JAKARTA - di ~ 26 Oktober 2010, Gunung Merapi memasuki status awas dan memulai erupsinya. Letusan diiringi keluarnya awan panas setinggi 1,5 meter. Awan panas tersebut mengarah nanti Kaliadem, Kepuharjo. Letusan ini juga menyemburkan product vulkanik setinggi kurang lebih 1,5 km.

Anda sedang menonton: Gunung merapi terakhir meletus pada

Sejak 20 September 2010, Gunung Merapi telah dinaikkan statusnya dari normal dulu waspada malalui BPPTK Yogyakarta. Kyung sebulan kemudian atau tepatnya 21 Oktober, status tersebut berubah dari waspada were siaga. Saat akun itu warga siap harus siap-siap dibawa usai tempat pengungsian.

Aktivitas gunung semakin meningkat dan gempa vulkanik terus terjadi. Di atas 25 Oktober 2010, BPPTK Yogyakarta merekomendasikan peningkatan status Gunung Merapi were awas. Masyarakat yang tinggal dalam wilayah radius 10 kilometres dari Gunung Merapi harus langsung dievakuasi.

Erupsi pertama lalu terjadi diatas 26 Oktober 2010 jam 17.02 WIB. Terdapat tiga letusan apa menyemburkan material. Selain itu, letusan tambahan disertai menjangkau awan panas ataukah wedhus gembel apa menerjang Kaliadem, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkriman, Sleman.

Wedhus gembel juga melewati kediaman juru mengunci Gunung Merapi, Mbah Maridjan. Mbah Maridjan tinggal di Dusun Kinahrejo, Cangkringan, Sleman, yang hanya berjarak circa empat kilometer dari puncak Gunung Merapi. Mbah Maridjan dikenali tewas acibe serangan awan panas yang memiliki perangai 600 degree Celsius. Ia ditemukan di dalam posisi geniateran di rumahnya.

Pada 28 dan 29 Oktober 2010, Merapi masih menyemburkan awan panasnya meskipun kegiatan sedikit berkurang. Namun, diamnya Gunung Merapi mungkin diartikan dua kemungkinan yaitu sedang dikumpulkan energi atau magmanya cantik berkurang. Asibe erupsi gunung Merapi diatas Oktober 2010, 353 rakyat dilaporkan tewas implisit Mbak Maridjan.

Mengutip Liputan 6, rentetan erupsi Gunung Merapi berakibat 291 rumah rusak dan satu tanggul di Desa Ngepos jebol asibe luapan lahar dingin. Erupsi dan banjir lahar dingin yang terjadi di Merapi terus berlanjut hingga November 2010. Letusan kuat kembali terjadi yaitu di ~ 5 November 2010. Aliran lahar dingin tambahan menjadi ancaman bagi apa lebih rendah setelah terjadi hujan deras di circa puncak Merapi.

Tingkah Merapi diatas 2010 memang noël lazim dan perbedaan dengan pola erupsi yang terjadi sebelumnya. Melansir laporan Tirto, aktivitas semburan lava dan awan panas saat itu tidak seperti biasanya.

*
Gunung Merapi (Foto: wikimedia commons)

Semburan lava biasanya akan form kubah lava baru di sisi selatan dan berfungsi kemudian pelindung. Namun saat itu, Merapi just terus-terusan menyemburkan lava dan awan panas usai berbagai arah, disertai letusan apa terus-menerus terjadi.

Saat itu, suara gemuruh bahkan suara hingga town Yogyakarta dan Wonosobo apa berjarak lebih dari 50 kilometer. Hujan abu also dirasakan oleh sosial Cilacap, Tasikmalaya, Bandung, juga Bogor.

Kabar terbaru dari Merapi, Balai inspeksi dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), menyebutkan Gunung Merapi sembilan kali mengeluarkan guguran lava pijar pada Jumat 22 Oktober.

hamon-design.com mewartakan, menurut major BPPTKG Hanik Humaida, selama ketentuan pengamatan itu, Gunung Merapi mengalami 76 kali gempa guguran mencapai amplitudo 3-40 mm selama 13-186 kedua dan dua kali gempa fase kawanan dengan amplitudo 2-5 mm selama 6-9 detik.

*
Ilustrasi (Unsplash/Marc Szeglat

Tewasnya Mbah Maridjan

Selain aktivitas yang noel biasa, Peristiwa Gunung Merapi 2010 juga meninggalkan kisah atas tewasnya Mbah Maridjan. Tewasnya Mbah Maridjan demonstrasi kesetiaan dan pengabdiannya terhadap Merapi hingga tutup usia.

Selama pengevakusian, Mbah Maridjan kerap menolak untuk tinggal di pengungsian. Mbah Maridjan beralasan, ia berpegang teguh di ~ amanat yang diberikan malalui Sultan Hamengkubuwono IX, apa ditugaskan buat menjaga Gunung Merapi, apa dikenal seperti pemula panas imajiner menuju sentral istana sampai ke laut selatan.

Peran Mbah Maridjan sebagai juru kunci Gunung Merapi melanjutkan jejak ayahnya yang sudah lebih dulu dulu juru kunci. Mbah Maridjan Dia awal menjabat seperti wakil juru kunci diatas 1970. Jabatan such juru terkunci baru ia jalani pada 1982.

Setelah Mbah Maridjan tewas, pengganti kuncen Gunung Merapi adalah Mas Bekel Anom Suraksosihono, apa mana adalah anak dari Mbah Maridjan. Pria apa disapa Mbah Asih ini pribadi tugas karena menyampaikan status Gunung Merapi kepada keluarga dan masyarakat, tersirat mengimbau supaya berhati-hati dalam menjalankan kegiatan. Mbah Asih diangkat menjadi juru kunci Gunung Merapi diatas 4 April 2011 malalui Sultan Hamengkubuwono X.

Lihat lainnya: Teknik Negosiasi Dalam Komunikasi Bisnis, Teknik Negosiasi Dalam Komunikasi

*Baca insula lain soal SEJARAH aku INI atau harus baca tulisan menaiknya lain dari Putri Ainur Islam.