Jakarta adalah rumah bagi kawanan umat religius dan berbagai suku-bangsa. Oleh karena itu, memanggang kewajiban bersama seluruh “penghuni rumah” Jakarta buat menjaga kedamaian jelang pilkada ini. Berikut opini Sumanto al Qurtubi.

Anda sedang menonton: Hasil pemilu gubernur jakarta 2017


*


Di antara ratusan pilkada (Pemilihan utama Daerah) apa digelar di Indonesia, Pilkada champa yang paling banyak menyita catatan publik, baik publik tanah Air maupun social internasional.

Ramainya Pilkada jakarta bukan untuk adanya kandidat non-Muslim yang maju sebagai kepala daerah. Ada kerumunan kandidat non-Muslim diluar Jakarta apa ikut bertarung dalam Pilkada (baik di tingkat provinsi maupun kabupaten) tetapi adem-ayem. Biasa-biasa saja, noël seheboh Jakarta.

Ramainya pilkada Jakarta juga bukan buat adanya seorang keturunan Tionghoa apa ikut dulu kontestan batin bursa pemilihan kepala daerah untuk ada sejumlah quận (seperti Singkawang di Kalimantan Barat) sesuai kandidat Tionghoa juga ikut berlaga dalam Pilkada.


*

Penulis: Sumanto al Qurtuby


Pilkada Jakarta were ramai sesungguhnya karena ada sekelompok elit politik, tokoh agama, dan saudagar besar yang bernafsu menguasai champa dengan beragam subjek dan kepentingan tentunya.

Kelompok politik ingin mengontrol jalannya rodanya pemerintahan benar dengan selera mereka. Kaum pebisnis tentu saja ingin dagangan mereka lancar tidak ada apa menghambat jalannya perbisnisan. Sementara sekelompok elit agama, terutama elit Muslim, ingin champa menjadi town yang menerapkan norma-norma ataukah standar-standar keagamaan / keislaman sesuai apa mereka imajinasikan.

Dalam sejarah kebudayaan umat manusia, koalisi ataukah persekongkolan elit politik-bisnis-agama adalah bukan hal baru. Itu siap terjadi jauh sebelum "institusi politik” bernama "negara” menyertainya ada. Bahkan dari zaman Mesir Kuno, Yunani Kuno, Cina Kuno, Mesopotamia kuno dan seterusnya, halaman ini cantik terjadi.

Perselingkuhan politik-bisnis-agama ini juga bukan unik atau monopoli champa saja tetapi juga terjadi di belahan dunia lain. Kasus ini juga bukan hanya terjadi di kalangan umat Islam saja tetapi juga menimpa agama-agama lain di jagat raya ini. Simak misalnya karya Scott Merriman, Sr., Religion and State ataukah Amanda Porterfield batin Conceived in Doubt. Sarjana lain yang pernah mengulas tentang relasi politik-agama-ekonomi adalah David Sorenson, Clifford Backman, emily Mackil, dan masih kerumunan lagi.


*

7 kebenaran Pilkada 2017

Calon berstatus tersangka: basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

Gubernur petahana ini mengambil alih kepemimpinan Jakarta tahun 2014, usai Joko Widodo memenangkan kursi kepresidenan.Di era reformasi, ia jadi gubernur sampanye pertama beretnis Cina-beragama Kristen. Saat proses pilkada berjalan, ia tersandung kasus dugaan penistaan agama. Komitmen Ahok termasuk penganggulangan membanjiri kronis, mengatasi kemacetan sirkulasi & pengayaan kinerja birokrasi.


*

7 fakta Pilkada 2017

Dari militer setelah politik: agus H. Yudhoyono

dialah adalah putra tertua mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan pensiun dari militer di atas usia 38 tahun dan ingin were gubernur. Dialah didukung oleh Partai Demokrat dan beberapa partai-partai Islam. Kampanye agus yang didampingi Sylviana murni berfokus pada maju kehidupan kaum miskin jakarta dan berjanji mendukung dana tunai untuk keluarga berpenghasilan rendah.


*

7 fakta Pilkada 2017

Calon akademisi: Anies Baswedan

Baswedan, 47, adalah mantan menkes pendidikan di otoritas Joko Widodo.Dia didukung melalui Gerindra, partai apa dipimpin Prabowo Subianto. Kampanye Anies Baswedan dan pasangannya pebisnis pria Sandiaga Uno berfokus pada muka pendidikan metode dan memerangi tingginya cost hidup di ibukota.


7 fakta Pilkada 2017

Proses vote di Jakarta

Hasil secara resmi pemungutan suara diperkirakan become diumumkan 08-10 April 2017. Jika noël ada kandidat mencapai suara mayoritas di babak pertama, maka dua kandidat apa mengamankan suara terbanyak akan kembali bersaing di putaran kedua. Kandidat yang noël puas dengan tujuan pemilu dapat bawa sengketa tujuan pemungutan suara setelah Mahkamah Konstitusi.


7 fakta Pilkada 2017

Situasi khusus

Jika Ahok memenangkan sulungnya di champa tapi divonis bersalah di pengadilan karena kasus beraksi dugaaan penistaan agama, maka ia masih diperbolehkan tetap menjabat seperti gubernur selama mengolahnya banding masih berlangsung.


7 fact Pilkada 2017

Fokus KPU: ancaman keras bagi politik uang

Dalam UU pilkada diatur: "Setiap orang apa dengan sengaja menjanjikan ataukah memberikan uang atau materi lainnya kemudian imbalan kepada WNI untuk mempengaruhi pemilih agar noël menggunakan baik pilih, gunakan hak pilih menjangkau cara tertentu sehingga suara enim tidak sah, menyeleksi calon tertentu, atau noel memilih calon tertentu terancam penjara antara 36-72 moon dan bagus Rp.200 juta- 1 milyar.


7 sebenarnya Pilkada 2017

Bukan hanya di Jakarta

7,1 juta rakyat terdaftar untuk memilih di Jakarta. Namun, pilkada bukan hanya diadakan di Jakarta. Pilkada serentak diikuti 101 menyiksa yang tersebar di 31 provinsi. Tujuh provinsi termasuk Jakarta ini adalah memilih gubernur. Di 31 provinsi berlangsung sulungnya walikota dan bupati. Ed: ap/yf (rtr/kpu)


Bernafsu karena menang

Sesunggunya dalam pagelaran pilkada (atau Pemilu), keterlibatan para tokoh politik, agama, dan bisnis adalah hal lumrah. Menjadi noël lumrah jika ada sekelompok elit social (politisi, agamawan, pebisnis, dlsb) apa ‘ngotot", ‘overdosis", dan memaksakan diri untuk memenangkan pertarungan. Untuk bernafsu ingin memenangkan laga pilkada dan syahwat menguasai sudah di ubun-ubun, maka mereka maaster menggunakan berbagai macam cara, termasuk cara-cara busuk; menghalalkan berbagai macam strategi dan taktik kotor; serta pakai berbagai tempat, termasuk tempat-tempat ibadah, such instrument kampanye dan propaganda politik.

Karena sudah gelap mata bak setiap orang sedang "kesurupan hantu”, mereka—orang-orang apa sudah "bernafsu” mau menguasai dunia politik, agama, dan ekonomi ini—tidak lagi mempedulikan etika sopan-santun dan fatsun berpolitik, noël lagi menghiraukan halal-haram atau dosa-tak berdosa, noël memusingkan melanggar politik atau tidak. Yang penting bisa ~ memenangkan laga Pilkada. Persetan dengan norma, etika, aturan, moralitas, ajaran agama, dan seterusnya.

Salah satu yang saya amati di jakarta adalah maraknya sejumlah kelompok yang saling menghujat dan memaki lawan, memanfaatkan sarana peribadatan untuk ajang berkampanye dan memojokkan lawan, serta memanipulasi simbol, wacana, tradisi, ajaran, sejarah, dan teks-teks keagamaan buat kepentingan politik praktis-pragmatis dan menyumbangkan paslon tertentu.

Misalnya, apa sangat jelas dan gamblang adalah penggunaan masjid-masjid di Jakarta, terutama pada waktu khotbah Jum"at, such medium untuk kampanye dan propaganda memenangkan sepasang calon (paslon) tertentu serta alat untuk merendahkan dan memojokkan paslon lain. Restriksi mengurus, mendoakan, dan menyolati jenazah apa sewaktu masih lives mendukung paslon tertentu juga bagian dari "teror teologis” kepada paslon tertentu karena memenangkan paslon lain. Senada seruan ancaman dilampiri neraka bagi yang mendukung dan memilih paslon tertentu atau harapan masuk surga bagi yang mendukung dan memilih paslon tertentu juga merupakan potongan dari "akal bulus” dan siasat busuk sejumlah doan guna tercapai kemenangan di dalam Pilkada.


play Gulipat ala Rizieq Shihab

Pelarian Terakhir

Sejak 2014 Rizieq Shihab were pelarian terakhir untuk calon pejabat tinggi apa kekurangan suara buat memenangkan pemilu. Saat akun itu Front pertahanan Islam (FPI) didekati duet Prabowo dan Hatta just sebulan menjelang putra sulungnya umum kepresidenan. Kini pun Rizieq bagian belakang dirayu dua pasangan calon gubernurnya DKI yang butuh dukungan karena menggusur basuki Tjahaja Purnama.


pat Gulipat ala Rizieq Shihab

Tolak Perempuan

Rekam jejak politik FPI cantik berawal since era Megawati. Dulu Rizieq menggalang latihan anti pemuka perempuan. Saat itu pegang bentukannya start mendulang dukungan lewat aksi-aksi nekat such menggerudug lokasi hiburan malam. Namun di markas besar popularitasnya yang meluap, Rizieq dijebloskan ke penjara karena menghina Sukarno dan Pancasila.


beat Gulipat ala Rizieq Shihab

Tanpa Daya Pikat

Sebulan menjelang yang tertua presiden pertama 2009, FPI mendeklarasikan dukungan karena Jusuf Kalla dan Wiranto. Serupa 2014, saat menemani itu pun deklarasi dukungan melalui Rizieq merindukan mendatangkan jumlah suara apa diharapkan. Pengamat sepakat, ormas agama serupa FPI belum memiliki daya pikat buat menyihir pemilih muslim.


pat Gulipat ala Rizieq Shihab

Perang di Jakarta

Namun rodanya nasib berbalik arah untuk Rizieq. Dari 2013, dia telah menggalang kampanye menentang gubernurnya Petahana basuki Tjahaja Purnama lantaran noel beragama Islam. Puncaknya pada 14 Oktober 2014 FPI menggalang aksi menunjukkan sejuta umat. Namun apa datang cuma ribuan orang. Pilkada DKI champa 2016 didefinisikan menawarkan panggung karena FPI untuk kembali menanamkan pengaruh.


beat Gulipat ala Rizieq Shihab

Kampanye Anti gubernurnya Kafir

Pidato Ahok yang mengritik politisasi Al-Quran untuk pemilihan umum dan pilkada menjadi umpan karena FPI. Bersama GNPF-MUI, Rizieq menyeret Ahok usai pengadilan mencapai dakwaan penistaan agama. Ia pun menggelar aksi protes perlawanan Ahok yang kali ini mengundang ratusan ribu umat Muslim dari seluruh Indoensia. Manuvernya tersebut coba dimanfaatkan pasangan calon lain buat menggembosi dukungan terhadap Ahok


beat Gulipat ala Rizieq Shihab

Koalisi Oposisi

Rizieq lagi-lagi naik daun. Ia pun didekati agus Yudhoyono dan Anies Baswedan apa membutuhkan suara tambahan untuk memenangkan pilkada. Buat pertamakalinya FPI berpeluang memenangkan deviasi satu calon karena merebut deets strategis. Tapi serupa 2003, kali ini pun sepak terjang Rizieq di arena politik mendatangkan lawan apa tak kalah garang.


pat Gulipat ala Rizieq Shihab

Pertaruhan terakhir

Saat posisinya melambung, Rizieq Shihab terancam kembali diseret nanti penjara dengan berbagai dakwaan, antara go penghinaan simbol negara dan pornografi. Tapi sang Habib noël tinggal tetap dan memilih melancarkan serangan jepit kepada Ahok, seakan nasibnya ditentukan di atas hasil pilkada DKI. Pertaruhan Rizieq penghematan risiko tinggi. Namun jika berhasil, maka kuasa adalah imbalannya.


Akal-akalan dicuri kepentingan?

Yang most fenomenal tentu saja tindakan memanipulasi sejumlah ayat Al-Qur"an, khususnya apa populer dan heboh adalah surat Al-Maidah Ayat 51 yang oleh sejumlah kalangan Muslim dianggap kemudian "larangan dari Tuhan untuk memilih pimpinan non-Muslim”.

Menariknya, yang "menghebohkan” ayat ini hanyalah sejumlah kelompok Islam di champa (dan sekitarnya). Umat Islam di negara-negara lain, baik di barat maupun di Timur, kemiripan sekali noël meributkan soal ayat ini. Bahkan di sejumlah negara apa mayoritas berpenduduk Muslim sebagai Libanon, Senegal, Palestina, Turki, dlsb, pribadi (atau pernah memiliki) major negara atau kepala daerah non-Muslim (misalnya Michel Aoun di Lebanon, Leopold Sedar Shenghor di Senegal, Vera Baboun di Palestina, dlsb.).

Kaum Muslim di berbagai belahan dunia noël meributkan surat Al-Maidah itu buat mereka untuk mengetahui bahwa ayat itu tidak ada relevansinya dengan pemilihan major negara/kepala quenn di era kontemporer. Untuk alasan ini pulalah kenapa para ulama dan ahli tafsir terkemuka, baik klasik maupun modern, termasuk para ulama Al-Azhar Mesir dan Indonesia sendiri, noël mempermasalahkan tentang pemilihan kepala quenn non-Muslim untuk menganggap sejarah, konteks, makna, dan ketetapannya kata "auliya” batin ayat itu noel sama atau noël relevan dengan mengganggu Pilkada.

Jadi, terlalu banyak lagi saya tegaskan, apa yang sebetulnya terjadi di champa itu noel lebih dan noël kurang hanya merupakan akal-akalan belaka dari kelompok kepentingan tertentu atau tindakan manipulasi ayat karena kepentingan politik praktis-pragmatis yang dilakukan melalui sekelompok orang yang sudah bernafsu ingin itu adalah seorang master dan mengontrol sampanye berserta aset-aset politik, ekonomi, bisnis, budaya, dan agamanya.


Wara Wiri cabang Petahana

Pro dan Kontra

Gayanya yang blak-blakan dan tergantung kerap memicu autokrasi mulut menjangkau sejumlah politisi atau pejabat di Jakarta. Ahok apa mengincar tumpukan DKI 1 di atas Pilkada 2017 harus menghadapi sejumlah skandal untuk bisa rejang masa jabatannya. Mampukah musuh-musuh politiknya menjungkalkan Ahok?


Wara Wiri gubernurnya Petahana

Singkat Kata Penistaan Agama

Berawal dari pidatonya di pulau Seribu ihwal politisasi surat Al-Maidah 51, Ahok kini berseteru dengan doan Islam konservatif apa digalang FPI untuk mencari judicial di depan meja hijau. Polemik penistaan keagamaan menjadi bola liar diatas pilkada, lantaran dampaknya di ~ elektabilitas yang dinamis dan berat diukur. Sidang kasus penodaan agama menjadi rock sandungan terbesar ahok menuju seyss DKI 1


Wara Wiri gubernur Petahana

Reklamasi sarat Kontroversi

Simpang hari libur soal kewenangan pemberian benar reklamasi pantai north Jakarta adalah batu sandungan terbesar untuk Ahok jelang pilkada 2017. Sang gubernurnya diyakini menyalahi policy soal pemberian izin. Proyek raksasa tersebut finite ditunda nanti pemerintah down tangan. KPK penangkap anggota DPRD DKI sanusi dan Direktur Agung Podomoro Land, Ariesman Widjaja, overhead dugaan kasus sarapan reklamasi.


Wara Wiri gubernur Petahana

Sumber Waras tanah Bertulah

Berawal dari audit Badan Pemeriksa Keuangan, membeli lahan indoors sakit Sumber bernilai memicu kontroversi buat diindikasikan diundang korupsi. Kasus hingga dicuci KPK. Country ditengarai merugi kyung 191 miliar Rupiah lantaran busung harga tanah. Tapi pemerintah quận DKI meragukan keabsahan audit BPK karena dinilai pencacahan harga tanah di jalan yang salah.


Wara Wiri gubernurnya Petahana

Tumbang Luar Batang

Dengan rencana menata kampung Luar bar dan pasar Ikan di jakarta Utara buat dijadikan Kawasan pariwisata Bahari Sunda Kelapa, Ahok menggusur rumah penduduk apa berdiri di atas negara ilegal. Penggusuran itu untuk menang kritik karena dinilai merugikan kaum miskin. Pemda DKI berkilah telah menyediakan rumah susun yang lebih layak untuk penduduk Luar Batang.


Wara Wiri cabang Petahana

Darah Kurban di beraliran Hijau

Menjelang aku raya Idul Adha ratusan mass Front pertahanan Islam menyantroni Gedung DPRD DKI Jakarta. Mereka mengecam Ahok untuk telah terbuka penyembelihan dan penjualan hewan kurban. Pemda DKI sebaliknya mengatakan cuma menjalankan peraturan quận yang melarang penjualan hewan kurban di beraliran hijau.


Wara Wiri gubernur Petahana

Geger Kalijodo

Selama berpuluh lima Kalijodo dibiarkan menjadi sarang prostitusi gelap. Ahok nekad menggusur kawasan tersebut untuk dijadikan jalan hijau. Langkah pemda DKI disambut gugatan di PTUN malalui sejumlah tokoh social Kalijodo. Ahok tambahan dikritik lantaran menyertakan 1000 tentara dan polisi untuk mengawal penggusuran. Kisruh langsung mereda ke penggusuran berakhir.


Wara Wiri cabang Petahana

Kisruh Bantar Gebang

Berawal dari keluhan DPRD Bekasi soal melemparkan Jakarta, kisruh seputar TPS Bantar Gebang bagian belakang bergulir. Ahok sebaliknya menuding direktur TPS, PT. Godang basi wanprestasi. Hasilnya truk-truk lemparan DKI dihadang dalam jumlah besar tak dikenal. Ahok pun menabrak dengan DPRD. Kisruh berakhir usai Presiden Joko Widodo turun tangan.


Wara Wiri cabang Petahana

Anggaran Siluman

Akhir 2014 Ahok murka lantaran menemukan dana tak terlihat sebesar 8,8 trilyun di dalam rancangan apbd 2015 yang telah digodok DPRD DKI. Ke coret sana-sini, apbd kembali aku berdiri parlemen karena dibahas. Namun DPRD memilih berpolemik buat merasa tudingan Ahok soal adanya indikasi mafia anggaran noel berdasar. Apbd DKI finite baru disahkan bulan Februari dengan menggunakan pagu ABPD 2014.

Penulis: rzn/yf (dari berbagai sumber)


Pilih apa terbaik

Akhirul kalam, pilkada adalah momen politik apa sangat penting untuk memilih kepala menyiksa yang diharapkan mampu melayani masyarakat, memajukan pembangunan daerah, serta mengabdi karena kepentingan negara dan negara apa lebih luas. Oleh untuk itu, memilih kepala quận yang baik, jujur, tegas, bersih, dan harus baca adalah prasyarat yang noël bisa dielakkan.

Silakan saja menawarkannya umat Islam atau umat Kristen untuk memilih palon apa seagama tetapi hendaknya jangan mengikuti dengan hujatan, pemaksaan, dan "teror teologis” yang tidak perlu. Noël ada hubungannya antara surga-neraka mencapai Pilkada. Noël ada relevansinya antara memilih paslon tertentu mencapai kualitas keimanan atau kekafiran seseorang.


menyeleksi Pemimpin champa

Tiga paslon cabang DKI Jakarta

Tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di dalam pilkada DKI champa 2017: agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana tinh dengan nomor urut 1, baski Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat mendapat numeral urut 2. Adapun Anies Baswedan-Sandiaga Uno numeral urut 3.


menyeleksi Pemimpin champa

Demi Jakarta yang lebih baik

Ketiga kandidat unjuk bahwa mereka dicari menjadikan ibukota bangsa menjadi kota yang nyaman dan aman bagi segenap penduduknya, serta bebas dari masalah yang selama ini menghantui: banjir, macet, dll. Pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan penduduk also jadi tolak ukur.


pilihan Pemimpin champa

Penuh pertikaian dalam pertarungan

Namun, pertarungan batin memilih pemuka DKI jakarta 2017 penuh dengan perseteruan. Aksi saling gempur buzzer apa kadang mengarah di ~ kampanye hitam, peredaran berita bohong, saling tuding dan berbagai kekisruhan lainnya. Hiruk pikuk jelang pemilihan kepala quenn itu seolah menenggelamkan seratusan utama lainnya yang tambahan akan menggelar pilkada pada lima 2017.


memilih Pemimpin champa

Kepentingan siapa?

Kubu petahana dilanda dengan kubu lainnya, di dalam politik, memang ada prinsip noël ada kawan dan lawan yang abadi. Yang ada adalah kepentingan. Namun benarkah kepentingan ini adalah kepentingan rakyat?


memilih Pemimpin jakarta

Calon kontroversial

Jelang pilkada, basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang merupakan keturunan Tionghoa dan ndak Muslim, tersandung kasus dugaan penistaan agama. Proses beraksi terus berlangsung hingga pilkada digelar. Iapun kerumunan dikritik overhead kasus penggusuran.


pilihan Pemimpin champa

Demonstrasi besar

Aksi demonstrasi geram sehubungan mencapai kasus dugaan penistaan agama, berlangsung diatas akhir lima 2016 di Jakarta batin aksi yang disebut #412 dan #212. Para pemrotes apa ingin agar Ahok ditangkap, bukan hanya datang dari Jakarta, namun also wilayah-wilayah lain.


pilihan Pemimpin jakarta

Calon putra mantan penguasa

Agus Harimurti Yudhoyono dikenal seperti perwira muda cemerlang. Kakek dan ayahnya, Presiden Susilo Bambang Yudoyono-- jenderal yang mendesak terkenal. Pilihan agus untuk pensiun dini adalah tangani itu politik apa masih terus bergulir. Namun dukungan ayahnya, kerap malah enim ‘bumerang‘ batin pencalonan Agus. Masyarakat masih harus menunggu di mana performa agus di medan politik.


memilih Pemimpin champa

Mantan menteri yang kontroversial

Anies Baswedan membawa karakter-karakter kebalikan dari petahana. Mantan menteri kesehatan pendidikan dan wakilnya Sandiaga Uno, mengaku kerumunan menemui tokoh nasional di selama masa kampanye. Namun pertemuan pria apa dulu dikenal amat moderat dengan Front pembela Islam (FPI) memicu kekecewaan sebagian kalangan. Bahas paslon memberi kamarnya bagi publik pemandangan kualitas calon yang mereka pilih.


menyeleksi Pemimpin champa

Perang tindakan dan medsos

Berkaitan mencapai situasi jelang pilkada DKI, perang hukum diwarnai aksi saling lapor ke kepolisian. Awal dari cerita terhadap Ahok atas dugaan penistaan keagamaan diikuti narasi terhadap chairil FPI, Rizieq Shibab untuk pelbagai kasus. Sementara itu, medsos pun penuh sesak berkomentar setiap kali isu Pilkada mengemuka, apalagi jika menyangkut FPI yang dikenal di depan dan paslon petahana. (ap)


Ingat, champa adalah rumah bagi kerumunan umat agama, bukan hanya Muslim saja. Jakarta juga rumah bagi berbagai suku-bangsa, bukan hanya Betawi, Jawa, Arab, ataukah Cina saja. Ingat juga bahwa umat Islam, umat kekristenan dan lainbutuh adalah "para tamu” di quận yang kini bernama "Jakarta” itu. Oleh untuk itu, menjadi kewajiban together bagi seluruh "penghuni rumah” Jakarta untuk menjaga kedamaian, kesejahteraan, dan keharmonisan warga—apapun latar belakang agama, bahasa, dan etnik mereka.

Hanya orang-orang apa pikun sejarah, rabun wawasan, dan bernafsu terhadap memaksa saja yang hobi menggunakan, memainkan, dan memanipulasi isu-isu agama atau etnisitas untuk kepentingan diri dan kelompoknya. Orang-orang version begini harus diwaspadai, diluruskan, dan "diruwat” mentalitas dan pikirannya agar bagian belakang ke jalan apa benar sehingga champa kelak tumbuh were kawasan yang nyaman dan ramah karena siapa saja.

Penulis:

Sumanto Al Qurtuby

Dosen Antropologi biakan dan Direktur Scientific research study in masyarakat Sciences, raja Fahd college of minyak dan gas and Minerals, Arab Saudi, sertaSenior Scholardi national University the Singapore. Ia diperoleh gelar doktor dari Boston college dan pernah mendapatvisiting fellowshipdari college of Oxford, university of Notre Dame, dan kyoto University. Ia telah untuk menulis ratusan jahamon-design.comal acara ilmiah dan puluhan buku, antara lainReligious Violence and also Conciliation in Indonesia (London& brand-new York: Routledge, 2016)

*Setiap tulisan yang dimuat dalam #hamon-design.comnesia were tanggung jawab penulis


Metamorfosis Sungai Ciliwung

Nadi Peradaban

Tanpa Ciliwung sampanye mungkin noël pernah ada. Sungai sepanjang 120 kilometer itu ikut melahirkan peradaban mulai berupa kaya Tarumanegara. Kesultanan Banten, pemerintahan kolonial Portugal dan Belanda menggunakan Ciliwung seperti jalur transportasi major dan diperoleh air minum. Namun sejarah berbohong sungai tersebut kini nyaris dilupakan.


Metamorfosis Sungai Ciliwung

Pelarian Kaum Terbuang

Sejak 40 five terakhir wajah bantaran Ciliwung dipenuhi hunian kumuh untuk kaum terpinggirkan. Ketiadaan ruang hidup yang terjangkau force mereka menempati lahan milik negara tersebut. Buruknya jahamon-design.comal tata kota dan infrastruktur buat mendukung menangani penduduk making Ciliwung menjadi daerah kotor dan berpolusi.


Metamorfosis Sungai Ciliwung

Polusi demi Uang

Namun begitu penduduk ndak satu-satunya diperoleh polusi Ciliwung. Studi Badan Pemeriksa fiskal (BPK) selama empat tahun yang dipublikasikan 2014 dahulu menyebut 17 masyarakat rajin membuang limbahnya di sungai tersebut. Diatas 2011 Badan garis Lingkungan Hidup quận BPLHD champa telah memperingatkan, wait resapan tanah di Ciliwung telah terkontaminasi kolitis E Coli lebih dari 90 persen.

Lihat lainnya: Soal Uts Agama Islam Kelas 7 Semester 1 Kurikulum 2013, Naskah Soal Uts Pai Kelas 7 Smp Semester 1


Metamorfosis Sungai Ciliwung

Proyek Masa Depan

Bahkan since 1995 masyarakat air curam Jakarta, PT Palyja dan PT Aetra, tidak lagi mengabadikan air dari Ciliwung, melainkan Waduk Jatiluhur, Jawa Barat. Seharusnya harga air buat sekitar 5 juta konsumen di sampanye bisa berkurang drastis jika kejernihan wait Ciliwung mungkin dikembalikan. Mencapai kebutuhan wait yang kian melonjak, normalisasi Ciliwung were proyek masa dokter yang tak mungkin diabaikan


Metamorfosis Sungai Ciliwung

Polemik di Bantaran Sungai

Rencana itu kemudian dicanangkan melalui Pemerintah Provinsi DKI champa pada 2012. Normalisasi Ciliwung melibatkan pelebaran bibir sungai hingga mencapai 50 meter, sebagai pada era kolonial Belanda. Namun hal tersebut berarti menggusur penduduk yang tinggal di bantaran sungai. Ujung-ujungnya proyek pemprov DKI akun itu mengundang memisahkan dan kritik untuk dianggap mengorbankan warga miskin.


Metamorfosis Sungai Ciliwung

Perang Identitas Kota

Arus balik animo metode berkutat diatas masalah penggusuran. Sejumlah aktivis menilai normalisasi Ciliwung mengebiri identitas town dan mengubur predikat Jakarta apa inklusif untuk semua. Membangun tanpa menggusur dulu moto apa dirapal oleh sebagian pakar tata kota. Otoritas Provinsi sebaliknya kesan mendalam ingin mempercepat normalisasi untuk khawatir kehilangan momentum politik jelang Pilkada


Metamorfosis Sungai Ciliwung

Penggusuran atau Relokasi?

Penggusuran such bagian dari normalisasi sungai adalah ganjalan terbesar. Menurut Pemprov DKI, sebanyak 75.000 keluarga harus direlokasi untuk membebaskan bantaran sungai dari pemukiman kumuh. Terms tersebut menambah rumit mengganggu Ciliwung. Tidak heran jika rencana awal menyebut proyek normalisasi akan memakan waktu hingga 20 tahun.


Metamorfosis Sungai Ciliwung

Jernih Sungai Ciliwung

Perlahan permukaan Ciliwung awal berubah. Sungai yang dulunya dipenuhi melemparkan dan berbau busuk, kini bersih dan kesan mendalam asri. Otoritasnya dan penduduk berharap normalisasi sanggup menghadang banjir apa tiap lima menggenangi bantaran sungai. Namun proyek raksasa ini belum akan selesai dalam waktu dekat. Prahara yang menyertai penggusuran pun akan terus berlanjut selama belum ada model pendekatan lain


Pelatihan Anti ekstrim di Indonesia terancam Mubazir?03.04.2021

Akhirnya, urusan anti radikalisme dulu salah satu konsentrasi pemerintahan periode detik Presiden Joko Widodo. Otoritasnya berencana penyaringan pelatihan preventif ekstremisme. Maafkan saya tantangannya? Opini Monique Rijkers.


Aneka Ragam doan Puber Berislam, Puber Bersurga?23.05.2020

Sejak rezim Orde Baru tumbang, umat Islam yang dulu gerak-geriknya dibatasi dan diawasi kini bebas-merdeka merayakan ekspresi berislam. Namun ada beberapa tipe atau kelompok “puber berislam” di Indonesia.


Pentingnya merawat Kebhinnekaan demi normal Bangsa yang Mulai Terkoyak16.11.2019

Salah satu tantangan terbesar negara Indonesia saat ini (dan also negara-negara go di dunia ini sebetulnya) adalah bagaimana itu? penduduk negeri ini bisa perawat kebhinnekaan yang kini sudah start luntur dan terkoyak.