Tentu ndak hal apa mudah untuk memilih lagu yang layak dinobatkan seperti lagu terbaik Iwan Fals sepanjang masa. Dan sampai hari ini, para penggemar Iwan Fals noël akan ada yang bisa angklung dengan pasti lagu apa yang pantas dan dignified menduduki rangking pertama lagu terbaik yang pernah diciptakan Pak Tanto.

Anda sedang menonton: Lagu lagu terbaik iwan fals

‪Hampir seluruh lagu-lagu di era beranjak 1970-an sampai mulai 1990-an luaran tempat tersendiri di trần jutaan penggemar Iwan Fals baik apa fanatik, radikal, baris miring, agak waras dan benar-benar waras. Maklum, penggemar bang Iwan di Indonesia berasal dari berbagai kalangan, dari anak-anak, rakyat dewasa, sampai mereka yang sudah bau tanah.

‪Sebagai penggemar yang sangat mengagumi sosok beliau, saya noel bisa tegas menyebut bahwa misalnya, lagu belum Ada titah lebih baik dari songs Ibu. Atau songs Pesawat Tempurku lebih baik daripada lagu apa terlupakan.

Sengaja saya nobatkan belum Ada titah di rating pertama noel lain karena lagu yang just diiringi gerbang kutipan dan harmonika ini adalah lagu-lagu favorit saya yang paling sering saya nyanyikan. Kemudian ada kekuatan magis di di dalam lagu yang bertutur circa persahabatan.

‪Berikut 50 lagu terbaik Iwan Fals (menurut saya)

Belum Ada Judul

Lagu yang hanya diiringi gerbang kutipan gitar akustik dan harmonika ini menceritakan pahit getirnya perjalanan dua sahabat. Belum ada titudit adalah sebuah masterpiece disamping lagu kritis dan lagu-lagu populer Iwan Fals apa begitu akrab di telinga sosial Indonesia. Jika Anda hanya mengetahui lagu-lagu populer Iwan Fals tapi noel pernah mendengar lagu-lagu ini, maka dari mereka termasuk golongan orang-orang apa merugi.

Ibu

John Lennon dan Paul McCartney sepertinya harus belajar membuat syair kemudian Iwan Fals. Mother atau Let it Be? Lewaaaaaat……..

Yang Terlupakan

Yang terlupakan adalah songs favorit saya sepanjang masa. Songs ini pertamakali muncul diatas album Sarjana bocah pada 1981 dengan nuansa ballads, dan dirilis back pada album Mata ketuhanan (1989) mencapai gaya apa lebih ngerock. Sosok apa pertama kali mengenalkan lagu ini adalah bapak saya sendiri.

Pesawat Tempur

Lagu ini were salah satu cikal bakal Iwan Fals masuk ke musik rock. Bimbim Slank pernah memuji kejeniusan Iwan Fals di dalam mengolah teks di batin lagu ini. Lanjut itu, pesawat terbang Tempurku memang asyik buat sentuhan batu n roll apa cukup kental.

Guru Umar Bakrie

Umar Bakrie begitu identik mencapai sosok Iwan Fals. Lagu ini menjadi kunci sukses Iwan Fals di mulailah karirnya.

Bongkar (Swami, 1990)‬

Majalah Rolling batu menobatkan Bongkar such lagu terbaik sepanjang masa. Lagu-lagu ini diakui kemudian gerakan lagu-lagu protes terbaik apa pernah diciptakan pemusik Indonesia. Rolling tidak hadir memuji, “Iwan Fals dan Sawung Jabo menyertainya sejajar dengan duet john Lennon Paul McCartney dan oriole Jagger Keith Richard”.

Sumbang, (Sumbang,83)‬

Meski masih terkesan malu-malu, namun cita rasA batu mulai terasa di songs ini. Siapa lagi kalau bukan untuk campur groep Ian Antono sang legenda rock Indonesia. Lirik lagu ini begitu sharp dan lugas. Diantara deretan lagu yang pernah diciptakan Bang Iwan, Sumbang tersirat lagu apa spesial.

Lihat lainnya: Umur Berapa Kelinci Bisa Hamil ? Ini Jawaban Lengkapnya Berapa Lama Kelinci Hamil

‪Sarjana Muda, (Sarjana Muda, 81)‬

Pahit getir bepergian seorang sarjana saat search pekerjaan tergambar jernih di lagu ini. The finest lah, pokoknya!

‪Isi rimba Tak Ada tempat Berpijak Lagi, (Opini, 82)‬

Ketika Bang Iwan penyaringan konser “kecil” di lapangan Murjani Banjarbaru Kalimantan Selatan, beliau mengungkapkan bahwa songs ini memang spesialisasi ia untuk untuk Kalimantan Selatan. Pada mulai 1980-an, hutan-hutan di Kalimantan digunduli tanpa ampun. Kerusuhan seorang Iwan Fals mendesak nyata terlihat di songs ini.

Pulang Kerja, (Cikal, 91)‬

Pulang Kerja noël termasuk deretan songs populer Iwan Fals. Lagu-lagu ini juga tidak pernah dimasukkan usai dalam album finest of the best. Tapi bagi saya, lagu ini amatlah istimewa. Saya seperti menemukan sesuatu apa berbeda dari lagu ini. Apalagi lirik lagunya, wuiiih…

‪11.Cikal (Cikal,91)12.Galang Rambu Anarki (Opini,82)13.Lagu Satu (Hijau,93)14.Ethiopia (Ethiopia,84)15.Nak (1910, 88)16.Buku Ini Aku Pinjam (1910, 88)17.Ada lainnya Yang sekarat (1910, 88)18.Air Mata api (Mata Dewa, 89)19.22 Januari (Sarjana Muda, 81)20.Belalang Tua‬ (Suara Hati, 2002)

‪21.Tikus-tikus Kantor22.Jangan Bicara23.Hadapi Saja24.Ujung Aspal pondok Gede25.Tolong mendengarkan Tuhan26.Tak Biru Lautku27.Bangunlah Putra Putri Pertiwi28.Do’a Pengobral Dosa29.Serdadu30.Semoga Kau Tak tunarungu Tuhan‬

‪31.Siang Seberang Istana32.Lonteku33.Perempuan Malam34.Sugali35.Imitasi36.Frustasi37.Obat Awet Muda38.Mereka Ada Dijalan39.Puing i & daftar II40.Panggilan Dari Gunung‬

‪41.Kereta Tiba pukul Berapa42.Satu-satu43.Asik Nggak Asik44.Manusia Setengah Dewa45.Negeri Kaya46.Katanya47.Si Putri dan Si Fulan48.Intermezzo49.CIK50.Sore Tugu Pancoran‬