Memahami sebuah rangkaian listrik mudah merupakan hal yang penting. Terlebih rangkaian listrik sendiri mendesak erat menjangkau kegiatan kita dalam sehari-hari. Sehingga bila terjadi berbahaya pada sebuah instalasi listrik tentu saja anda menjadi lebih memahami meski noël terlalu menguasai.

Anda sedang menonton: Rangkaian listrik rumah seri atau paralel


Rangkaian Listrik

Rangkaian listrik dapat diartikan sebagai sebuah jalur atau lintasan yang dialiri hamon-design.comn dari diperoleh voltase atau muatan listrik. Sebuah hamon-design.comn dapat mengalir dari product penghantar arus listrik apa disebut dengan konduktor. Sehingga kabel yang digunakan pada rangkaian listrik buat mentransfer arus listrik terbuat dari jernih tembaga.

Tempat sebuah hamon-design.comn masuk nanti dalam rangkaian listrik panggilan dengan sumber listrik. Sementara setiap benda apa menggunakan listrik untuk pengoperasiannya dinamakan such beban listrik.

Rangkaian dapat dialiri arus listrik jika :

Adanya bersumber tegangan untuk membuat arus listrikAdanya beban listrik yang di supply sumber teganganMerupakan rangkaian tertutup

Contoh Gambar

*

Gambar di atas merupakan contoh sebuah rangkaian listrik sederhana. Pada lukis di atas, terlihat merupakan beban listrik sementara baterai merupakan sumber listrik. Listrik mengalir melalui kabel dan Saklar berguna menyambung maupun koneksi rusak aliran listrik.

Rangkaian Tertutup : Rangkaian dengan nol lampu apa menyala dan saklar di dalam keadaan tertutup.

Rangkaian Terbuka : Rangkaian mencapai saklar melarang dan bola lampu noel akan menyala


Umumnya Rangkaian listrik sendiri dapat dibagi dulu dua tipe yaitu rangkaian menyeret dan rangkaian paralel. Namun, ada tambahan kombinasi dari kedua jenis rangkaian listrik tersebut apa biasa dinamakan rangkaian campuran.

Perbedaan mendasar dari rangkaian listrik yaitu pada cara merangkainya. Di atas rangkaian seri dirangkai secara sejajar, rangkaian listrik paralel saya menghilang secara bercabang sedangkan pada rangkaian campuran merupakan kombinasi keduanya.

Rangkaian Listrik Seri

*

Rangkaian listrik seri merupakan rangkaian apa terbilang mendesak sederhana, buat komponen-komponennya saya menghilang secara lurus dan di dalam satu beraliran dan berurutan. Sehingga noel ada afiliasi sama sekali pada jalur.

Misalnya pada sebuah rangkaian apa memiliki dua resistor, namun hanya ada satu beraliran kabel yang mengalirkan listrik.

Adapun karakteristik dari rangkaian menyeret antara lain :

Cara menyusun rangkaian yang mudah dan sederhana.Kabel penghubung diatas semua komponen noel memiliki percabangan sepanjang rangkaian.Arus listrik hanya mengalir pada satu jalur. Artinya bahwa arus listrik apa mengalir di atas setiap bahan listrik batin rangkaian seri mempunyai pengeluaran yang sama. Selain menyertainya bila ada satu jalur atau komponen memutuskan maka rangkaian noël dapat berfungsi sebagaimana mestinya.Arus listrik apa mengalir akah dihambat melalui hambatan pertama, setelah melewati hambatan pertama, arus tersebut akan dihambat another oleh hambatan kedua, hambatan ketiga dan seterusnya. Sehingga hambatan bruto pada rangkaian menyeret merupakan jumlah total dari segenap hambatan apa ada di ~ rangkaian.Energi listrik apa diberikan bersumber tegangan untuk membuat arus listrik didisipasi melalui setiap hambatan apa ada. Artinya bahwa jumlah tegangan di ~ setiap elemen listrik di atas rangkaian menyeret sama mencapai tegangan diatas sumber tegangan.Hambatan kasar pada rangkaian menarik merupakan total dari setiap hambatan apa ada sehingga rangkaian seri biasanya difungsikan untuk memperbesar hambatan pada rangkaian.

Rumus Rangkaian menarik :

I = I1 = I2 = I3

V = V1  + V2 + V3


R = R1 + R2 + R3

Rangkaian Listrik Paralel

*

Rangkaian paralel merupakan rangkaian listrik apa komponen-komponennya disusun secara sejajar sesuai terdapat lebih dari satu lintasan listrik atau bercabang secara paralel. Misalnya di atas sebuah rangkaian apa mempunyai dua resistor accordingly terdapat satu kabel untuk setiap resistor.

Rangkaian paralel also merupakan rangkaian yang paling sering digunakan pada instalasi listrik di rhamon-design.comh-rhamon-design.comh. Meski terbilang sedikit rumit dari rangkaian seri, rangkaian ini luaran lebih kawanan keunggulan.

Adapun karakteristik rangkaian paralel antara go :

Cara produksi rangkaian apa lebih rumit.Semua komponen terpasang secara bersusun dan kabel penghubung rangkaian pribadi percabangan.Karena setiap komponen apa terhubung diatas dua titik apa sama batin suatu rangkaian, sehingga tegangan di ~ tiap hambatan memiliki biaya yang sama.Jumlah arus listrik di atas rangkaian terbagi pada cabang-cabang paralel. Artinya bahwa jumlah arus pada rangkaian sama mencapai jumlah bruto arus apa mengalir dari setiap cabang. Dan nilai arus di ~ setiap cabang luaran besar apa berbeda.Nilai arus yang mengalir diatas setiap afiliat berbanding menggoreng dengan besarnya hambatan diatas cabang.Pada rangkaian paralel, hambatan totalnya lebih small dibanding menjangkau hambatan di ~ tiap-tiap komponen penyusunnya.

Rumus Rangkaian Paralel

Sesuai dengan suara Hukum Kirchoff 1 , bahwa geram arus listrik yang masuk diatas rangkaian paralel kesamaan dengan geram arus yang keluar. Sehingga bisa dirumuskan kemudian berikut :

I = I1 + I2 + I3

Dan dari suara Hukum Ohm, bahwa total hambatan resistor pada rangkaian paralel sama dengan jumlah dari kebalikan hambatan setiap komponen. Sehingga mungkin dirumuskan sebagai berikut :

*

Rangkaian Listrik Campuran

*


Rangkaian listrik campuran merupakan himpunan dari rangkaian seri dan rangkaian paralel. Biasanya untuk karakteristik maupun hukum yang berlaku di atas rangkaian campuran also mengikuti detik rangkaian.

Rumus rangkaian campuran

*

Hukum Kirchoff 1

Untuk memahami sebuah rangkaian listrik (Seri, Paralel dan Campuran) lebih jelas dan lengkap, ada baiknya mempelajari arus listrik yang mengalir pada rangkaian tersebut.

Seorang lancar Fisika dari jerman bernama Gustav Robert Kirchhoff mengemukakan beraksi Kirchhoff pada lima 1845. Hukum Kirchhoff ini luaran fungsi dalam menganalisis arus dan tegangan batin sebuah rangkaian listrik.

Pada hukum Kirchhoff 1 merupakan tindakan Kirchhoff apa sangat berkaitan dengan direction arus pada titik percabangan.

Bunyi hukum Kirchhoff 1 

“Pada sebuah rangkaian listrik bercabang, besar kuat arus yang masuk di atas suatu period percabangan sama mencapai jumlah arus apa keluar dari ketentuan itu.”

Rumus :

*

Perbedaan Rangkaian Listrik seri dan Paralel

*

Kelebihan Dan kekurangan Rangkaian Listrik Seri

Kelebihan : 

Rangkaian seri menggunakan komponis sedikit dibanding dengan rangkaian paralel.Mampu mendeteksi adanya menyakiti dengan lebih cepat.Nilai kokoh arus listrik apa mengalir diatas rangkaian adalah kemiripan dan lebih hemat listrik.

Kekurangan :

Memiliki energi potensial yang tidak sama, sehingga bila diaplikasikan di atas rangkaian bohlam berakibat nyalanya juga tidak sama.Bohlam yang dirangkai paling jauh dari diperoleh tegangan menjadi menyala paling redup.Karena memiliki satu bersumber tegangan, maka apabila deviasi satu komponen mati maka seluruh komponen also akan mati.

Kelebihan Dan kekurangan Rangkaian Listrik Paralel

Kelebihan :

Jika deviasi satu hambatan mengalami sekarat tidak become mempengaruhi hambatan apa lain.Memiliki energi potensial apa sama besar pada setiap periode rangkaian.Pada pengaplikasian bohlam batin rangkaian, maka nyala masing-masing bohlam noel berbeda, antara terdekat maupun apa terjauh dari bersumber tegangan.

Lihat lainnya: Kata Kata Buat Jomblo Happy, Kata Kata Bijak Jomblo Terhormat Apk 9

Kekurangan :

Lebih boros dalam penggunaan listrik dan pemakaian elemen penyusun.Memiliki nilai kuat arus apa berbeda middle satu titik dengan titik apa lain.