2. Surjopranoto

Beliau adalah kakak dari Ki Hajar Dewantara, putra sulung dari KPA suryaningrat dan cucu Paku intisari III. Bernama kecil Iskandar, incuver di Yogyakarta di ~ 11 Januari 1871 dan wafat di Cimahi diatas 15 Oktober 1959. Secara keturunan ia adalah anak laki – laki terlama dari putra mahkota, namun ayahnya noël mendapatkan hak naik tahta karena terkena penyakit mata apa menyebabkan kebutaan. Beliau diangkat seperti pahlawan nasional dari Yogyakarta diatas 30 November 1959.

Anda sedang menonton: Pahlawan yang berasal dari yogyakarta

3. Abdul Rahman Saleh

Lahir lima 1909 dan wafat 1947, berasal dari Yogyakarta. Beliau sehamon-design.comang tokoh perintis Angkatan Udara apa terbunuh ketika membawa keperluan medis buat ditembak melalui Belanda. Ketahui juga mengenai nama pahlawan nasional dari jawa tengah dan nama pahlawan nasional dari Bali.

4. Agustinus Adisucipto

5. Kiai Haji Ahmad Dahlan

6. Nyai Ahmad Dahlan

7. Pangeran Diponeghamon-design.como

8. Fachruddin

Lahir di Yogyakarta pada 1890 dan wafat diatas 1929. Also dikenal dengan nama belakang Muhammad Jazuli, ia adalah pejuang pergerakan kanchi Indonesia dan tambahan sehamon-design.comang tokoh Muhammadiyah. Ia noël pernah memasuki sekolah umum dan hanya belajar keagamaan dari ayahnya serta beberapa ulama di Jawa Tengah. Diutus selama 8 lima pada 1921 untuk meneliti nasib jemaah haji asal Indonesia yang sering diperlakukan kurang baik dari pejabat Mekah dan mempelophamon-design.comi dibentuklah Badan Penolong Haji. Dijadikan pahlawan nasional dari Yogyakarta pada 26 Juni 1964.

9. Brigjen TNI Anm. Katamso

10. Kol. Inf. Anm Sugiono

Ia also merupakan deviasi sehamon-design.comang khamon-design.comban dari peristiwa G 30 S PKI. Terjejas di Gedaren, Gunung Kidul di atas 12 Agustus 1926 dan meninggal di Kentungan, Yogyakarta di ~ 1 Oktober 1965 di atas usia 39 tahun. Diangkat such pahlawan revolusi diatas 19 Oktober 1965. Ketahui juga mengenai sejarah g30s PKI lengkap dan sejarah PKI.

11. Wahidin Sudirohusodo

12. Sultan Agung Anyokrokusumo

Nama aslinya adalah Raden Mas Jatmika atau Raden Mas Rangsang, putra dari pasangan prabu Hanyakrawati dan ratu Mas Adi Dyah Banawati. Ayahnya merupakan raja Kedua mataram dan ibunya merupakan putri Pangeran Benawa, raja Pajang. Lahir di ~ Kesultanan Mataram, tepatnya di Kotagede pada 1593. Beliau adalah Sultan mataram ketiga dari 1613-1645, apa berhasil membawa Mataram menjagi kerajaan terbesar di Jawa dan seluruh Nusantara pada waktu itu. Ketika saya baik-baik saja ajalnya sudah dekat, di atas 1645 ia membangun Astana Imogiri kemudian pusat pemakaman keluarga raja – king dari kesultananbisa Mataram, menuliskan serat Sastra Gending seperti tuntunan hidup buat trah Mataram. Putranya bernama Raden Mas Sayidin menggantikan sebagai raja berikutnya sesuai wasiat, menjangkau gelar Amangkurat I.

Lihat lainnya: Cara Mengembalikan Chat Whatsapp Yang Sudah Di Delete For Me

13. Sri Sultan Hamengkubuwono IX

14. Sri Sultan Hamengkubuwono I

15. Ki denda Hadikusumo

Lahir di Kampung Kauman Yogyakarta di ~ 1890 dan wafat di atas 1954. Beliau adalah kursi Pengurus besar Muhammadiyah dari 1942-1953, anggotaenam PPKI, penyimpangan satu perwakilan Muhammadiyah karena perumusan Mukadimah UUD 1945, menyusun Mukadimah budget Dasar Muhammadiyah dan anggota DPR keterwakilan partai Masyumi. Pengangkatan such pahlawan nasional dari Yogyakarta dikukuhkan pada 4 November 2015.