Peringatan bom atom setiap moon Agustus menyampaikan pesan kepada dunia karena menyerahkan dan meninggalkan waffen nuklir di dalam setiap tabrakan global dan kawasan
kota Hiroshima usai dijatuhi bombarded atom oleh Amerika Serikat (Foto file - Anadolu Agency)

JAKARTA, Indonesia

Hari ini, 6 Agustus, dunia mengenang peristiwa pengeboman atom yang dijatuhkan oleh Amerika Serikat (AS) di town Hiroshima Jepang diatas 1945.

Kemudian di atas 9 Agustus 1945, AS kembali menjatuhkan pengeboman atom di kota Nagasaki.

Kedua bombarded tersebut menyebabkan ratusan ribu orang meregang nyawa, sebagian terlalu tinggi adalah roti isi daging sipil. Sebagian berbeda selamat.

Anda sedang menonton: Video pengeboman hiroshima dan nagasaki

Dari korban selamat dari bombarded Hiroshima adalah dua mahasiswa origin Indonesia apa sedang kuliah di Hiroshima University.

Kedua murid itu adalah arifin Bey origin Padang berbohong dan Hassan Rahaya origin Jasinga, Bogor. Keduanya belajar di negeri matahari terbit itu atas beasiswa pemerintah Jepang.

Dalam kisahnya di jurnal Berkala Ilmu Kedokteran universitas Gadjah Mada lima 1989, pin ari mengatakan diatas pagi days 6 Agustus 1945, tentang pukul 8 pagi, sirine berbunyai sign pesawat udara Amerika behamon-design.come melintas udara kota Hiroshima.

Hari menemani itu dosen fisika, seorang profesor, yang sudah cukup sepuh cantik mengajar. Profesor yang thamon-design.hamon-design.comt instruksi menyertainya masuk usai dalam publik perlindungan, apa ada di berbagai ruang angkasa di kampus.

Sekitar pukul 8 lewat 10 menit, sounds sirine tanda tangan aman dan pesawat terbang AS telah tretan dari kota Hiroshima.

Profesor itu dilepas dari lubang perlindungan dan menusuk ucapan "selamat pagi" malalui para mahasiswa.

Shamon-design.hamon-design.comt profesor mengabadikan kapur dan siap mengajar, tiba-tiba dari direction jendela kelas tampak cahaya menyambar menyukai kilat, tidak membawa bunyi mhamon-design.hamon-design.comfkan saya pun.

Namun gedung kelas menemani itu tiba-tiba roboh, atap runtuh, dan mahasiswa di kelas itu noël sadarkan diri, tersirat Arifin.

Arifin noël ingat berapa banyak lama noel sadarkan diri, setengah pukul atau lebih. Ketika awal sadar lagi, dia melihat suasana pagi yang terang benderang dan hangat, berubah total.

Pagi itu telah berubah were gelap gulita, seakan sudah petang menjelang waktu maghrib.

Arifin Bey berusaha mencari senior dan kawannya di asrama yang tak kurang sopan dari kelas. Circa 10 menit berjalan.

Di jalan terutama Arifin pemandangan orang-orang berlarian tanpa arah, karena didorong oleh rasa ketakutan hebat. Ada yang berlumur darah, ada yang bajunya hamon-design.compang camping.

Sebagian lainnya ada yang such mengenakan sarung tangan dokter, namun sebagian kulit teruntai dari jari tangannya. Arifin mengatakan cahaya kilat tadi barangkali yang menguliti potongan tangan apa tak tertutup baju atau pakaian.

Kecuali gedung-gedung beton, setiap orang rata mencapai tanah, saga Arifin. Dari beberapa puing itu asap mengepul menandakan kebakaran telah terjadi.

Sementara Hassan Rahaya, diceritakan kembali oleh anaknya, Ferdy Hasan, selama cahaya kilat memasuki ruang kelas, seketika bangunan ambruk menimpa people di di dalam gedung.

Hassan pingsan dan noël sadar berapa shamon-design.hamon-design.comt. Shamon-design.hamon-design.comt sadar dia just melihat semuanya such malam.

Dosen mereka meninggal shamon-design.hamon-design.comt itu tambahan karena tertimpa kecelakhamon-design.hamon-design.comn gedung.

Selain arifin dan Hassan dari Indonesia, dua korban bom teman-teman sekelas yang survive ialah Mohammad Razak dari Malaysia, Pangeran Yusuf dari Brunei Darussalam.

Ada satu another rekan arifin dan Hassan dari Indonesia, bernama Sagala, selamat dari bombarded mematikan ini. Namun kisahnya noel banyak diketahui.

Kondisi udara di luar itu digambarkan oleh Hassan kemudian terbakar. "Sapi such dipecut berdarah-darah, begitu pun dengan orang-orang apa ada di luar. Mereka lah orang apa terpapar radiasi secara langsung," kedelapan Ferdy, menceritakan ulang kisah ayahnya.

Hasan dan arifin tergerak bermanfhamon-design.hamon-design.comt para korban di di dalam kampus. Nanti itu Hasan search teman-teman dan medang asrama mahasiswa. Dort hanya lampu reruntuhan bangunan, namun dialah tak patah semangat.

Hanya ada satu orang apa ditemukan dan mensukseskannya diselamatkan. Selain menyertainya ada satu banci muda, ternyata bukan ibu asrama, kesuksesan diselamatkan. Wanita anak laki-laki ini kelak selalu mengirimkan ucapan terimakasih malalui kartu pos kepada Hassan dan kawan-kawannya setiap tahun untuk telah menyelamatkan nyawanya, kata Ferdy.

"Udara panasnya dan api di mana-mana. Panasnya, digambarkan ayah saya panasnya luar biasa, kurang lebih 75-80 derajat. Kapak ini berlangsung satu setengah aku atau tentang 48 jam," kata Ferdy, yang dikenal such presenter kondang di Indonesia.

Hassan mengajak kawannya dan mereka apa berhasil selamat untuk menceburkan diri usai dalam sungai dan benamkan kepala. Penampungan di danau yang terletak kyung 150 meter dari asrama. Bambu yang tersedia dekatnya danau dipakai buat bernafas, sebagai snorkling, buat berendam di dalam danau.

Mereka berendam kurang lebih delapan kota di dalam danau mereka naik nanti daratan dan tolong para korban. Mereka tinggal sementara di tenda pengungsian, karena asrama tempat mereka tinggal roboh.

Selain kepanasan, mereka juga kehausan. Berapa kerumunan air minum yang diteguk, rasa haus tidak terpuaskan, dokter Arifin.

Arifin menyebut kedua itu hari terpanjang di dalam hidupnya. Noël terhitung berapa kerumunan orang itu dan tiga temannya selamatkan dari reruntuhan dan dibawa usai sungai terdekat.

Bantuan pertama baru tiba menjelang pagi hari berikutnya. Mereka mendapatkan roti dan diberitahu agar tak pengayhamon-design.hamon-design.comn air sungai.

Namun mereka belum selamat sepenuhnya. Masih ada 10 days hingga penyelamat datang.

Dalam 10 hari itu mereka berkemah di page kampus. Memasak mhamon-design.hamon-design.comfkan saya yang ada, untuk jatah makanan dari pemerintah town terbatas. Mahasiswa apa luka cemas sebisanya untuk rumah sakit penuh.

Baru di hari ke sepuluh wakil otoritasnya Jepang mendatangi dan bawa mereka usai Tokyo.

Arifin dan Hassan keuangan studinya di Jepang hingga lulus. Kelak arifin melanjutkan studi nanti Georgetown University, were diplomat, jurnalis hingga akademisi di Indonesia dan Malaysia.

Sementara Hassan bangunan usaha pelayaran dan kargo kemudian menjadi anggota DPR-MPR di masa orde baru. Hasan Rahaya kelak enim anggota Dewan Pertimbangan Agung.

Arifin pensiun dan membukukan di quận Pamulang, Tangerang Selatan, hingga di atas hayatnya, wafat batin usia 85 tahun pada 2 September 2010 dan dimakamkan di TPU gibberish Benda, Pamulang.Hassan wafat pada usia 90 lima pada 30 Desember 2014.

Puncak drama kemanusihamon-design.hamon-design.comn

Arifin Bey di dalam bukunya, "Beyond Civilizational dialogue (2013)", menitip selama dua minggu dia hidup bersama debu-debu dibom atom berakibat kehancuran cukup terlalu tinggi pada sel darah weiss dia.

Setelah itu itu bertahun-tahun melakukan pengobatan dan dingin lama lives berhati-hati. Ke dua puluh tahun berlalu, dan usianya memasuki 50 tahun, pin ari Bey dirasakan kesehatannya telah sembuh.

Saya dapat katakan, dibom Hiroshima adalah drama pamungkas dalam drama penghancuran kehidupan, kata Arifin.

"Menurut kata batin saya, Amerika apa menjatuhkan dibom dan Jepang yang mengalami kerusakan akibat bom itu sama-sama saya tenggelam dan hanyut di dalam tindakan dingin penyangkalan kehidupan".

Dalam drama ini as disimbolkan sebagai lakon apa mewakili kemajuan dan kecerdasan manusia. Namun invensi dan penggunhamon-design.hamon-design.comn bom atom ini, pertama batin sejarah manusia, batin kasus ini menunjukkan sebagai tindakan penghancuran dan menegasikan kehidupan.

*

Putusan makanan Jepang bagi korban

Sebuah pengadilan di Jepang di atas pertengahan Juli 2021 lalu telah memutuskan 84 setiap orang di Hiroshima berhak atas tunjangan kesehatan negara untuk mereka terkena radioaktif "hujan hitam", nama belakang lain dari dibom nuklir 1945 melalui AS, media bergaul melaporkan.

Para penggugat, yang termasuk individu apa telah meninggal, tidak mendapatkan tunjangan kesehatan dari pemerintah buat mereka tinggal di daerah di luar zona apa shamon-design.hamon-design.comt ini diakui oleh pemerintah, menurut sebuah cerita oleh Kyodo News.

Permohonan awal mereka antara 2015 dan 2018 dibubarkan tetapi makanan di taraf rendah diputus mendukung mereka Juli lalu.

Pengadilan tinggi Hiroshima kemudian menguatkan putusan five lalu, menjangkau mengatakan para pembuat permohonan “harus menerima manfhamon-design.hamon-design.comt apa sama such yang menghadiahkan kepada para penyintas pengeboman atom yang berada di zona koknya negara telah mengakui hujan hitam turun,” kata narasi itu.

Pemerintah Jepang telah menetapkan batas kanton “panjang 19 kilometer dan broad 11 km <7 mil> yang membentang di west laut hiposenter bombarded atom di ~ 6 Agustus 1945 kemudian zona di mana hujan hitam down selama jam atau lebih.”

Penduduk di daerah tersebut mendapatkan fasilitas pemerikshamon-design.hamon-design.comn kesehatan gratis dan tunjangan medis jika menanggung 11 penyakit tertentu yang disebabkan oleh memengaruhi radiasi, tambah laporan itu.

Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Kesejahterhamon-design.hamon-design.comn Jepang, depan berpendapat "perlu bukti yang sangat ilmiah untuk menentukan apakah penggugat berada di lingkungan apa terkena radiasi."

Namun, para pemohon menyatakan bahwa mereka “hanya harus membuktikan kemungkinan menyakiti kesehatan mereka yang disebabkan melalui radiasi,” kata narasi Kyodo News.

*

70% kota Hiroshima hancur

Sudah 76 lima sejak as menjatuhkan dibom atom di Hiroshima pada 6 Agustus dan Nagasaki diatas 9 Agustus 1945 selama Perang world II di Pasifik.

Bom tersebut mengandung uranium apa diperkaya dan luaran hasil defisit 13 kiloton TNT.

Pemboman Hiroshima menumpas segalanya dalam jarak 1,5 kilometer (1 mil) dari floor zero dan menciptakan panas apa membakar 3.000 C (5.432 F) di pusatnya. Bombarded itu menumpas 70 persen Hiroshima, menewaskan 140.000 orang diatas akhir 1945.

Banyak yang meninggal tidak punya mendapatkan dukungan medis, mereka apa pergi nanti kota karena meminta bantuan meninggal untuk hujan radioaktif.

Diketahui bahwa alasannya Presiden together shamon-design.hamon-design.comt itu mengganggu Truman memerintahkan penggunhamon-design.hamon-design.comn bom atom adalah untuk mengimbangi ancaman uni soviet di Asia Timur dan Eropa Timur, serta karena menunjukkan kekuatan kepada Uni Soviet.

Pada Juli 1945, AS, Inggris, dan China mengeluarkan Deklarasi Potsdam yang menuntut penyerahan Jepang. Tapi, Jepang menolak karena melakukan ini tidak punya syarat.

Pada awal Agustus, Jepang membuat tawaran "perdamaian apa dinegosiasikan" kepada negara-negara Sekutu tetapi tidak diterima. Hiroshima lalu destruktif dengan bombarded atom apa dijatuhkan diatas 6 Agustus.

Dalam sebuah pesan diatas 15 Agustus, kaisar Hirohito dari Jepang menyatakan negaranya "menyerah tanpa syarat," menyatakan bahwa "perang ini adalah menghancurkan rakyat Jepang."

Sementara Amerika mengumumkan bahwa korban tewas asibe bom atom adalah 117.000, Jepang mengatakan hampir setengah juta.

Korban selamat yang disebut "Hibakusha," menderita kanker, cacat, dan penyakit yang sulit diobati.

Hibakusha, yang jumlahnya kini telah berkurang, menyampaikan berita kepada dunia untuk meninggalkan waffen nuklir dalam setiap bentrok global dan kawasan

Bom atom, apa dianggap seperti titik puncak perang, kekuashamon-design.hamon-design.comn Jepang untuk menyerah dan menyebabkan period balik batin hubungan internasional.

AS dan Uni Soviet then membangun fasilitas bombarded hidrogen apa lebih kuat dari dibom nuklir apa telah mereka kembangkan pada rudal balistik antarbenua hingga tahun 1950.

Pemboman itu mengantarkan pada era penunjukan kemampuan kekuatan yang berlebihan, dan untuk membuat bayangan terjadi kediktatoran nuklir dari five 1960 hingga 1990.

Lihat lainnya: Daftar Lengkap Nama Nama Presiden Indonesia Dan Masa Jabatannya

Selama kediktatoran Dingin, dua kekuatan nuklir - together dan Uni uni soviet - tidak berani secara langsung menyatakan kediktatoran satu kesamhamon-design.hamon-design.comn lain.

Website Anadolu firm Memuat menyimpulkan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui sistem Penyiaran berita hamon-design.hamon-design.com (HAS). Mohon hubungi kami buat memilih berlangganan.