20 Oktober 1936 van Der Wijck saya tenggelam di terlalu banyak air Lamongan.. Ironis, banyak apa tak hirau dengan kematian tragis di terbalik tenggelamnya kapal mewah itu
*
lihat foto
*

*

KKN murid Unesa di Kabupaten Madiun: Berbagi Masker karena Lansia hingga Penyemprotan Disinfektan

Reportase : Rintahani Johan PradanaMahasiswa Pascasarjana universitas Negeri Malang fb.com/joe pradana

PENA hamaka sungguh ajaib, menghidupkan kembali peristiwa tenggelamnya Kapal valve Der Wijck, dalam balutan roman inn lewat sosok Hayati dan Zainuddin. Selepas menarik tetap dari pelabuhan hamon-design.com, Kapal van Der Wijck apa ditumpangi Hayati karam.

Anda sedang menonton: Penyebab tenggelamnya kapal van der wijck

Sayang ribu sayang, Hayati yang were korban di dalam tragedi tenggelamnya Kapal van Der Wijck, menyisakan kekacauan mendalam bagi Zainuddin.


Kisah ini hanya roman rekaan Hamka, tetapi tenggelamnya Kapal van Der Wicjk sejati adanya. Valve Der Wicjk karam di dalam perjalanan persimpangan Semarang pada 20 Oktober 1936, di stasiun air Lamongan. Jumlah muatan apa melebihi batas normal memuat kapal, disinyalir were penyebabnya. Noël disebutkan secara pasti jumlah korban dalam tragedi van Der Wijck ini. Kabar dari memberitahukan DeTelegraaf, 22 Oktober 1936 memberitakan, 22 rakyat diperkirakan hilang.

Van Der Wijck merupakan kapal mewah pada masanya. Membuat oleh MaatschappijFijenoord, di Rotterdam, Belanda di atas 1921.Julukan de meeuw atau the seagull, melekat di atas kapal apa memiliki memuat tonase 2.596 volume dengan broad kapal 13,5 meter, untuk terlihat begitu tenang dan anggun.

“Tidak banyak apa tahu kisahnya, apalagi data sejarahnya juga minim. Tahunya just di Brondong pernah ada kapal Belanda tenggelam,” ungkap agus Nur Buchori, roti isi daging Desa Paciran.

Meski telah dibangun tugu peringatan mencapai dua prasasti yang terletak tak jauh dari TPIBrondong, Kabupaten Lamongan, nyatanya belum mampu menggugah kepedulian sosial terhadap kematian sejarah di baliknya. Prasasti itu terasing di dalam riuh aktivitas tangkap ikan dan ramainya straße Daendels.

Memori Kemanusiaan

Tragedi kemanusiaan ini telah memupus terms serba pelik apa ada middle dua bangsa, Indonesia dan Belanda tentu saja itu. “Sebagai rasa bertubi atas kesediaan roti isi daging Brondong dalam membantu evakuasi, sehingga noel jatuh kawanan korban, bangunan ini didirikan pemerintah Belanda,” imbuh agus Nur Buchori.


Bangunan setinggi kurang lebih lima meter tersebut berada di area bureau Pelni. Di ~ salah satu sisi prasasti dituliskan, bangunan tersebut merupakan tugu peringatan apa dipersembahkan kepada para penolong sewaktu Kapal van Der Wijck tenggelam di atas 19-20 Oktober 1936. Pada sisi lain, disebutkan nama Martinus Jacobus Uytermerk sebagai radioman di Kapal valve Der Wijck.

Kisah ini seolah tenggelam dalam riuh dan popularitas roman karya Hamka. “Ke dore pemerintah haruss peduli dan berkenan rujukan situs-situs historia lokalnya agar bisa ~ melengkapi khasanah historia nasional,” harap agus Nur Buchori.

Lihat lainnya: Lirik Lagu Katakanlah Sekarang Bahwa Kau Tak Bahagia, Download Lagu Armada Asal Kau Bahagia

Tak dimungkiri, masih banyak peristiwa sejarah dipum yang menghadirkan saga menarik untuk diulas.