Rumah Adat Toraja – kesukuan Toraja adalah salah satu etnis nguyên nusantara apa terkenal dengan metode pemakanannya, yaitu Rambu Solo. Suku ini mendiami provinsi Sulawesi Selatan, terutama di potongan pegunungan sebelah utara dengan populasi sekitar 1 million jiwa.

Anda sedang menonton: Rumah adat toraja sulawesi selatan

Sekitar setengah dari populasinya bertempat tinggal di Kabupaten Tana Toraja. Mayoritas social Toraja masih memeluk kepercayaan animisme yang dikenal mencapai sebutan Aluk to Dolo. Kepercayaan ini telah diakui otoritasnya RI sebagai bagian dari keagamaan Hindu Dharma.


Masyarakat Toraja memiliki tradisi dan adat istiadat yang sangat menarik dan mengundang rasanya penasaran kerumunan orang. Kata Toraja berasal dari bahasa Bugis, yakni “To Riaja”. Dalam bahasa Indonesia kata tersebut berarti orang yang berdiam di negeri atas.

Hal ini berkaitan erat dengan tempat tinggal mereka, baik saat masih kehidupan maupun saat telah menutup usia. Social Toraja tetap laid di atas walaupun telah meninggal dunia.

Keunikan dan kemisteriusan kesukuan Toraja tidak hanya tercermin dari ritual pemakamannya apa tersohor. Ukiran kayu dan rumah adat Toraja pun menarik buat dipelajari lebih jauh.


Daftar Isi


Ruang di rumah TongkonanJenis Rumah Tongkonan

Rumah Tongkonan kesukuan Toraja

Dalam bahasa Toraja, kata tongkonan berarti duduk ataukah menduduki. Rumah ini mempunyai bentuk apa sangat khas, terdiri dari tumpukan kayu yang dihiasi ukiran khas Toraja beraneka warna, mulai dari hitam, kuning, dan merah.

Lihat lainnya: Perjalanan Arwah Selama 40 Hari, Betulkah? Berikut Penjelasannya

*
*
*
*
kemdikbud.go.id

Hingga kini rumah adat kesukuan Toraja masih lestari dan segala hal apa berkaitan mencapai rumah ini masih berpegang teguh di atas adat istiadat apa berlaku. Jika berkesempatan berkunjung usai Sulawesi Selatan, mampirlah usai Tana Toraja karena melihat langsung keindahan dan keunikan suku ini.


Sebarkan ini:


Posting di ~ INDONESIA, RUMAH ADATDitag budaya, rumah adat, rumah adat toraja, rumah tradisional, rumah tradisional toraja, kesukuan toraja, toraja

Cari Disini:

Cari untuk: