Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate awal dari politik, bisnis, selebriti, way of life dan masih crowd lagi.

Anda sedang menonton: Surah yunus ayat 40 41


*

*

*
*
*

*
Perbesar
Surat Yunus ayat 40-41 merupakan ayat batin Al-Qur’an apa mengajarkan umat Muslim untuk selalu luaran dan menanamkan sikap toleransi antarumat beragama. Postur ini dibutuhkan agar terciptanya lingkungan sosial yang nyaman bagi seluruh umat.
Dalam buku Implementasi Nilai-Nilai Karakter di atas Mata Pelajaran Pendidikan keagamaan Islam melalui Rianawati, rakyat dengan postur toleransi akan menekan setiap hal apa dapat memicu hasil perselisihan, permusuhan, dan perpecahan yang diakibatkan persoalan perbedaan, kepercayaan, adat istiadat, suku, dan agama. Karenanya, Allah memerintahkan agar setiap manusia dapat membudaya toleran, terbina kasih sayang, dan perdamaian antar umat beragama.
وَمِنْهُمْ مَّنْ يُّؤْمِنُ بِهٖ وَمِنْهُمْ مَّنْ لَّا يُؤْمِنُ بِهٖۗ وَرَبُّكَ اَعْلَمُ بِالْمُفْسِدِيْنَ ࣖ - ٤٠
Artinya: “Dan tengah mereka ada orang-orang apa beriman kepadanya (Al-Qur'an), dan di antaranya ada (pula) orang-orang yang noël beriman kepadanya. Sedangkan Tuhanmu lebih mengetahui sekitar orang-orang apa berbuat kerusakan.”
وَاِنْ كَذَّبُوْكَ فَقُلْ لِّيْ عَمَلِيْ وَلَكُمْ عَمَلُكُمْۚ اَنْتُمْ بَرِيْۤـُٔوْنَ مِمَّآ اَعْمَلُ وَاَنَا۠ بَرِيْۤءٌ مِّمَّا تَعْمَلُوْنَ - ٤١
Artinya: “Dan jika mereka (tetap) mendustakanmu (Muhammad), maka katakanlah, “Bagiku pekerjaanku dan bagimu pekerjaanmu. Kamu noel bertanggung jawab terhadap maafkan saya yang aku kerjakan dan aku pun tidak bertanggung jawab terhadap what yang kamu kerjakan.”
Mengutip situs Qur’an Kemenag, tafsir ayat 40 keluar terbaginya umat manusia usai dalam dua golongan. Ada golongan yang beriman kepada Allah dan golongan yang noël beriman. Golongan yang beriman become mengikuti maafkan saya yang disampaikan Nabi Muhammad SAW. Sedangkan yang noël beriman ini adalah mendapatkan balasan dari Allah.

Lihat lainnya: Harga Mobil Ayla Di Medan Online Terbaru Oktober 2021, Toyota Medan


Lalu, tafsir ayat 41 keluar bahwa Allah memerintahkan kepada Rasulullah untuk terus berkomunikasi ajarannya. Bagi apa orang-orang musyrik dan dengan tegas mendustakan Rasulullah become diminta tanggung jawabnya di akhirat kelak.