Untuk making sebuah drama Korea tentu saja dibutuhkan cost yang tidak sedikit. Bahkan ada drama Korea yang dibuat dengan dana miliar dengan harapan ratingnya ditinggikan dan sukses disukai penonton. Sayangnya, ada 6 drama Korea dengan cost miliaran tapi ratingnya jelek, termasuk The King: Eternal Monarch. Berikut berpesta lengkapnya!

1. The King: Eternal monarch (2020)Selain dibintangi dua aktor mahal Korea, yaitu Lee Min Ho dan Kim go Eun, drama ini tambahan dibuat dengan kerumunan efek mengkhususkan dan CGI apa keren. Drama ini menghabiskan biaya hingga 30 miliaran won atau kyung Rp370 miliar, tetapi bayi rata-rata ratingnya noël menyentuh nomor 10%.

Anda sedang menonton: Rating moon lovers scarlet heart ryeo


*

Sumber: SBS

2. Arthdal Chronicles (2019)Walau disokong Netflix dan diisi melalui deretan aktor dan aktris Korea board atas serta memakai banyak efek khusus, evaluasi drama Korea Arthdal Chronicles noel bisa diselamatkan. Drama apa dibintangi Jang Dong pistol dan track Joong Ki ini habiskan dana 54 miliar won atau sekitar Rp667 miliar tapi hanya mencetak 7,1%.


*

Sumber: tvN

3. Are You human Too? (2018)Tim untuk membuat drama Korea ini menghabiskan dana buat CGI dan memengaruhi khusus demi membuat tampilan kyung dunia robotik yang keren. Drama ini juga melakukan syuting di luar Korea, yaitu di republik Ceko. Drama ini memakan cost 10 miliar won atau tentang Rp123 miliar. Namun, rata-rata ratingnya hanya sekitar 6%.


*

Sumber: KBS2

4. Criminal minds (2017)Drama Korea apa di-remake dari serial Amerika ini menghabiskan biaya hingga 20 miliaran won atau circa Rp247 miliar. Drama yang terdiri dari 20 episode ini memakan biaya 1 miliar won per episode. Lee Joon Gi, moon Chae Won, dan efek khusus apa dipakai hanya berhasil dikumpulkan rata-rata evaluasi sebesar 3,3%.


*

Sumber: tvN

5. Moon Lovers: Scarlet love Ryeo (2016)Dibintangi malalui deretan aktris dan aktor Korea yang sedang naik daun ternyata bukan lega drama Korea ini sukses. Padahal ada IU, Lee Joon Gi, Kim Ha Neul, Baekhyun EXO, Jisoo, hingga Nam Joo Hyuk. Mungkin buat drama ini tayang bersamaan denganLove in The Moonlight apa lebih sukses menyedot rating. Drama ini menghabiskan dana 15 miliar won atau circa Rp192 miliar, tetapi rata-rata ratingnya just menginjak 8,1%. 


*

Sumber: Cosmopolitan Korea

6. Uncontrollably Fond (2016)Drama Korea apa dibintangi Suzy dan Kim Woo Bin ini menghabiskan dana 10 miliaran won atau sekitar Rp123 miliar. Sayangnya, karena cerita apa dianggap terlalu kuno, sedih, dan mudah ditebak membuat drama ini ratingnya terus menurun dan rata-rata hanya 8,84 %.

Lihat lainnya: 3+ Cara Mengetahui Siapa Saja Yang Connect Ke Wifi Kita, Terlengkap !!!


Sumber: SBS

Meskipun ratingnya di Korea kurang memuaskan, tetapi 6 drama Korea di atas justru mendulang banyak dukungan dan ditonton melalui penggemar internasional. Jadi, walau pun partij 6 drama Korea dengan nilai miliaran tapi ratingnya jelek termasuk, The King: Eternal king di atas noël pantas berpendapatan gagal, lho.