Golongan darah sistem ABO diperkenalkan olehKarl Landsteinerpada lima 1900 dan 1901.Landsteinermenemukan bahwa penggumpalan darah terjadi jika eritrosit seseorang mencampur dengan serum darah rakyat lain. Berdasarkan tetua tersebut,Landsteinermembagi golongan darah were empat, yaitu A, B, O, dan golongan apa keempat yang jarang ditemui yaitu golongan darah AB.Golongan darah warisan ABO dibagi berdasarkan structure antigen permukaan eritrosit, yang disebut dengan aglutinogen. Antigen atau aglutinogen adalah bagian dari eritrosit seseorang yang dapat bereaksi mencapai zat anti (antibodi) atau aglutinin. Ada dua macam antigen, yaitu antigen A dan antigen B dan zat antinya dibedakan dulu anti-A dan anti-B.

Anda sedang menonton: Golongan darah a dan o menikah

*

Antigen permukaan eritrosit dapat merangsang pembentukan Imunoglobin (IgM) yang disebut juga dengan aglutinin. Hipotesis mulai menyatakan bahwa, antibody IgM ini terbentuk secara alamiah. Namun, tujuan penelitian unjuk bahwa antibodi baru terbentuk saat masih bayi yang diakibatkan sensitisasi dari memberi makan dan infeksi. Buat menghindari penggumpalan darah, harus diadakan kebijakan aturan baik pada penerima maupun pendonornya. Antigen-antigen menemani itu diwariskan melalui tiga alel dari sebuah gen, pernyataan ini ditegaskan olehBernsteinpada lima 1925. Gene ini dinyatakan sebagai I, sedangkan alel-alelnya adalah i, IA, IB.Produk tertentu dari gen I adalah suatu molekul protein apa dinamakan isoaglutinin. Molekul ini terdapat diatas permukaan sel darah merah. Seseorang apa mempunyai alel IAmampu membentuk antigen A, sedangkan orang apa mempunyai alel IBmampu membentuk antigen B. People yang just memiliki alel i konon bahwa people tersebut noël mempunyai antigen A maupun B. Interaction antara alel-alel IA, IBdan i menyebabkan terbentuknya 4 golongan darah (A, B, O, dan AB).
*

Wanita bergolongan darah O menikah dengan seorang pria bergolongan A. Bagaimanakah kemungkinan golongan darah anak-anak mereka?Penyelesaian
*
Berdasarkan skema di atas, anak mereka dimungkinkan bergolongan darah A dan O sebagai orang tuanya. Persentasenya adalah 50% bergolongan darah A dan 50 % bergolongan darah O.
Sel darah merah seseorang dapat mengandung salah satu atau detik antigen tersebut. Jika eritrosit seseorang yang mempunyai antigen M disuntikan di atas tubuh tikus, maka tubuh tikus akan membentuk zat anti M di dalam serum darahnya.Eritrosit apa mengandung antigen N become mendorong tikus form zat anti N. Dua macam antiserum ini dapat dijadikan indikator bahwa eritrosit dapat bereaksi mencapai antiserum M, N, atau MN. Perbedaan dengan asetnya darah ABO, pada sistem darah MN, serum atau plasma darah seseorang noël mengandung zat anti-M maupun anti-N.LandsteinerdanLevinemenyatakan bahwa “kedua jenis antigen M dan N menemani itu ditentukan melalui sebuah gen yang mempunyai dua alel”. Kemungkinan genotip dan fenotip seseorang batin golongan darah aset MN ditunjukkan oleh tabel berikut.

Lihat lainnya: Buku Novel You Are My Glory Bahasa Indonesia, You Are My Glory

*

Pria dengan asetnya daran N menikah dengan wanita yang memiliki aset darah yang sama. Bagaimanakah aset darah keturunannya?Penyelesaian
*
Jadi, anak mereka menjadi memiliki aset darah N .