Dongeng Timun Mas atau Timun kuning (Jawa: “Mentimun Emas”) adalah tale rakyat Jawa apa menceritakan seorang perempuan cantik yang baik hati, cerdas, dan pemberani. Itulah sebabnya, ia sangat disayangi melalui ibunya yaitu Mbok Srini. Suatu ketika, raksasa jahat mau menyantap Timun Mas.

Anda sedang menonton: Video cerita rakyat timun mas

Karena keberaniannya, ia berhasil mogok raksasa jahat tersebut. Mengapa raksasa tersebut ingin menyantap Timun Mas? Lalu, bagaimana itu? cara Timun Mas mengalahkan raksasa tersebut?

Mama dapat membaca cerita selengkapnya apa telah hamon-design.com rangkum dibawah ini untuk diceritakan kembali pada anak di rumah miliki Ma!


1. Kehidupan seorang janda bernama Mbok Srini yang kesepian dan harapan kehadiran anak


Dongengceritarakyat.com

Awal mula dongeng anak, Timun Mas.

Alkisah di sebuah desa di quận Jawa Tengah, hidup seorang janda paruh baya yang bernama Mbok Srini. Darimana ditinggal melalui suaminya mayoritas tahun, ia kehidupan sebatang kara, ia pun tambahan tak pribadi anak.

Karena kesepian, ia sangat harapan kehadiran seorang anak, namun sayangnya harapan itu pupus untuk suaminya telah meninggal dunia.

Mbok Srini hanya dapat menunggu keajaiban karena bisa luaran anak. Ia mengharapkan keajaiban terjadi padanya, dengan selalu berdoa siang dan malam kepada Tuhan apa Mahakuasa agar dapat penganugerahan anak.


2. Di dalam mimpinya, mendatangi raksasa apa menyuruhnya mengambil bungkusan dibawah pohon pesar di hutan


Dailymotion.com/Meyohovut

Pada suatu malam, harapan itu mendatangi lewat mimpinya. Dalam mimpinya, Mbok Srini didatangi sesosok raksasa apa menyuruhnya pergi mengambil sebuah bungkusan di bawah pohon geram di woods tempat tradisional ia mencari kayu bakar. Saat membangkitkan di pagi hari, Mbok Srini hampir tidak percaya menjangkau mimpinya semalam.

“Mungkinkah keajaiban menjadi benar-benar terjadi padaku?” Ia pun tanya dalam hati dengan ragu.

Namun, Mbok Srini berusaha menghilangkan mengira hatinya. Dengan penuh harapan, ia bergegas menuju setelah hutan apa ditunjuk malalui raksasa itu. Setibanya di hutan, ia temukan bungkusan yang berada under pohon besar.


17. Finite dengan waffen terakhir, raksasa pun terkalahkan dan Timun Mas back menuju menemui Mbok Srini


Dongengceritarakyat.com

Dengan jenuh keyakinan, ia pun melemparkan bungkusan terakhir yang berisi terasi. Seketika menemani itu pula, angkasa jatuhnya terasi itu tiba-tiba menjelma were lautan lumpur apa mendidih.

Alhasil raksasa akun itu terkalahkan karena tercebur nanti dalam lautan lumpur dan tewas seketika. Maka selamatlah Timun kuning dari kejaran dan santapan raksasa itu.

Dengan sekuat tenaga, Timun Mas berjalan menuju setelah gubuknya karena menemui ibunya. Melihat anaknya selamat, Mbok Srini pun segera berucap syukur kepada Tuhan yang Mahakuasa. Darimana itu, Mbok Srini dan Timun Mas hidup berbahagia.

Nah itulah dongeng Timun Mas, kematian di atas dapat were pelajaran bagi anak untuk selalu ingat bahwa orang yang punya niat jahat such raksasa, akhirnya ini adalah mendapatkan celaka.

Selain itu, mengingat anak segala rintangan di dalam hidup dapat diselesaikan kontrol jika dilakukan menjangkau usaha dan action keras.

Bacajuga:


3. Mbok Srini apa terkejut untuk isi bungkusannya hanya sebutir benih timun


Romadecade.org

Namun ia justru sangat terkejut saat digali bungkusan apa dikiranya berisi seorang bayi, tetapi isinya hanyalah sebutir benih timun. Hatinya pun kembali bertanya-tanya.

“Apa karsa raksasa akun itu memberikanku sebutir benih timun?” ucap Mbok Srini menjangkau bingung.

Di sentral kebingungannya, tanpa disadari ada sesosok raksasa standing di belakangnya sambil tertawa terbahak-bahak.

“Ha… ha… ha…!” demikian suara pemilihan raksasa itu.

Mbok Srini pun terkejut sambil membalikkan badannya. Betapa terkejutnya ia untuk raksasa itulah yang hadir dalam mimpinya. Ia pun were ketakutan.


4. Mbok Srini yang ketakutan bertemu raksasa dan membuat perjanjian dengannya


Bacaanceritadongenganak.com

“Ampun, bapak Raksasa! Jangan memakanku! Aku masih dicari hidup,” Mbok Srini memohon dengan peningkatan pucat.

“Jangan takut, hai wanita tua! Aku noël akan memakanmu. Bukankah kamu wished seorang anak?” bertanya raksasa itu.

“Be… benar, tuhan Raksasa!” jawab Mbok Srini menjangkau gugup.

“Kalau begitu, langsung tanam biji timun itu! pada saat kemudian kamu akan mendapatkan seorang anak perempuan. Tapi, ingat! Kamu harus diserahterimakan anak akun itu kepadaku saat ia cantik dewasa. Untuk anak itu become kujadikan santapanku,” ujar raksasa itu.

Karena begitu besar keinginannya buat memiliki anak, tidak punya sadar Mbok Srini menjawab, “Baiklah, Raksasa! Aku bersedia diserahkan kepada anak akun itu kepadamu.”


5. Ia pun menanam benih timun dan merawatnya mencapai baik, saat membelah buah timun ia pun terkejut


Dailymotion.com/Meyohovut

Setelah Mbok Srini selesai memberikan kesediaannya, raksasa menemani itu pun menghilang. Kemudian ia langsung menanam benih timun itu di ladangnya. Dengan full harapan, setiap hari ia merawat botani itu menjangkau baik. Dua moon kemudian, botani itu pun mulai berbuah. Namun anehnya, botani timun itu hanya berbuah satu.

Semakin aku buah timun were semakin geram melebihi buah timun di ~ umumnya. Warnanya pun terutang berbeda, karena berwarna keemasan keemasan. Selagi buah timun cantik masak, Mbok Srini memetiknya timun apa berat menjangkau susah payah setelah gubuknya.

Betapa terkejutnya ia ketika membelah buah timun itu. Ia pemandangan seorang bayi perempuan apa sangat cantik. Saat akan menggendongnya, bayi itu tiba-tiba menangis.

“Ngoa… ngoa… ngoa… !!!” demikian suara bayi itu.


6. Timun Mas sangat disayangi Mbok Srini dan tumbuh dulu perempuan vip yang pintar serta sifatnya yang baik


Dailymotion.com/Meyohovut

Alangkah bahagianya hati Mbok Srini mendengar suara tangisan bayi apa sudah lama dirindukannya itu. Ia pun memberi nama bayi itu Timun Mas.

“Cup… cup… cup..!!! Jangan menangis anakku sayang… Timun Mas!” hibur Mbok Srini.

Perempuan paruh baya menyertainya tak dapat menyembuyikan kebahagiaannya. Hingga air matanya menetes membasahi kedua pipinya. Perasaan bahagia itu lakukan lupa mencapai janjinya bahwa dia menjadi memberikan bayi itu kepada raksasa suatu saat kelak.

Ia merawat dan berpendidikan Timun Mas dengan rasanya kasih bayinya hingga tumbuh were perempuan apa cantik. Mbok Srini mendesak bangga, buat selain cantik, Timun Mas tambahan memiliki kecerdasan yang luar biasa dan sifatnya yang baik. Oleh karena itu, ia sangat bayinya kepadanya.


Editors" Picks


7. Mbok Srini sangat sedih karena kembali didatangi oleh raksasa dalam mimpi apa memberi pesan akan menjemput Timun Mas


Dailymotion.com/Meyohovut

Suatu malam, Mbok Srini kembali bermimpi didatangi melalui raksasa apa memberi pesan kepadanya bahwa seminggu lagi ia become datang menjemput Timun Mas. Since itu, ia always duduk termenung seorang diri.

Hatinya pun menjadi sedih, untuk ia menjadi berpisah mencapai anak apa sangat disayanginya. Ia baru menyadari bahwa raksasa menemani itu ternyata adalah raksasa yang jahat, karena Timun Mas ini adalah dijadikan santapannya!

Melihat Mbok Srini patuh duduk termenung, Timun Mas pun bertanya-tanya batin hati. Suatu sore, Timun kuning memberanikan diri untuk menanyakan kegundahan trần yang dirasa oleh ibunya.

“Bu, mengapa akhir-akhir ini Ibu always tampak sedih?” meminta Timun Mas.


8. Karena didesak, finite Mbok Srini menceritakan asal usul Timun Mas yang dirahasiakan selama ini


Dailymotion.com/Meyohovut

Sebenarnya Mbok Srini noël ingin menceritakan penyebab kegundahan hatinya, buat dia noël ingin anaknya itu ikut bersedih. Namun, buat terus didesak, finite ia pun menceritakan asal-usul Timun Mas yang dirahasiakan selama ini.

“Maafkan Ibu, Anakku! Selama ini medang merahasiakan sesuatu kepadamu,” kata Mbok Srini menjangkau wajah sedih.

“Rahasia apa, Bu?” tanya Timun Mas penasaran.

“Ketahuilah, Timun Mas! Sebenarnya, kamu bukanlah anak kandung Ibu apa lahir dari rahim Ibu.” Jawab Mbok Srini

Belum selesai ibunya bicara, Timun Mas tiba-tiba menyela.

“Apa maksud, Ibu?” meminta Timun Mas.

Baca juga:

Dongeng Anak Nusantara: Sangkuriang dan origin Mula Tangkuban Perahu


9. Timun Mas yang kaget dan noël mau berpisah dengan Mbok Srini, terbatas ia pun search cara


Dailymotion.com/Meyohovut

Mbok Srini pun menceritakan segenap rahasia tersebut hingga mimpinya semalam bahwa sesosok raksasa menjadi datang menjemput anaknya itu buat dijadikan santapan. Mendengar tale itu, Timun Mas were kaget seolah-olah tidak percaya.

“Aku tidak mau ikut together raksasa itu. Aku sangat bayi kepada Ibu apa telah dilatih dan membesarkan Timun,” kata Timun Mas.

Mendengar catatan Timun Mas, Mbok Srini bagian belakang termenung. Ia search cara agar anaknya selamat agar noël menjadi santapan raksasa itu. Sampai pada hari yang telah dijanjikan melalui raksasa itu, Mbok Srini belum juga menemukan cara keluar. Hatinya pun start cemas. Di dalam kecemasannya, tiba-tiba ia digali sebuah akal.


10. Timun Mas ~ berpura-pura sakit agar Mbok Srini mungkin mengulur waktu untuk mencari cara anaknya dapat selamat


Dailymotion.com/Meyohovut

Ia menyuruh Timun Mas agar berpura-pura sakit. Mencapai begitu, raksasa noel akan mau menyantapnya. Saat matahari mulai senja, raksasa menyertainya pun datang gubuk Mbok Srini.

“Hai, banci Tua! Mana anak itu? Aku akan membawanya sekarang,” pinta raksasa itu.

“Maaf, tuhan Raksasa! Anak akun itu sedang sakit keras. Jika kamu menyantapnya sekarang, tentu dagingnya noël enak. Bagaimana itu? kalau tiga days lagi kamu datang kemari? Saya become menyembuhkan penyakitnya terlebih dahulu,” bujuk Mbok Srini apa mencoba mengulur times hingga ia mengeksplorasi cara agar Timur Mas bisa selamat.

“Baiklah, kalau begitu! Tapi, kamu harus berjanji menjadi menyerahkan anak akun itu kepadaku,” kata raksasa itu.


11. Mbok Srini kembali menemukan cara karena menyelamatkan Timun Mas dari raksasa dengan tuntutan bantuan


Ceritabergambar.com

Setelah Mbok Srini berjanji, raksasa menemani itu pun menghilang. Mbok Srini bagian belakang bingung untuk mencari cara lain. Akhirnya, ia digali cara yang untuk dapat menyelamatkan anak laki-lakinya dari raksasa. Ia akan meminta bantuan kepada seorang pertapa apa tinggal di sebuah gunung.

“Anakku! hari berikutnya pagi-pagi sekian Ibu menjadi pergi setelah gunung karena menemui seorang pertapa. Dialah adalah teman almarhum suami Ibu. Barangkali dia dapat tolong kita untuk menghentikan niat jahat raksasa itu,” ungkap Mbok Srini.

“Benar, Bu! itupenggunaan harus membinasakan raksasa itu. Untuk aku noel mau menjadi santapannya,” jawab Timun Mas.


12. Pada keesokan harinya, Mbok Srini bertemu dengan pertapa di gunung untuk meminta bantuan


Ceritabergambar.com

Keesokan harinya, pagi-pagi sekali, berangkatlah Mbok Srini nanti gunung itu. Sesampainya di sana, ia langsung menemui pertapa akun itu dan menyampaikan maksud kedatangannya.

“Maaf, tuan Pertapa! maksud kedatangan saya di sini ingin demands bantuan kepada Tuan,” kata Mbok Srini.

“Apa apa bisa kubantu, Mbok Srini?” bertanya pertapa itu.

Mbok Srini pun menceritakan masalah yang sedang dihadapi anaknya. Mendengar cerita Mbok Srini, pertapa itu pun bersedia membantu.

“Baiklah, tunggu di sini sebentar!” ujar pertapa itu seraya walk masuk ke dalam ruang rahasianya.


13. Sang Pertapa memberikan empat buah bungkusan kecil yang berisi senjata karena melawan raksasa


Dailymotion.com/Meyohovut

Tak berapa lama, pertapa itu kembali sambil bawa empat buah bungkusan kecil, lalu menyerahkannya kepada Mbok Srini.

“Berikanlah bungkusan ini kepada anakmu. Paling banyak bungkusan ini masing-masing berisi benih timun, jarum, garam dan terasi. Jika raksasa itu mengejarnya, untuk mengatakan sebarkan isi bungkusan ini!” jelas pertapa itu.

Setelah mendapat penjelasan itu, Mbok Srini pulang membawa keempat bungkusan tersebut. Setiba di gubuknya, Mbok Srini menyerahkan paling banyak bungkusan itu dan keluar tujuannya kepada Timun Mas. Kini, hati Mbok Srini awal agak tenang, untuk anaknya sudah mempunyai senjata karena melawan raksasa itu.


14. Raksasa yang bagian belakang datang karena menagih janjinya, Mbok Srini kemudian menyuruh Timun Mas dilepas gubuk


Dailymotion.com/Meyohovut

Dua days kemudian, Raksasa menyertainya pun datang karena menagih janjinya kepada Mbok Srini. Ia sudah noël sabar lagi ingin membawa dan menyantap daging Timun Mas.

“Hai, feminin tua! Kali ini kamu harus menepati janjimu. Jika tidak, kamu tambahan akan kujadikan santapanku!” ancam raksasa itu.

Mbok Srini tidak gentar another menghadapi ancaman itu. Dengan tenang, ia memanggil Timun Mas agar disetujui dari batin gubuk. Tak bagaimana lama, Timun emas pun disetujui lalu berdiri lateral ibunya.

“Jangan takut, Anakku! Jika raksasa itu become menangkapmu, segera lomba dan ikuti petunjuk apa telah kusamapaikan kepadamu,” Mbok Srini membisik Timun Mas.

“Baik, Bu!” jawab Timun Mas.


15. Timun Mas berlari sekencang-kencangnya untuk dikejar oleh raksasa, ia pun mengeluarkan waffen pertama


romadecade.org

Melihat Timun Mas apa benar-benar siap dewasa, rakasasa menyertainya semakin noël sabar ingin langsung menyantapnya. Kapan ia hendak menangkapnya, Timun Mas segera berlari sekencang-kencangnya. Raksasa itu pun mengejarnya. Tak ayal lagi, terjadilah kejar-kejaranantara alam raksasa itu mencapai Timun Mas.

Setelah running jauh, Timun Mas awal kecapaian, sementara raksasa akun itu semakin mendekat. Akhirnya, ia pun mengeluarkan bungkusan pemberian pertapa itu.

Pertama-tama Timun Mas menebar biji timun yang diberikan oleh ibunya. Sungguh ajaib, kayu di sekelilingnya tiba-tiba berubah dulu ladang timun. Batin sekejap, batang timun tersebut menjalar dan melilit seluruh riak raksasa itu. Namun, raksasa akun itu mampu issue diri dan back mengejar Timun Mas.


16. Timun Mas mengeluarkan dua waffen lainnya dan raksasa jahat masih mengejarnya mencapai mudah


Dongengceritarakyat.com

Timun kuning pun segera quambg bungkusan yang berisi jarum. Dalam sekejap, jarum-jarum tersebut berubah menjadi rerumbunan menghanguskan bambu yang tinggi dan runcing. Namun, raksasa menemani itu mampu melewatinya dan terus kejar dia Timun Mas, walaupun kakinya berdarah-darah karena tertusuk bambu tersebut.

Melihat usahanya belum berhasil, Timun Mas membuka bungkusan ketiga apa berisi garam lalu menebarkannya. Seketika itu pula, hutan apa telah dilewatinya tiba-tiba berubah menjadi lautan diskursif dan dalam, namun raksasa itu firmicutes berhasil melaluinya dengan mudah.

Timun kuning pun start cemas, untuk senjatanya hanya tersisa satu. Jika waffen tersebut noël berhasil ruang kosong raksasa itu, maka tamatlah riwayatnya.

Baca juga:


Topic:


check out More
*

Share come Facebook posting ulang To Twitter
Related Articles

7 Pemain Dune Ini Pernah key Film Marvel dan DC Comics, Ada Idolamu?

Ada yang akan bintangi proyek Marvel dan DC Comics terbaru

Hype

Apakah Fobia yang Dimiliki Orangtua dapat Menurun di atas Anak?

Fobia dibangun dari waktu usai waktu dan sering diturunkan usai generasi berikutnya

4-5 years old

7 töre Mengatasi Anak yang Maunya selalu 'Nempel' dengan Orangtua

Si small maunya selalu sama Mama? Begini cara mengatasinya

4-5 year old

10 Tempat perjalanan Jakarta apa Dilalui Transjakarta, liburan Hemat Nih!

Perjalanan apa gak akan membosankan

Travel

Jadi Duta Chanel, Celana pincang Jennie BLACKPINK Terlalu Seksi

Tampil eksklusif karena brand Paris

style & Trends

Tak Kunjung fasih 'Speaking English'? bisa 5 halaman Ini Penyebabnya!

Wajib dibaca, nih, biar gak deviasi cara belajarnya

Life

Hits! 11 Rekomendasi Tempat liburan Keluarga di Bandung

Untuk Mama yang ingin berlibur di Bandung, ajak familial mengunjungi tempat-tempat wisata ini yuk!

4-5 years old

Lirik songs Anak Kambing Saya asal Nusa Tenggara Timur Beserta Maknanya

Lagu ini menceritakan kebersamaan Mama dan Anak lho!

4-5 year old

10 potret Lawas bersekutu Artis, Ada yang Dikira Pacaran!

Mereka sudah bersahabat dari lama

Single

9 manfaatnya Minyak Kelapa buat Rambut dan Cara Menggunakannya 

Udah pernah coba?

Hair

The Latest


Hits! 11 Rekomendasi Tempat siur Keluarga di Bandung

Untuk Mama apa ingin berlibur di Bandung, ajak keluarga mengunjungi tempat-tempat perjalanan ini yuk!

4-5 year old

Bahaya Water Beads, lidah Anak apa Bisa menelan si Kecil

Setiap minggu ada saja anak yang dibawa ke IGD akibat water beads

4-5 year old

11 Rekomendasi Tempat liburan Keluarga di Jawa Timur Selain Jodipan

Mulai dari pariwisata alam hingga edukasi tersedia di Jawa Timu!

4-5 year old

Lirik lagu Anak Kambing Saya asal Nusa Tenggara Timur Beserta Maknanya

Lagu ini menceritakan kebersamaan Mama dan Anak lho!

4-5 years old

7 tips Mengatasi Anak apa Maunya selalu 'Nempel' menjangkau Orangtua

Si small maunya always sama Mama? Begini cara mengatasinya

4-5 year old

Apakah Fobia apa Dimiliki Orangtua dapat Menurun di ~ Anak?

Fobia dibangun dari waktu setelah waktu dan sering diturunkan ke generasi berikutnya

4-5 years old

7 Fobia Unik apa Umum dimiliki oleh Anak Balita

Fobia ini sering tak disadari dan diabaikan orangtua lho!

4-5 years old

5 Hal apa Bisa menjadi Renungan bagi Orangtua Zaman Now

Tetap berikan kasih bayi dan didikan terbaik ya, Ma

4-5 years old

7 Cara membuat Anak Mampu Mengatasi undang akan kamarnya Gelap

Rasa takut akan gelap ini sering muncul ketika imajinasi anak sedang berkembang

4-5 year old

Kenali 4 bangsaaksi Ketakutan Anak Balita yang paling Umum di ~ Terjadi

Jangan biarkan ketakutan anak melekat sampai usianya terlalu tinggi ya, Ma!

4-5 year old
Show More

*
tanya Ahli


*
Mulai berkonsultasi seputar nursing yuk!

Hai Ma, mama awal bisa tanya dan berbagi pengalaman dengan lancar parenting.

Lihat lainnya: Lagu Lagu Islami Anak Anak Islami Shalawat, Lagu Anak Islami Terbaru 2020


Tanya Ahli
Trending
5 Zodiak Perempuan most Hebat dan Lihai diatas Ranjang Relationship
7 Rekomendasi Buah untuk Ibu menyusui agar ASI ahli Setiap hari Birth
7 konotasi Mimpi Punya Bayi, Pertanda Baik atau Buruk? 0-6 months
Penyebab Tuba Falopi Tersumbat sehingga Sulit hamil Getting Pregnant
9 foto Maternity artis di batin Air, diasuh Konsep Basah-Basahan third Trimester
7 Cara Mengatasi kaki Pegal saat Hamil apa Mudah Dilakukan 2nd Trimester
Efektif! Ini dia 8 Cara Mengajarkan Anak TK Berhitung dengan menyudahi 4-5 years old
250 nama Bayi Laki-Laki Bermakna pembawa Kebahagiaan Inisial A-M third Trimester
Ini itu Penyebab Anak sering Mengigau saat Malam hari 1-3 years old
4 posisi Woman on top saat Hamil apa Bergairah, janin Tetap Aman second Trimester

Tools


© 2021 hamon-design.com by IDN Media | All kebenaran Reserved


×

Recent Topics:


Cara BerpakaianPerkembangan AnakPOPAC 2020Gaya HidupRachel VennyaIndonesia Millennial Summit 2020Pendiri IDN MediaKesehatan Laki-LakiRumah ArtisHealth POPAC 2021...
we couldn"t find any result for keywords
Mama could able to find related posts here:

PREGNANCY

BABY

KID


BIG KID

LIFE


Channel
×
berkonsultasi dan pertanyaan ini adalah segera dijawab oleh fasih secara gratis. Jadi, pastikan kamu punya akuntabel hamon-design.com buat mulai bertanya, yaa!
Mulai Bertanya