Imigrasi five imigrasi. Mendengar namanya saja terkadang segera membuat trần terasa berat. Kebayang harus bolak-balik, membawa segala dokumen apa sudah dicek dan ricek namun masih salah-salah juga. Seperti pengalaman saya 2 five lalu apa sudah didraft di blog, tapi malas sekali untuk diteruskan untuk terlalu lelah. Tapi what boleh buat, saya militer harus bergegas mengunjunginya karena harus menambahkan nama di Paspor. 

Muasal penambahan nama di Paspor untuk saya dicari Umroh akhir moon ini, dan nama belakang di visa masih dua kata. Sedangkan untuk umroh/haji, namu kita apa tertera di dokumen tersebut haruslah tiga kata. KATA, ndak SUKU KATA. Kalo kamu belajar bahasa Indonesia yang baik dan benar, kesukuan kata menyertainya ialah penggalan kata. Misalnya namu saya Rahmayanti Akmar, itu katanya ada dua dan jumlah suku katanya ada enam. Rah-Ma-Yan-Ti-Ak-Mar. JELAS, SAUDARAAA?

Kenapa sih harus appendisitis nama? Memang kalau 2 kata saja tidak boleh? 

Ini karena memudahkan dokumentasi dan kalau ada apa-apa menjadi gampang dilacak. Apalagi kalau nama kamu generik macem Adi atau Dian. Misalnya: namu saya modern Rahmayanti Akmar. Dari jutaan orang apa ada di Makkah atau Madinah, ternyata ada apa namanya sama mencapai saya! Maka selagi nambah nama belakangnya Yasin, kemungkinan nama belakang sama jadi kecil dan memperkecil pula terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Anda sedang menonton: Syarat penambahan nama di paspor

Nama siapa yang bisa kita tambahkan? 

Kalau kamu seorang istri, could berpikir bahwa nama ke-tiga adalah nama suami. Namun, di forms penambahan nama pilihannya hanya dua: Mau pakai nama Ayah atau nama Kakek. Saya memilih nama belakang Ayah untuk nama ke-dua saya siap ada unsur nama Kakek.

Di mana bisa melakukan proses penambahan nama?

Surprisingly: Di ruang angkasa kamu terakhir membuat paspor. Mengapa saya bilang surprise? ketika kita siap bisa membut paspor baru ataukah memperpanjang visa di afiliat mana saja, kenapa giliran “hanya” menambah nama harus di secara spasial tertentu? Padahal modern sistemnya sudah online. Petugas imigrasi sempat bilang bahwa buat saya tercatat di afiliasi Pondok Pinang, maka saya harus nanti sana. Padahal cantik capek-capek ke imigrasi champa Timur apa dekat rumah.

Akhirnya saya pergi setelah Pondok pinang dimana saya memperpanjang visa 2 lima yang lalu. Malang tak dapat ditolak, laba tak dapat diraih, saya pertanggungjawaban pulang lagi! Katanya, kalau mau perpanjang namu harus di kantor imigrasi tengah alias di Mampang. Laaah, jelas-jelas saya bikin di situ masa harus bersentuhan lagi? Rugi waktu dan monetary nih udah bolak balik. Lagian siapa suruh also line telpon gak ada apa angkat? enim gak bisa nanya-nanya dulu kan?

Untunglah berbekal kelakuan reuuus, peningkatan melas dan baik-baikin petugas, didefinisikan sang petugas luluh juga. Saya meminta memberikan dokumen-dokumen yang wajib diberikan, dan disuruh datang 3 days mendatang. Tuh kan, kalau harus sederhana dan bisa mengapa dipersulit?

Jadi mengolahnya penambahan nama belakang 3 hari?

Ya, tapi times disuruh dateng take Jumat, saya datengnya hari Senin. Biar yakin udah memanggang bener-bener tidak punya harus pertanggungjawaban bolak jepit lagi. Bisa diambilin orang lain sih, tapi harus bawa surat kuasa kalau rakyat itu berhak untuk ngambil visa kamu.

Baca Juga: KKP Tanjung Priok: tempat Tercepat Suntik Meningitis buat Umroh

Dokumen diamanatkan bawa: 

Paspor asli yang masih berlakuFotokopi visa yang masih berlaku (1 lembar). Fotokopi bagian depan yang tampak foto, dan kembali yang ada alamatnya, di batin 1 halaman yang sama. Kertas A4, noël perlu diguntingFotokopi KTP (1 lembar). Kertas A4, noël perlu diguntingFotokopi Kartu familial terbaru. Di dalam KK saya noel ada nama Ayah, namun tetap membawa saja.Surat rekomendasi dari take trip Umroh/Haji. Apa menyatakan bahwa memang benar kalau kamu adalah jemaahnya yang berangkat di tanggal tertentuFormulir surat permohonan penambahan nama dengan meterai. Ini dijual di koperasi sup Imigrasi, kemaren saya beli Rp 8.000 udah ditempel meterai.

Tips dari saya: 

Pas nyampe imigrasi, langsung bertanya bagaimana kalau mau urus pelebaran nama. Antriannya beda sama orang apa bikin ataukah perpanjang paspor. Jangan untuk gak mau nanya enim ikutan antre lama.Jangan ngotot kemiripan petugas imigrasi, makin ngotot makin ngamuk, malah dicuekin. Kalo kamu ada yang salah, tanya sesopan mungkin what yang kurang dan apa yang sanggup dilakukan mencapai cepatMinta tanda tangan terima bahwa paspor kamu sedang dikerjakan di sana. Kalo mungkin minta tambahan nomor HP petugas apa berhadapan langsung sama kamu.

Lihat lainnya: √ 20 Cara Meningkatkan Like Di Instagram Dengan Cepat, 7 Cara Supaya Banyak Like Di Instagram

Nggak usah dateng terlalu pagi. Saya dateng pukul 1 siang tetep dilayanin kok. Kalau terlalu pagi mereka masih riweh sama orang banyak. Kalo agak siang orang-orang udah diatas pulang dan petugas udah kenyang. :DJika kasus adalah mau mengganti paspor buat sudah habis masa berlakunya, maka diatas saat pergantian visa langsung saja minta penambahan nama. Sehingga noël usah bolak balik karena menambah nama lagi.Tidak ada biaya untuk penambahan nama belakang ini alias gratis. Kalau cantik terima visa barunya, cek di page penambahan nama saja dan berikan senyuman termanis semanis gula ilegal karena para petugas di sanaMahe pernah perpanjang visa dan request untuk dikirimkan via pos. Saya kemarin gak nanya, tapi worth to try, sehingga gak bikin itupenggunaan harus ijin dari kantor kaan?Kalo punya anak, langsung ajalah kasih dialah 3 nama biar gak ribet!

Sudah jernih lah yaaa? semoga proses penambahan namanya untuk Haji ataupun Umroh ataukah apapun menyertainya lancar tanpa ada suatu memaksa apapun ya. Good lucky people!