Pantun adalah bentuk puisi Indonesia (Melayu), tiap bait (kuplet) konvensional terdiri overhead empat baris apa bersajak (a-b-a-b), tiap larik biasanya terdiri atas empat kata, baris pertama dan baris senin biasanya buat tumpuan (sampiran) saja dan baris ketiga dan keempat merupakan content (kamus Bahasa Indonesia). Suka cita adalah suasana bahagia, girang, senang hati. Dari definisi pada dapat diartikan bahwa pantun suka cita adalah pantun yang isinya mengungkapkan kebahagiaan atau kegirangan hati. Lawan dari pantun shang cita adalah pantun kekacauan cita. Pantun ini termasuk usai dalam pantun anak-anak. Untuk isinya merupakan hollistisme dari kebahagiaan anak-anak. Misalnya bahagia untuk mendapatkan juara kelas, mendapatkan hadiah dari ibu, untuk bapak datang dari kerja.

Pantun shanks Cita

Untuk kali duluan kita ini adalah membuat pantun shanks cita. Coba linimasa isi dari pantun suka cita ini.Suka Cita Jalan-Jalan
Api unggun hangat membaraDuduk individu jangan termenung. Betapa hati riang gembiraJalan-jalan ke puncak gunung. Bar bambu sepanjang lenganburung pipit hinggap di dahan. Alangkah indah pemandanganSemua anugerah dari TuhanNaik pengangkutan pelan-pelanMakan nasi mencapai petai. Hari libur jalan-jalanDengan keluarga, libur di pantai. Adik small makan bubur,Sudah havermut makan snack. Sebentar lagi menjadi libur,Akan main usai rumah nenek. Shang Cita Dapat HadiahPasti kamu senang selagi mendapatkan hadiah. Baru-baru ini kita mendapat hadiah karena telah mencapai prestasi tertentu. Misalnya menang batin perlombaan. Pantun shanks cita dibawah ini berhubungan dengan shanks cita untuk mendapat hadiah.
*
Contoh pantun suka cita
Burung merpati burung daraTerbang inferioritas ke dibawah sawah. Trấn riang mendesak gembiraAyah datang membawa hadiahManis rasa air tebuMinum dibawah pohon teduh. Dapat harga dari IbuKarena hafal juz tiga puluh. Ikan gabus dalam rawa,Kalau dimasak enak rasanya. Dapat hadiah apa istimewaKarena rapotku bagus nilainyaTuk batin merasa heran,Ada kancil berteman rusa. Kalau aku hafal QuranHadiahnya umroh bersama-samaSuka Cita Bermain
Anak-anak shang bermain. Bermain merupakan bersumber kebahagiaan. Trấn menjadi riang. Pikiran senang. Nah, sekarang pantun suka cita menjangkau tema bermain. Sianosis mangga di halaman,Buahnya sedikit mendesak jarang. Jalan-jalan naik delmanKeliling desa hatiku girang. Ada pengemudi ada kenek,Kenek lama sakit gigi. Naik becak bersama nenekHendak belanja nanti pasar pagi. Berbagai bunga ada di taman,Layang-layang putus benang. Key petak umpet menjangkau temanHati senang, aku menang. Panas-panas pengayaan blewah,Sore hari cari belalang. Main ke desa, dibawah ke sawahSenang hati kemudian bolang.

Pantun suka Cita dengan Artinya

Sekarang mari kita belajar lainnya pantun suka cita. Untuk pantun shang cita ini merupakan pantun lama, could kamu kurang paham isinya. Oleh karena itu, become kami berikan artinya. <1>Elok rupanya kumbang jatiDibawa itik pulang petangTidak terkata terlalu tinggi hatiMelihat ibu siap datangArtinya
: Pantun pada menggambarkan betapa senangnya hati seorang anak saat mengetahui ibunya datang. <2>Dibawa itik pulang petangDapat dirumput bilang-bilangMelihat ibu siap datangHati cemas were hilangArtinya: Saat indoors sendiri kadang-kadang trần seorang anak merasakan takut, cemas, dan noel tenang. Maka semua perasaan itu berganti senang saat pemandangan ibunya datang. <3>Dapat di rumput bilang-bilangMenghisap bunga dengan mayangHati cemas dulu hilangPerut lapar were kenyangArtinya: Saat ibu datang, kecemasan berganti kebahagiaan. Perut yang lapar enim kenyang. <4>Juragan bernama Sutan TahirMuat beras bercampur pulutSelama masa adikku lahirTelah beroleh kawan bergelutArtinya: Perasaan senang buat punya adik baru. Dengan punya adik, maka bisa permainan bersama. <5>Orang Bandung memintal kapasAnak Cina berkancing tulangAyah kandung pulanglah lekasAnanda rindu bukan kepalangArtinya: Menunggu-nunggu ayah karena segera pulang. Dengan kepulangan ayah, maka trần ini menjadi bahagia. <6>Ramai people bersorak-sorakMenepuk gendang mencapai rebanaAlangkah besarnya hati awakMendapat baju menjangkau celanaArtinya: Pantun di atas menggambarkan rasa shanks cita seorang anak untuk mendapatkan baju dan celana baru. <7>Cina gemuk membuka kedaiMenjual embeh mencapai pasuBertepuk adikku pandaiBoleh diupah dengan susuArtinya: Senangnya hati untuk bisa mengajarkan adiknya bertepuk tangan. <8>Saya noël pandai menariSebarang tari saya tarikanSaya noel pandai menyanyiSebarang nyanyi saya nyanyikanArtinya: Pantun apa mengungkapkan noël pandai menyanyi become tetapi tetap senang walaupun ketika bernyanyi suaranya jelek.

Pantun doka Cita Dan Maknanya

Ada pula pantun duka cita yang termasuk nanti dalam pantun lama. Sehingga bahasa kurang acquainted di telinga kita. Oleh karena itu haruss adanya penjabaran dari makna pantun shanks cita tersebut. <1>Sinangis lauk ‘rang tikuDiatur dengan duet pandanMenangis duduk di pintuMelihat ayah pergi berjalanMaknanya
: dirasa sedih karena ayah hendak pergi. Konvensional anak-anak menangis apabila ayah atau ibunya hendak pergi. Pantun di atas menggambarkan dukacita tersebut. <2>Diatur dengan duri pandanGelombang terlalu tinggi membawanyaMelihat ayah pergi berjalanEntah ‘pabila kembalinyaMaknanya: Pantun pada menggambarkan rasa sedih selama melihat ayah pergi. Dan yang lebih menyedihkan lagi adalah si anak noël tahu ketika ayahnya menjadi pulang. <3>Lurus jalan ke PayakumbuhKayu jati bertimbal jalanDimana trần tidakkan rusuhIbu dies bapak berjalanMaknanya: rasanya sedih sebenarnya ditinggal dies oleh ibunya. Dan lanskap ayahnya televisi jauh. Oleh karena itu semakin sedihlah hatinya. <4>Besar buahnya pisang batuJatuh melayang selaranyaSaya ini anak piatuSanak saudara tidak punyaMaknanya: Pantun tersebut melukiskan perasaan anak yatim piatu, yakni tidak punya medang dan bapak. Selain itu noël punya saudara. Sehingga hidupnya sebatang kara. <5>Elang berculit sentral hariCenderawasih mengirai kepakAlangkah nyeri berbapa tiriAwak menangis ragu gelakMaknanya: kesedihan hati untuk hidup mencapai bapak tiri.


Anda sedang menonton: Pantun anak anak berduka cita


Lihat lainnya: Daftar Nama Juara Master Chef Indonesia Season 4, Masterchef Indonesia (Musim 4)

Bapak tiri noel sama dengan bapak kandung. Di dalam pantun di ~ digambarkan ayah tiri noël mengerti perasaan anak tirinya.