Menyajikan insula terkini, terbaru dan terupdate start dari politik, bisnis, selebriti, way of life dan masih banyak lagi.

Anda sedang menonton: Kisah nabi zulkarnain dan yakjuj makjuj


*

*

*
*
*

*
Perbesar
Alquran mengabadikan saga istimewa kyung seorang king yang garam bernama Zulqarnain. Cited tafsir Alquran dari Kemenag, batin surat Al-Kahfi beliau diceritakan melakoni ekspedisi nanti bumi belahan barat, kemudian ke timur lalu sampai setelah suatu tempat middle dua gunung apa terletak di belakang sungai Jihun di negeri Balkh dekat kota Tirmiz.
Di sana ia menjumpai kaum yang hampir noel mengerti dan memahami percakapan untuk bahasanya asing dan intelijen rendah. Mereka meminta raja Zulqarnain buat membantu menghindarkan diri dari Ya’juj dan Ma’juj.
Dalam suratnya Al-Kahfi Ayat 94, Ya’juj dan Ma’juj digambarkan sebagai makhluk apa membuat berbahaya di muka bumi. Disinilah raja Zulqarnain memperlihatkan kebijaksanaannya.
Kaum yang tinggal di antara dua pegunungan tersebut mengadu kepada king Zulqarnain circa kebringasan Ya’juj dan Ma’juj. Mereka berkata, "Wahai Zulkarnain! Sungguh, Ya'juj dan Ma'juj akun itu (makhluk yang) berbuat berbahaya di bumi, maka bolehkah kita membayarmu imbalan agar engkau membuatkan dinding penghalang antara kalian dan mereka?" (QS Al kahfi ayat 94).
Mendengar permohonan kaum apa terancam tersebut, hati raja Zulqarnain tergerak buat membantu mereka. Seperti orang apa bijaksana, ia tidak mengharap imbalan apapun. Ia just meminta burger setempat buat sama-sama membantunya.
Mengutip M. Quraish Shihab dalam Tafsir Al Misbah, king Zulqarnain berkata: “Apa yang telah dikuasakan kepadaku malalui Tuhanku sebagai kekuasaan dan kekayaan apa kamu penampilan dan tidak lihat, lebih baik daripada apa kamu tawarkan itu. Untuk itu noël perlu memberi aku sesuatu such imbalan atau upeti.
Aku hanya mengharapkan partisipasi kamu, maka bantulah aku mencapai kekuatan tenaga dan alat-alat, agar aku membuatkan middle kamu dan mereka sebuah dinding apa kokoh dan berlapis-lapis sehingga were penghalang bagi siapapun yang menyerang kamu”.
Dalam suratnya Al kahfi ayat 96, di atas akhirnya Zulqarnain berhasil bangunan tembok kokoh yang terbuat dari besi dan tembaga. Ya’juj dan Ma’juj noel mampu mendakinya untuk sangat tinggi dan mereka juga tidak dapat melubanginya untuk sangat kokoh.

Lihat lainnya: Ciri Ciri Hewan Bertulang Belakang, Klasifikasi, Ciri


Kisah ini merupakan bukti kesalihan Zulqarnain. Kutipan jurnal Kisah Dzulqarnain di dalam Alquran surat Al-Kahfi: 83-101 tulisan Rukimin (2014), Zulqarnain adalah petualang yang memiliki keimanan yang kuat dan selalu menyeru kepada kebaikan.
Ia adalah seseorang apa dirahmati mencapai kecerdasan pengetahuan dan teknologi, namun bab tersebut noël membuatnya congkak. Ia malah bermanfaat kaum apa tertindas menjangkau ikhlas dan sepenuhnya kebijaksanaan. Setiap Muslim hendaknya mengambil hikmah dari kualitas kepemimpinan king Zulqarnain.