadi absorbsi.

Gerakan dicampur “Haustrasi”.Gerakan segmentasi mencapai konstriksi sirkular yang besar di atas kolon, ± 2.5 centimeter otot sirkular behamon-design.comme berkontraksi, kadang sempit lumen hampir tersumbat. Saat apa sama, otot longitudinal kolon (taenia koli) ini adalah berkontraksi. Kontraksi gabungan tadi menyebabkan bagian usus yang noël terangsang menonjol dilepas (haustrasi). Setiap haustrasi menjangkau intensitas puncak batin waktu ±30 detik, then menghilang 60 senin berikutnya, kadang tambahan lambat terutama sekum dan kolon asendens sehingga sedikit isi hasil dari dorongan usai depan. Oleh buat itu bahan feses dalam usus geram secara perlahan-lahan diaduk dan mencampur sehingga bahan feses secara bertahap dipindah dengan permukaannya mukosa usus besar, dan cairan serta zat terpecahkan secara progresif diabsorbsi hingga terdapat 80-200 ml feses apa dikeluarkan tiap hari.

Gerakan menindas “Pergerakan Massa”.Banyak dorongan di dalam sekum dan kolon asendens dari kontraksi haustra yang lambat tapi persisten, kimus saat itu sudah dalam keadaan lumpur setengah padat. Dari sekum sampai sigmoid, pergerakan mass mengambil alih peran pendorongan karena beberapa menit were satu waktu, kebanyakan 1-3 x/hari gerakan. Selain itu, kolon mempunyai kripta lieberkuhn tapi noel ber-vili. Untuk menghasilkan mucus (sel epitelnya langka mengandung enzim). Mucus involves ion bikarbonat apa diatur malalui rangsangan taktil , langsung dari sel epitel dan melalui refleks saraf setempat terhadap sel rubber Krista lieberkuhn. Stimulasi n. Pelvikus dari medulla spinalis yang bawa persarafan parasimpatis usai separuh sampai dua pertiga bagian distal kolon. Mucus also berperan batin melindungi dinding kolon terhadap ekskoriasi, tapi selain itu menyediakan media apa lengket untuk saling melekatkan jernih feses. Lebih lanjut, mucus melindungi dinding usus dari aktivitas bakteri apa berlangsung batin feses, ion bikarbonat apa disekresi ditukar mencapai ion klorida sehingga menyediakan ion bikarbonat alkalis apa menetralkan asam dalam feses. Mengenai ekskresi cairan, sedikit cairan apa dikeluarkan melalui feses (100 ml/hari). Jumlah ini dapat meningkat sampai mayoritas liter sehari di ~ pasien diare berat

Absorpsi dalam Usus BesarSekitar 1500 ml kimus secara kesatuan melewati katup ileosekal, sebagian geram air dan elektrolit di dalam kimus diabsorbsi di dalam kolon dan kyung 100 ml diekskresikan together feses. Sebagian geram absorpsi di pertengahan kolon proksimal (kolon pengabsorpsi), sedang bagian distal seperti tempat penyimpanan kotoran sampai akhirnya dikeluarkan diatas waktu yang tepat (kolon penyimpanan)

Kemampuan Absorpsi Maksimal Usus BesarUsus terlalu tinggi dapat mengabsorbsi maksimal 5-8 l cairan dan elektrolit tiap hari sehingga bila jumlah cairan masuk nanti katup ileosekal melebihi atau melalui sekresi usus besar melebihi jumlah ini akan terjadi diare.Kerja Bakteri di dalam kolon. Kawanan bakteri, spesial basil kolon, bahkan terdapat secara normal di atas kolon pengabsorpsi. Bakteri ini mampu mencerna selulosa (berguna such tambahan nutrisi), vitamin (K, B 12 , tiamin, riboflavin, dan bermacam gas yang menyebabkan flatus di dalam kolon, spesial hamon-design.com 2 , H 2 , CH 4 )Komposisi feses. Normalnya terdiri dari 3/4 air dan ‘/4 padatan (30% bakteri, 10-20% lemak, 10-20% anorganik, 2-3% protein, 30% serat makan apa tak tercerna dan unsur kering dari pencernaan (pigmen empedu, sel epitel terlepas). Warna hamon-design.comklat dari kredit disebabkan oleh sterkobilin dan urobilin apa berasal dari bilirubin yang merupakan hasil pergerakan bakteri. Apabila empedu noël dapat memasukkan usus, cat tinja dulu putih (tinja akolik). Asam organic apa terbantuk dari karbohidrat oleh radang usus besar merupakan penyebab tinja dulu asam (pH 5.0-7.0). Bau bangku disebabkan produk kerja bakteri (indol, merkaptan, skatol, hydrogen sulfide). Komposisi kredit relatif tidak terpengaruh malalui variasi batin makanan untuk sebagian terlalu tinggi fraksi ukuran feses bukan berasal dari makanan. Chapter ini merupakan penyebab mengapa selama kelaparan jangka panjang tetap telah terjadi feses di dalam jumlah bermakna.

DefekasiSebagian terlalu tinggi waktu, rectum noël berisi feses, hal ini untuk adanya sfingter yang lemah ±20 cm dari dubur pada perbatasan antara kolon sigmoid dan rectum serta tepian tajam yang menambah resistensi pengisian rectum. Bila terjadi pergerakan dalam jumlah besar ke rectum, kontraksi rectum dan relaksasi sfingter anus akan mengembangkan keinginan defekasi. Pendorongan massa yang terus menerus ini adalah dicegah melalui konstriksi tonik dari 1) sfingter ani interni; 2) sfingter ani eksternus Refleks Defekasi. Keinginan berdefekasi muncul pertama kali saat tekanan rectum mencapai 18 mmHg dan apabila menjangkau 55 mmHg, maka sfingter ani internus dan eksternus melemas dan isi kredit terdorong keluar. Satu dari refleks defekasi adalah refleks intrinsic (diperantarai warisan saraf enteric dalam dinding rectum.

Ketika kredit masuk rectum, distensi dinding rectum menimbulkan pensinyalan aferen menyebar melalui pleksus mienterikus buat menimbulkan gelombang peristaltic di dalam kolon descendens, sigmoid, rectum, menindas feses nanti arah anus. Selagi gelombang peristaltic mendekati anus, sfingter ani interni direlaksasi oleh sinyal penghambat dari pleksus mienterikus dan sfingter ani eksterni di dalam keadaan sadar berelaksasi secara volunter sehingga terjadi defekasi. Enim sfingter melemas sewaktu rectum teregang sebelum tekanan apa melemaskan sfingter ani eksternus tercapai, defekasi volunter dapat dicapai menjangkau secara volunter melemaskan sfingter eksternus dan mengontraksikan otot-otot abdomen (mengejan). Mencapai demikian defekasi merupakan suatu reflex spinal yang dengan sadar dapat dihambat dengan membudaya agar sfingter eksternus dengan tegas berkontraksi atau melemaskan sfingter dan megontraksikan otot abdomen.

Lihat lainnya: 10 Best Anime Yang Karakter Utamanya Kuat, Soredemo Sekai Wa Utsukushii

Sebenarnya ehamon-design.comnomic stimulation dari pleksus mienterikus masih lemah sebagai relfeks defekasi, sehingga diperlukan refleks lain, yaitu refleks defekasi parasimpatis (segmen sacral medulla spinalis). Bila ujung saraf dalam rectum terangsang, sinyal menjadi dihantarkan nanti medulla spinalis, kemudian secara refleks bagian belakang ke kolon descendens, sigmoid, rectum, dan dubur melalui serabut parasimpatis n. Pelvikus. Pensinyalan parasimpatis ini mendesak memperkuat gelombang peristaltic dan merelaksasi sfingter ani internus. Sehingga mengubah refleks defekasi intrinsic were proses defekasi apa kuat sinyal defekasi masuk nanti medula spinalis menimbulkan memengaruhi lain, kemudian mengambil napas dalam, membatalkan glottis, kontraksi otot dinding abdomen menjadi penekan isi kotoran dari kolon down ke bawah dan saat bersamaan dasar pelvis mengalami relaksasi dan menarik keluar cincin dubur mengeluarkan feses.

Baca tambahan Artikel yang Mungkin Berhubungan : penjabaran Peran Mikroorganisme mengatasi Pencemaran

Mekanisme Percernaan Usus Halus dan Usus Besar

Proses pencernaan papan di usus halus terbagi menjadi 2 jenis, yakni: