hamon-design.com, sampanye - pulau Sumatera memiliki riwayat liong gempa dahsyat dan tsunami. Deviasi satunya yang terjadi di ~ 25 November 1833 circa pukul 22.00 WIB. Tentu saja itu, lindu dengan kekuatan 8,8 sampai 9,2 skala Richter mengguncang, pusatnya berada di lepas pantai barat Andalas. Penyebabnya adalah pecahnya segmen lewat Sumatera sepanjang 1.000 km.Lindu dirasakan tahan lama di Padang, sumatra Barat. Awalnya, getaran dianggap biasa. Namun, diikuti guncangan kencang. "Orang-orang berhambur keluar, kerusuhan bakal terkubur under bangunan yang bergetar hebat," demikian tulis seorang ilmuwan Dr. A.F.W. Stumpff, kemudian hamon-design.com kutip dari makalah ilmiah judul "Source parameters of the great Sumatran megathrust earthquakes the 1797 and also 1833 in ferred native coral microatolls" yang salah satu penulisnya adalah dengan fasih Indonesia, Danny Hilman Natawidjaja. Di luar, Stumpff menambahkan, orang-orang panik merasakan bumi yang berguncang di bawah kaki mereka. "Diterangi cahaya rembulan, ada apa melihat bangunan dan pepohonan streatingmalaysia hebat, semburan waiting muncul middle retakan negara dengan kekuatan hebat, sungai-sungai luber, lautan menggelegak."Dr. A.F.W. Stumpff mencatat, pada moon Agustus, September dan Oktober terpantau terjadi panas dan kelembaban ekstrem. "Sementara di days gempa terjadi ( ia menuliskannya diatas tanggal 24 November) ditandai mencapai keheningan apa mendalam seluruh alam. Yang tidak disadari banyak orang." Sementara, J.C. Boelhauwer seorang komandan militer Belanda di pariaman mencatat, semua rakyat dicekam ketakutan luar biasa. "Bahkan setiap orang pribumi apa paling tua pun tidak pernah pulih hal seperti itu pernah terjadi”, demikian tulis J.C. Boelhauwer. "Seluruh alam terasa batin huru-hara, segala sesuatunya terguncang dan memukul berpecahan."

Peristiwa tersebut hanya terjadi 3 menit, namun dampaknya luar biasa. Gempa memicu terjadinya tsunami apa menerjang pesisir west Sumatera dengan kanton terdekat dari pusat gempa adalah pariaman hingga Bengkulu. Tsunami tambahan menyebabkan kerusakan parah di Maladewa, Sri Lanka, dan Seychelles. Gelombang raksasa also dilaporkan menjangkau Australia bagian utara, Teluk Benggala, dan Thailand meskipun batin intensitas kecil. Namun hama ini noel terdokumentasi dengan baik sehingga noël diketahui dengan pasti kerusakan dan berapa kerumunan korbannya. Sementara, sebuah artikel yang dimuat situs AusGeoNews Maret 2005 mempertanyakan apakah tsunami 26 Desember 2004 adalah pengulangan dari maafkan saya yang terjadi pada 1833. "Gempa dahsyat di atas 1833 disebabkan pecahnya bagian zona subduksi di kyung 1.000 kilometres tenggara dari segmen apa pecah di ~ 2004," demikian kutipan dalam item berjudul "The Boxing day 2004 tsunami—a repeat of the 1833 tsunami?" (Baca juga: Ditemukan, bertaruh Perekam Riwayat Tsunami Ribuan tahun di Aceh)Selain lindu dahsyat dan tsunami di Sumatera, tanggal 25 November tambahan diwarnai sejumlah peristiwa secara signifikan dunia. Diatas 1930, gempa melanda Shizouka, Jepang dan menewaskan 187 orang. Sementara, di atas 25 Desember 1963, jasad Presiden negarawan John F Kennedy, dimakamkan di Arlington nationwide Cemetery.




Anda sedang menonton: Pusat gempa hari ini di sumbar

*
Presiden Kennedy tewas ditembak di Dallas, Texas, 3 hari sebelum upacara perayaan ulang lima ketiga putranya, john F. Kennedy Jr.

Lihat lainnya: Lupa Pola Enkripsi Aplikasi Oppo, 2 Cara Membuka Aplikasi Yang Terkunci Di Hp Oppo

Di hari pemakaman bocah kecil menemani itu menghormat ke arah peti mati sang ayah yang ditutupi selembar bendera AS. (Ein)