Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulailah dari politik, bisnis, selebriti, way of life dan masih kerumunan lagi.

Anda sedang menonton: Sebutkan contoh kerjasama asean di bidang sosial budaya


*

*

*
*
*

*
Perbesar
ASEAN adalah sebuah organisasi internasional apa anggotanya berasal dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Negara-negara tersebut bersatu karena adanya sederajat letak geografis dan kemiripan budayanya.
ASEAN berdiri di atas 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. Saat itu, tokoh-tokoh dari five negara turut terlibat batin diskusi dan menjadi pencetus sekaligus pendiri ASEAN. Lima negara tersebut adalah Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Filipina.
Mengutip laman Kementerian Luar Negeri, ASEAN dibentuk untuk mengatasi berbagai tantangan di segala bidang. Challenge tersebut dapat teratasi dengan action sama di sektor sosial, politik, budaya, training dan pengembangan. Agar lebih memahaminya, simak penjelasan berikut.
Kerja sama ASEAN terus berkembang seiring menjangkau munculnya kebutuhan setiap country anggota. Ini mencakup kebutuhan sosial, politik, ekonomi, dan bidang-bidang lainnya apa menuntut sebuah negara karena berperan aktif melakukan kerja kemiripan tersebut.
Kini, merencanakan sama ASEAN telah konsisten mencapai tujuan utamanya, yakni diatasi tantangan di segala bidang. Berikut penjelasan lengkapnya apa dikutip dari buku Ilmu knowledge Sosial SMP/MTs Kelas VIII:
Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan pers di sekretariat ASEAN, sabtu (24/4). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden
Kerja kemiripan ASEAN di daerah sosial dan budaya dilaksanakan melalui COSD (Committee on sosial Development). Banyak bentuk kerja sama ASEAN antara lain:
Bidang pembangunan sosial dengan menekankan kesejahteraan golongan ditelepon rendah, perluasan kesempatan kerja, serta pembayaran ataukah upah yang wajar;
Menanggulangi mengganggu masalah perkembangan penduduk mencapai bekerja sama mencapai badan badan internasional yang bersangkutan;
Mahfud MD hadiri bertemu ASEAN politik Security masyarakat Council (APSC Council) ke-23. Foto: humas Kemenko Polhukam
Kerja kesamaan ASEAN di daerah politik mampu menciptakan ASEAN local Forum (ARF) karena membahas kasus-kasus terkini apa menjadi heed ASEAN. Banyak contoh nyata merencanakan sama politika dan keamanan, yaitu:
Traktat Bantuan bertindak Timbal jepit di daerah Pidana (Treaty on Mutual assistance in Criminal Matters/MLAT).
Pertemuan para menteri kesehatan Pertahanan (Defence Ministers Meeting/ADMM) yang bertujuan mempromosikan perdamaian dan stabilisasi kawasan melalui percakapan serta pergerakan sama di bidang pertahanan dan keamanan.
Kerja sama pemberantasan vice lintas negara apa mencakup pemberantasan terorisme, perdagangan obat terlarang, pencucian monetary penyelundupan dan perdagangan senjata ringan dan manusia, bajak laut, kejahatan internet, dan vice ekonomi internasional.
Mengutip Modul Ilmu pengetahuan Sosial Edisi PJJ SMP Kelas VIII oleh Tenia Kurniawati, dkk., action sama di daerah ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelatihan di Asia Tenggara dan minum daya saing Asia Tenggara di kancah Internasional. Bentuk kerja samanya antara lain:
Pertemuan guru-guru dari Indonesia, Brunci Darussalam, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam dan Korea selatan dalam acara act (Council that Teacher Convention) di Bali.

Lihat lainnya: Ini Fakta Seputar Ukuran Normal Penis Pria Indonesia Yang Normal?


Pemberian beasiswa pendidikan, misalnya Indonesia memberikan beasiswa mendidik dokter. Bahasa dan artian kepada pelajar bangsa negara anggota ASEAN. Beasiswa dari ASEAN untuk belajar di berbagai chip hotch di negara-negara ASEAN.
Diadakannya olimpiade reginoal Asia Tenggara, sebagai Pertamina menyelenggarakan Olimpiade Sains Nasional.