Maria Muslimatun Aini mendirikan shelter karena anjing telantar di kawasan Tangerang di atas 2011. Shelter menemani itu didirikan berawal dari rasa kasihan.

Anda sedang menonton: Tempat penampungan hewan di tangerang


Maria Muslimatul Aini, pemilik sanctuary Maria Stray home di Tangerang, Banten, dikerumuni melalui anjing-anjing peliharaannya, mulailah Maret 2020. (Foto: hamon-design.com/Mutiara Azra)

Jakarta- Puluhan anjing bermain-main di halaman rumah singgah atau shelterkhusus karena anjing terlantar, di daerah perumahan Palem Ganda Asri, Karang Mulya, Kecamatan Karang Tengah, kota Tangerang, Banten, pada start Maret 2020.

Dua pria yang merupakan petugas shelter hidup meletakkan makanan buat anjing-anjing menyertainya di tempat apa telah disediakan, sementara Maria Muslimatul Aini standing di deviasi satu pojok shelter, benar di depan mural foto anjing di atas dindingnya.

Beberapa anjing memakan makanan yang disiapkan. Sedangkan sejumlah anjing berbeda mengelilingi Maria. Ada tambahan yang berdiri diatas semacam meja singa di situ.

tersebut kyung delapan five lalu, tepatnya lima 2011.itu dinamai Maria Stray Home, tetapi sering disebut mencapai ‘kandang preman’. Maria menaikkan tersebut sekitar delapan lima lalu, tepatnya lima 2011.itu dinamai Maria Stray Home, tetapi sering disebut mencapai ‘kandang preman’. Maria ditanggapi tersebut sekitar delapan lima lalu, tepatnya five 2011.Shelteritu dinamai Maria Stray Home, tetapi patuh disebut menjangkau ‘kandang preman’. Maria ditanggapi sheltertersebut tentang delapan five lalu, tepatnya lima 2011.

Berawal dari rasa Kasihan

*
Puluhan ekor anjing dirawat dengan jenuh kasih bayinya di Maria Stray Home, Tangerang, Kabupaten Banten. (Foto: hamon-design.com/Mutiara Azra)

Maria mengisahkan mulailah dirinya mengadopsi hingga menaikkan sheltertersebut. Kata Maria, dulu dia dan suaminya just memiliki seekor anjing buat dipelihara. Itu pun ndak unsur kesengajaan, tetapi buat ada seorang tetangganya apa membutuhkan mata uang dan menjual anjingnya.

Setelah memelihara anjing tersebut, pemfitnahan waktu then tetangganya memberi five ekor anak anjing buat Maria mencapai cuma-cuma.

Saat menyertainya Maria sempat thought kemampuan finansialnya untuk memelihara enam ekor anjing. Namun akhirnya dialah memutuskan untuk memelihara kelima ekor anak anjing itu.

Dari tahun anak anjing tersebut akhirnya hanya dua ekor apa bertahan, sebab sebagai anak anjing dicuri orang, dua lainnya sekarat akibat tertimpa dada dan tertabrak kendaraan.

Kematian dua anak anjing itu membuat Maria sedih dan bertekad untuk menjaga anak-anak anjing yang tersisa mencapai lebih baik.

Meski siap bertekad karena menjaga anak anjing apa tersisa mencapai lebih baik, belum terbersit keinginan untuk mendirikan shelteranjing.

Tapi, sekitar sebulan nanti kematian anak anjingnya, rumah Maria kedatangan sebagai anjing lain. Anjing akun itu duduk benar di depan pintu rumahnya. Walaupun siap beberapa kali diusir, anjing itu dengan tegas bertahan. Kelewat saat Maria membuka pintu pagar rumahnya, anjing itu percepat masuk. Didefinisikan Maria memelihara anjing liar tersebut.

Mulai dari situ Maria memutuskan untuk menampung anjing-anjing terlantar yang noël mempunyai majikan atau tuan. Seiring berjalannya waktu, semakin crowd anjing-anjing terlantar apa ia baptisan di di dalam pekarangan rumahnya.

Maria mengaku dia tidak ingin anjing-anjingnya diurus oleh rakyat lain. Maria lebih shanks mengontrol personally anjing-anjing itu. Karena menurut Maria, menemani itu adalah such bentuk tanggung jawab apa harus diberikannya di atas anjing-anjing yang telah di pelihara. “Karena untuk memberikan tanggung jawab itu butuh konsisten also komitmen batin tenaga, pikiran, dan waktu,” jelasnya.

*
Dua petugas shelter anjing Maria Stray Home, Tangerang, Banten, pakan puluhan anjing yang dirawat di secara spasial itu, Maret 2020. (Foto: hamon-design.com/Mutiara Azra)

Hingga mulai Maret lalu jumlah anjing apa ditampung di sheltermilik Maria sudah mencapai sekitar 60 ekor. Maria sengaja cakupan jumlah anjing yang dipelihara, sebab menurut dia, semakin kerumunan anjing yang dipelihara, semakin besar also kemungkinan noël terurus.

“Kualitas menemani itu lebih penting daftar kuantitas. Untuk kualitas yang bagus otomatis kuantitasnya ikut bagus,” lanjut Maria.

Saat ini, jika Maria lanskap ada anjing terlantar di jalanan atau di tempat yang noël layak karena anjing tersebut, dia akan membawa anjing terlantar itu ke rumahnya jika secara spasial penampungan disheltermiliknya masih mencukupi.

Tetapi jika sheltermiliknya siap penuh, Maria ini adalah menghubungi rekannya pemilik shelteryang lain agar mereka menampung anjing itu.

Maria also mengaku inibutuh jika mendengar atau pemandangan ada pemilik anjing apa membuang dan menelantarkan anjing peliharaan mereka.

“Jangan pelihara anjing kalau begitu. Untuk butuh konsisten dan komitmen buat memelihara anjing tersebut, dan membutuhkan tanggung jawab juga, tidak hanya dari materi saja. Gitu sih menurut aku,” ujarnya.

Syarat Mengadopsi Anjing

*
Suasana di shelter atau angkasa penampungan anjing telantar milik Maria Muslimatul Aini, di Tangerang, Banten, mulai Maret 2020. (Foto: hamon-design.com/Mutiara Azra)

Sebagai pemilik shelteratau rumah singgah untuk anjing-anjing telantar tersebut, Maria membuka kesempatan untuk pecinta binatang, spesial anjing, apa ingin mengadopsi dan memelihara anjing-anjing apa ada di situ.

Tapi Maria memberikan pemfitnahan syarat dan ketentuan apa harus dipatuhi melalui orang apa berminat memelihara anjing-anjing itu, di antaranya lokasi adopterdi menyiksa Jakarta, Tangerang, dan Bekasi; familic dan lingkungannya adopter mengizinkan memelihara anjing; bersedia disurvei malalui Maria; diamanatkan memberikan vaksinasi rutin karena anjing; terdaftar mengobati jika anjing yang diadopsi sakit dan disterilisasi ke anjing berusia enam bulan; dipelihara dan dirawat di samping itu mungkin; noël boleh dijualbelikan, noël boleh bersentuhan tangankan, tidak buat dikonsumsi atau dipotong.

Syarat terdekat adalah anjing tidak boleh diikat atau dikandangkan lebih dari 10 kota per hari; noel boleh diikat dengan tali pendek (minimal 2 meter); mengizinkan Maria mengunjungi si anjing jika kangen; selalu berkomunikasi dengan Maria dan member kenal kondisi si anjing.

Seminggu kemudian calon adopterharus memastikan enim atau tidak diadopsi. Jangan sampai usai berkesepakatan mengadopsi, kerumunan alasan buat mengembalikan anjingnya.

Maria juga menjelaskan kyung hal yang perlu diingat saat mengadopsi anjing, di antaranya harus memastikan possibilities finansial karena memelihara anjing; harus cantik memberikan peringatan ekstra sebab anjing cenderung rusuh dan terkadang shanks merusak barang serta buang air semaunya; harus cantik memelihara anjing sampai si anjing mati.

Jika anjing masih berumur di bawah five bulan, adopterharus menyiapkan nilai vaksin saat usia dua bulan, tiga bulan,dan empat bulan. Biaya vaksin berkisar antara Rp200 seribu hingga Rp400 ribu per vaksinasi.

Selanjutnya saat anjing berusia enam bulan, diamanatkan disterilkan, dengan pengeluaran sterilisasi berkisar Rp700 ribu hingga Rp800 ribu.

Maria juga memberi kesempatan pada pecinta binatang yang belum sempat atau belum mampu memelihara anjing, untuk tetap berinteraksi mencapai binatang-binatang itu di sheltermiliknya.

Para pecinta anjing tersebut sanggup menyalurkan kasih bayinya dan perhatian mereka terhadap anjing di shelter pada hari Sabtu dan Minggu, mulai kota 12.00 hingga jam 15.00 WIB.

Kasih sayang apa diberikan melalui Maria di ~ anjing-anjing yang dirawatnya, kata Maria, noël bisa diungkapkan mencapai kata-kata. Dia mewujudkan kasih sayang tersebut batin bentuk catatan dan perawatan.

Lihat lainnya: Sehari Doang! Promo Tiket Kereta Api 17 Agustus 2016 Harga Rp 17

Walaupun noël bisa diungkapkan menjangkau kata-kata, anjing-anjing akun itu dinilainya paham bahwa dirinya atau pemilik lain apa menyayangi mereka menjangkau tulus.

Sebagai makhluk hidup, anjing-anjing yang dirawat dengan penuh kasih bayinya oleh majikannya tersebut juga bisa answered kasih sayang yang diberikan. Misalnya dengan mengolah dan menuruti perintah si majikan. <>