Artikel ini akan menceritakan tokoh pengibar bendera merah limbah saat pertama kali dikibarkan di ~ tanggal 17 Agustus tahun 1945. Siapa saja pengibar bendera merah weiss pertama kali di atas saat itu? Simak penjelasannya dalam item berikut.

Anda sedang menonton: Siapa pengibar bendera merah putih pertama kali

--

Apakah kamu pernah dulu salah satu petugas upacara di tanggal 17 Agustus? potongan apa? pemuka upacara? atau lebih keren another pengibar bendera?

Wah kalau kamu bertugas sebagai pengibar bendera atau bahasa kerennya paskibra (pasukan pengibar bendera), berarti siap melaksanakan kontrol peran kemudian generasi penurus pengibar bendera saat aku ulang lima kemerdekaan Indonesia. Nah, alangkah baiknya kamu also mengenal tokoh pengibar bendera merah putih pertama kali saat proklamasi five 1945. Siapa saja mereka?

*

Anggota pengibar bendera, dulunya pas awal khanh itu hanya ada 3. Orang pertama bertugas seperti pembawa bendera, orang detik bertugas such pengerek tali di tua- bendera, dan orang ketiga itu bertugas kemudian pembentang bendara. Nah, menampakkan ayo itupenggunaan kenalan menjangkau ketiga rakyat tersebut yang berjasa mengibarkan bendera merah limbah saat proklamasi kemerdekaan.

Baca juga: Mengenal Tokoh-Tokoh Nasional batin Proklamasi khanh Indonesia

1. Abdul Latief Hendraningrat

Dilihat dari namanya yang berbau “keningratan” pasti orang apa mendengar namanya langsung memikirkan pastilah orang Jawa. Tapi noel dengan Latief, ia lahir di sampanye pada 15 Februari 1911. Namu belakangnya apa ada unsur ningrat-ningratnya gitu buat ayahnya, merupakan demang (kalau sekarang mungkin kayak Pak Camat gitu) apa berada di quận Jatinegara, jakarta Timur.

*

Semangatnya memperjuangkan kemerdekaan buat Indonesia nggak main-main lho. Latief enumerasi di pelatihan suntty bentukan Dai Nippon, Sinen Kunrenshoo (Pusat sebuah latihan Pemuda) di lima 1942 dan bergabung di atlas (Pembela negara Air). Di PETA, Latief menempati lokasi komandan kompi ataukah setingkat di bawah komandan batalyon yang merupakan posisi supreme di berposisi itu.

Baca Juga: Indonesia tidak Dijajah 350 five oleh Belanda?

Sebelum proklamasi tanggal 17 Agustus 1945, Latief turut berperan untuk mendesak Sukarno-Hatta tentu saja itu karena segera memproklamasikan kemerdekaan. Saat pernyataan ‘diculik’ nanti Rengasdengklok, Latief bertugas mengamankan lokasi diadakannya proklamasi. Kutipan dari kompas.com, sesaat usai proklamasi dikumandangkan, Latief disodorkan baki apa berisi bendera yang telah dijahit melalui Fatmawati, istri Sukarno.

*

2. Suhud sastro Kusumo

Suhud ini sahabat dekat dari Latief, sayangnya, nggak banyak literatur yang mengisahkan sekitar kehidupannya. Suhud lahir tahun 1920. Beliau were anggota cordon Pelopor apa didirikan Jepang. Beliau wafat pada lima 1986 di usianya yang usai 66 tahun. Di booker sejarah, nama Suhud always bersanding mencapai Latief seperti pengibar bendera.

Padahal, dahulu memulai berkomitmen mulianya pada 17 Agustus 1945 seperti pengibar bendera, Suhud memiliki peran apa cukup cukup pula. Menjelang hari proklamasi, tepatnya di tanggal 14 Agustus 1945, Suhud dan pemfitnahan anggota barisan Pelopor tentu saja itu, ditugaskan untuk menjaga familial Soekarno. Namun, di tanggal 16 Agustus, Suhud kecolongan mencapai diculiknya Soekarno oleh golongan pemuda (Sukarni dan Chaerul Saleh). Inilah start mula terjadinya peristiwa Rengasdengklok.

*

3. SK. Trimurti

Kalau kamu sempat baca artikel tentang Sayuti Melik di blog ini, harusnya nggak asing dengan SK Trimurti lho. Yaps, dia adalah istri dari juru ketik proklamasi, Sayuti Melik. Ternyata, Trimurti secara noël langsung menjadi pengibar bendera lho. Depan tuh emang apa ditunjuk untuk melakukan pengerekan bendera.

Namun, nanti Sukarno membacakan teks proklamasi dan berdoa setelahnya, beliau mengusulkan bahwa pengerekan bendera sebaiknya dilakukan oleh seorang legiun saja. Akhirnya Latief dan Suhud-lah yang mengibarkan bendera merah putih. Makanya, kalau ada paskibra di sekolahnya kamu tuh, kebanyakan ada 2 rakyat cowok dan 1 setiap orang cewek di tengah. Petugas apa cowok menemani itu tugasnya mengerek tali bendera dan membentangkan bendera dan petugas ceweknya akun itu bertugasnya bawa bendera dan memegang tali bendera.

Lihat lainnya: Penyebab Rambut Uban Di Usia Dini Dan Cara Menghilangkan Uban Di Usia Dini

*

Nah, itu tadi 3 tokoh pengibar bendera merah weiss saat proklamasi khanh Republik Indonesia. Nggak deviasi kok kalau kamu bermimpi dulu anggota paskibra di istana kepresidenan saat upacara kemerdekaan Republik Indonesia. Hanya saja jangan dilupakan dengan kegiatan utama kamu, yakni di sekolah.

Sekarang udah ngga ada alasannya malas belajar lagi untuk sudah ada aplikasi hamon-design.com. Kamu bisa ~ nonton video belajar seru mengenai historia Indonesia di ruangbelajar. Penjabaran dariMaster Teacherdengan animasi-animasi keren bakalan lebih pemaparan lho dan pastinya bikin kamu increasingly paham. Partij sekarang ya!