*

hamon-design.com – Jembatan lengkung bentang singa (longspan) di Kuningan itu dulu jembatan lengkung terpanjang di dunia. Longspan kuningan di atas proyek LRT Jabodebek telah selesai pengolahan pengecoran dan sepenuhnya tersambung.

Long expectations ini mendapat pujian dari Presiden Joko Widodo, pujian akun itu Ia sampaikan batin akun Instagramnya.

Anda sedang menonton: Jembatan lengkung panjang yang pernah dibuat adalah jembatan

Jokowi kagum menjangkau konstruksi lengthy span apa melayang di ~ flyover dengan bentuk melengkung sepanjang 148 meter mencapai radius lengkung 115 meter.

Orang angka 1 di RI itu dipuji habis-habisan insinyur yang merancang long expectations tersebut. Dia adalah seorang wanita yang bernama Arvila Delitriana, yangs sering disapa mencapai Dina.

Bersyukur, just itu kata yang diucapkan Arvilla Delitriana saat ditanya bagaimana rasanya karyanya menuai membanjiri pujian. Pujian-pujian itu kelewat datang dari para menkes hingga Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Karya apa dimaksud adalah proyek jembatan lengkung bentang berbohong (longspan) di Kuningan, jakarta Selatan pada proyek LRT Jabodebek. Konstruksi longspan ini melayang diatas flyover dan tol dalam town dengan bentuk melengkung sepanjang 148 meter dengan radius lengkung 115 meter.

Saat pembangunan longspan apa berada di Kuningan akun itu memang tampan menyedot heed dari pengendara apa melintas di jalan Gatot Subroto. Periode lengkungnya benar berada diatas jalan layang dan noël ada pilar atau pier di tengahnya, sehingga membuat pengendara yang melintas saya baik-baik saja khawatir.

Saat mengolahnya pembangunan longspan ini memang harus dilakukan at sight hati-hati. Sebab menanggung terdapat beberapa ruas jalan implisit jalan tol.

Dina sendiri acibe sudah pribadi hubungan baik dengan PT Adhi Karya (Persero) Tbk yang menggarap proyek LRT Jabodebek. Perusahaannya tempatnya bekerja PT Cipta Graha selama-lamanya sering digunakan jasanya oleh Adhi Karya.

Meski begitu, Dina harus melewati proses kontes dengan 3 desainer jembatan dari Perancis. Akhirnya dia berhasil mengalahkan 3 desain menasihati asing itu.

Menurut Dina jika titik jembatan itu menggunakan pier di tengahnya ini adalah sangat berat dilakukan. Sebab terdesak terdapat jalan layang apa membentang rapat dan terbilang lebar. Diare bisa, harus benefit teknologi super lanjutan dengan nilai yang dingin besar.

Dina yakin dengan cara desain apa dia buat, sebab sebelumnya dia pernah mendesain cara layang TransJakarta di Adam Malik mencapai bentuk melengkung. Just saja lebih pendek, yakni 128 meter.

Diremehkan Para menasihati Asing
*

Dina teringat ketika duluan kali datang bawa rancangannya dalam rapat. Saat itu dia diremehkan melalui para penasihat asing sebagai konsultan dari Prancis, Systra.

Banyak pihak memandang bahwa saat ini jembatan longspan melengkung dengan panjang 148 meter belum pernah ada di Dunia. Oleh untuk itu jembatan longspan Kuningan were jembatan lengkung terpanjang di dunia. Dina sendiri pernah making desain longspan sepanjang 180 meter di Perawang, Riau namun formatnya lurus.

Menurutnya proses since dia profil desain hingga terbatas pengerjaan dimulai diperlukan waktu hingga dua tahun. Sebab selain harus menghadapi para konsultan, Dina tambahan harus mendapatkan sertifikasi layak desain dari KKJTJ (Komite diversitas Jembatan dan Terowongan Jalan).

Konstruksi long span ini melayang di ~ jalan layang mencapai bentuk melengkung sepanjang 148 meter mencapai radius lengkung 115 meter tidak punya tiang pier. Beton yang tangan kedua seberat 9.688,8 selang dan besinya berat 2.929,7 ton. Sementara metode yang digunakan adalah concentration box grider balance cantiviler.

Jembatan ini menyabet dua rekor MURI, yakni Jembatan Kereta box Beton Lengkung mencapai Bentang terpanjang di Indonesia dan Rekor Pengujian Axial static Loading Test pada Pondasi bored Pile dengan beban terbesar di Indonesia.

Dina mengakui saat bangunan jembatan itu patuh dihantui kekhawatiran. Terang saja, konstruksinya benar di overhead jalan layang lebar yang di tengahnya terdapat cara tol. Satu benda kecil jatuh bisa membahayakan arus kendaraan di bawahnya.

Dina mengibaratkan berhubungan dengan saat merancang jembatan. Dia harus selalu berhati-hati dan merawat kandungannya agar bisa lahir mencapai sehat.

Dina sendiri sebenarnya sudah membangun puluhan jembatan darimana 2001. Setiap orang proyek apa digarapnya diperlakukan kemiripannya dan berkesan sama.

Beberapa karya jembatannya di antaranya Jembatan Kali-Kuto Semarang, Jembatan Layang Kereta api Medan, Jembatan Layang Bus method DKI Adam Malik, Interchange Solo-Kertosono, Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah, Jembatan Cable remain Pasupati, Jembatan Perawang, Jembatan musei Banyuasin, Jembatan Tol Semarang-Solo, Jembatan Banyumanik II, Jembatan Gedawang, Jembatan Lemah Ireng dan lainnya.

Lihat lainnya: Sinopsis Mohabbatein 20 September 2016, Yeh Hai Mohabbatein

Dina saat ini juga tengah menggarap proyek jembatan LRT di Dukuh Atas. Selain itu ada tambahan calon mahakaryanya apa tengah di garap yang berada di lokasi Ibu kota Negara apa baru nantinya.