Untuk mewujudkan kesadaran cinta tanah air Indonesia seperti negara pulau-pulau dan maritim such penyatu kanton negara ini, maka digagaslah hari Nusantara. Di lima 2015 ini, sejalan dengan tujuan Indonesia seperti poros laut dunia, aku Nusantara dilaksanakan di kota Banda Aceh, tepatnya di Pelabuhan Lampulo. Peringatan kali ini semakin mempertegas bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan dan maritim terbesar di dunia, ini adalah menjadikan kelautan kemudian program pembangunan nasional yang utama.

Anda sedang menonton: Hari nusantara 2015 di aceh

Hadir batin peringatan kali ini, Wakil Presiden Jusuf Kalla, menteri kesehatan ESDM Sudirman Zaid, menteri kesehatan Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menteri kesehatan Agraria, Tata ruang Ferry Mursyidan Baldan dan menteri kesehatan Pariwisata Arief Yahya, serta didampingi malalui Gubernur Aceh Zaini Abdullah.

*

“Kelautan bukan just menghubungkan pulau dengan pulau tapi mempunyai bersumber kekayaan apa besar,” ujar Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla. Wealth laut yang dimiliki Indonesia, kata Wapres, diantaranya besarnya kandungan bersumber mineral dan gas bumi. “Tanpa kedaulatan di maritim, tentu saja kekayaan itu noel kita dapatkan sebaik-baiknya buat kesejahteraan itupenggunaan semua,” ungkap Wapres.

Pada peringatan hari Minggu 13 Desember 2015 ini, diisi mencapai penyerahan peta rupa bumi Provinsi Aceh kepada gubernur Aceh dari major Badan insula Geospasial. Lalu ada peluncuran jalur Cheng Ho oleh menteri kesehatan Pariwisata Arief Yahya melalui penandatanganan prasasti, mulai model pembangunan prasarana energi untuk kluster ekonomi maritim oleh menkes ESDM Sudirman Zaid dan pemberian rekor MURI kepada menteri ESDM karena pemberian lampu petromat tenaga air laut, lampu tenaga surya dan sambngan listrik liberty terbanyak di Indonesia kepada masyarakat.

Selanjutnya pemberian beberapa memaafkan kepada sejumlah tokoh, dilanjutkan dengan gelar tari Nusantara, atraksi dari TNI AL, peninjauan pameran aku Nusantara Expo dan acara Khanduri Laot bersama para nelayan.

Khandori Laot ataukah kenduri laut adalah tradisi nguyên masyarakat quận pesisir Aceh apa turun-temurun terutama bagi para nelayan. Kenduri laut merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT apa telah memberikan kehidupan bagi para nelayan dan warga yang berdomisili dipesisir pantai.

Dalam kenduri lautnya kali ini, Wapres menikmati santap siang yang dimasak khusus melalui para nelayan bersama-sama mencapai anak yatim apa sebagian terlalu tinggi merupakan korban Tsunami. Batin kesempatan itu, Wapres juga menyerahkan bantuan 1.000 petromak melelahkan bakar air laut dan 1.000 bersinar surya kepada perwakilan nelayan.

Lihat lainnya: Apa Itu Nfc ? Dan Cara Menggunakan Nfc Di Redmi Note 9 Apa Itu Nfc

Setelah lima ini kepanitiaan dipimpin oleh menteri kesehatan ESDM, makan five 2016 kepanitiaan days Nusantara dipimpin oleh menteri kesehatan KKP.