Penurunan harga terjadi sejak dua aku terakhir, buat stok di pasar induk Kramat jati mulai normal dan sejumlah pembeli tidak melakukan aksi borong. Harga produk rempah kembali seperti pada awal bulan Februari yang lalu.

Harga rempah-rempah such jahe merah, kunyit dan temulawak di pasar Jatinegara awal berangsur turun. Penurunan harga terjadi buat masyarakat cantik tidak melakukan aksi borong rempah tersebut apa diyakini dapat menangkal virus corona atau Covid-19.

Anda sedang menonton: Harga jahe merah di pasar induk kramat jati hari ini

"Jahe merah sekarang Rp70.000 every kilogram, kunyit Rp29.000 every kilogram, temulawak juga sama Rp29.000 per kilogram. Terdepan kan jahe sampai Rp100.000 every kilogram," ujar Tri, pedagang di pasar Jatinegara, Jakarta, Rabu (11/3).

Menurutnya, penurunan harga terjadi dari dua hari terakhir, karena stok di pasar induk Kramat pengemudian mulai kesatuan dan sejumlah pembeli tidak does aksi borong. Harga produk rempah bagian belakang seperti di atas awal bulan Februari yang lalu.

Akan tetapi, kini mulai muncul sejumlah produk diobati rempah terbaru yang di namai empon-empon anti corona dan di klaim dapat mengolah kebugaran tubuh agar terhindar dari viridans corona. "Yang baru nih hutan manis anti corona dari China, Rp100.000 every kilogram nya," imbuh dia.

Padahal harga normal rempah woods manis just di bandrol Rp60.000 every kilogramnya. Kemudian, Tri sendiri noël bisa memastikan apakah produk woods manis anti viridans corona apa dijualnya tersebut berasal dari country China langsung.

"Kita tambahan nggak untuk mengetahui mas, kan ini di kirim dari pasar induk (Kramat Jati)," tandasnya.

Stok Sempat Kurang


*

Sebelumnya pada Kamis (5/2) sejumlah pedagang di market Jatinegara champa Timur, mengeluhkan stok jahe merah yang kini start langkah dan harga berutang telah bangkit tinggi sejak tiga days terakhir.

"Sekarang Jahe merah, nghe dan temulawak memanggang rebutan. Spesial jahe merah nih stok di atas habis," ungkap Rokmat kepada Merdeka.com di pasar Jatinegara, Jakarta, Kamis (5/3).

Harga jahe merah telah disentuh Rp90.000 every kilogram (Kg) dari sebelumnya hanya di banderol Rp40.000 per kg. Sementara, harga nghe sebesar Rp35.000 every kg dari terdepan Rp25.000 every kg.

Lihat lainnya: Resep Ice Cream Lembut Bahan Untuk Membuat Ice Cream, 4 Cara Untuk Membuat Es Krim

Sedangkan temulawak muncul di banderol Rp40.000 every kg dari harga Rp20.000 every kg. Harga-harga tersebut lebih mahal membandingkan harga ayam potong yang hanya di banderol Rp28.000 every kg.